Festival Gerobak Sapi 2015, Berkumpulnya Ratusan Gerobak Sapi Di Bantul

Festival Gerobak Sapi 2015, Berkumpulnya Ratusan Gerobak Sapi Di Bantul
2.5 (50%) 2 votes

Festival Gerobak Sapi merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. Tahun 2015 merupakan tahun ke 3 (tiga) diselenggarakan acara ini dengan menempati area Stadion Sultan Agung. Penyelenggaraan Festival Gerobak Sapi 2015 kali ini bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bantul selaku tuan rumah dibantu oleh beberapa dinas terkait.

Festival Gerobak Sapi tahun 2015 diselenggarakan pada tanggal 5-6 September 2015 di kawasan Stadion Sultan Agung, desa Pacar, kecamatan Sewon, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Pawai Festival Gerobak Sapi 2015 Bantul

Lokasi Festival Gerobak Sapi 2015 berada di area luar Stadion Sultan Agung Bantul yang juga dikenal dengan nama Stadion Pacar. Akses menuju Stadion Sultan Agung cukup mudah yaitu dari pusat kota Yogyakarta dengan melewati Jalan Imogiri Barat dan dari pusat kota Bantul dengan melewati  Jetis ke arah Jalan Imogiri Barat atau perempatan Manding Jalan Parangtritis ke arah timur.

Salah Satu Peserta Festival Gerobak Sapi 2015 Bantul

Acara Festival Gerobak Sapi 2015 berlangsung selama dua hari yaitu hari Sabtu hingga Minggu. Sejak sabtu sore para peserta Festival Gerobak Sapi 2015 mulai berdatangan dari berbagai wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta dan beberapa diantaranya berasal dari Jawa Tengah. Tercatat lebih dari 400 peserta (gerobak dan bajingan/kusir) yang turut memeriahkan Festival Gerobak Sapi 2015 atau meningkat jumlahnya dibandingkan penyelenggaraan tahun sebelumnya.

Ternak Sapi Di Festival Gerobak Sapi 2015 Bantul

Kemeriahan acara puncak Festival Gerobak Sapi 2015 berlangsung pada hari minggu yang dimulai pada pukul 07.00 WIB. Acara dibuka dengan kesenian rakyat, sambutan, lomba modifikasi gerobak, pawai gerobak sapi, dan lomba balap gerobak sapi. Rute pawai gerobak sapi mengambil arah dari Stadion Sultan Agung ke arah barat menuju ke Jalan Imogiri Barat kemudian berbelok ke selatan menuju ke Jetis. Dari perempatan Jetis ke arah timur menuju ke Jalan Imogiri Timur. Dari Jalan Imiogiri Timur ke arah utara kemudian belok ke arah barat kembali menuju ke Stadion Sultan Agung. Jadwal acara terlihat menarik namun pelaksanaannya tidak tepat waktu dan terkesan molor. Hal ini membuat beberapa penonton jenuh menunggu dan meninggalkan acara sebelum acara selesai.

Gerobak Mini Di Festival Gerobak Sapi 2015 Bantul

Penyelenggaraan Festival Gerobak Sapi 2015 terbilang sukses dan mampu menarik banyak peserta dari dalam daerah dan luar wilayah. Namun masih banyak kekurangan yang harus dibenahi untuk penyelenggaraan acara di tahun berikutnya. Salah satu hal yang paling penting yang harus dibenahi adalah ketepatan waktu dalam jadwal yang telah ditetapkan. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat