Festival Candi Kembar, Ringkasan Informasi Dari Tahun Ke Tahun

Festival Candi Kembar merupakan acara atau festival tahunan yang diselenggarakan di sekitar Candi Plaosan atau tepatnya di desa Bugisan, kecamatan Prambanan, kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Acara ini diprakarsai oleh Kelompok Desa Wisata Bugisan bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Prambanan Klaten sebagai tindak lanjut pembentukan desa Bugisan sebagai desa wisata. Tujuan penyelenggaraan acara ini adalah untuk memberikan hiburan kepada masyarakat, menggali potensi seni dan budaya yang ada di kabupaten Klaten dan menumbuh kembangkan desa wisata di Kecamatan Prambanan

FESTIVAL CANDI KEMBAR 1 Tahun 2016

Festival Candi Kembar 1 diselenggarakan pada tanggal 5-26 November 2016. Acara berpusat di 3 (tiga) lokasi yaitu Panggung Alam Candi Plaosan, Pelataran Kampung Budaya, dan Sungai Borongan. Agenda utama festival ini adalah Peletakan Batu Pertama Balai Budaya Kampung Budaya Candi Plaosan oleh Gubernur Jateng Gandjar Pranowo. Kegiatan lainnya meliputi Festival Tari Internasional, Pagelaran Karawitan, Pagelaran Pringsedawur, Gejlok Lesung, Festival Angklung, Festival Wayang Millenium, Festival Kuliner Tradisional, dan Festival Jemparingan.

FESTIVAL CANDI KEMBAR 2 Tahun 2017

Festival Candi Kembar 2 diselenggarakan pada tanggal 1-3 September 2017 di sisi timur kompleks Candi Plaosan Lor. Kegiatan yang diselenggarakan antara lain Doa Bersama Lintas Agama, Pentas Wayang Kulit, Tari Wanoro, Pentas Wayang Cilik, Tari Daya Presta Jakarta, Kirab Budaya, Merti Desa, Pring Sedapur Purwodadi, Tari Anoman Duta, Tari Prawiroguno, Jatilan Kudo Santoso, Musik Patrol Jember, Tari Gedruk Rampak Buto, Angklung Ronggolawe, Barong Suro Sentiko, Musik Etnik, Pesta Makanan Tradisional, dan Festival Gerobak Sapi.

Baca Juga  Sate Sapi Suruh, Kuliner Sate Khas Salatiga Yang Cukup Legendaris

FESTIVAL CANDI KEMBAR 3 Tahun 2018

Festival Candi Kembar 2 diselenggarakan pada tanggal 31 Agustus hingga 2 September 2018 di sisi timur kompleks Candi Plaosan Lor. Aegnda utama festival ini adalah Tari Kolosal Sendratari Candi Kembar. Kegiatan lainnya meliputi pementasan tari, Grebeg Gunungan, Kesenian Gejlog Lesung, Kothekan, Kirab Budaya, Kesenian Angklung, wayang kulit, dan sebagainya.

KELUHAN

Penataan panggung kurang baik untuk diabadikan oleh para fotografer. Beberapa fotografer mengeluhkan settingan lampu panggung yang mengganggu kamera saat merekam objek atau pementas.

Kirim pendapat