Fakta Dibalik Kemegahan Candi Borobudur

Fakta Dibalik Kemegahan Candi Borobudur
1 (20%) 1 vote

Candi Borobudur merupakan salah satu peninggalan budaya Indonesia yang telah terkenal di seluruh dunia. Candi Borobudur merupakan candi terbesar di Indonesia ini menjadi salah satu warisan budaya dunia yang ditetapkan oleh UNESCO.

Candi Borobudur terletak di kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Letaknya lebih kurang 269m diatas permukaan laut dan dikelilingi beberapa gunung.

Candi Borobudur terdiri dari dua gaya bangunan, bangunan atas berbentuk stupa induk yang berlandaskan tiga teras bulat (gaya arsitektur India dan bagian bawah berupa bangunan piramida berundak.

Candi Borobudur ditemukan pertama kali oleh Sir  Thomas Stamford Raffles pada 1812 dengan kondisi yang sangat parah dan tertutup oleh semak belukar. Dalam penemuannya, Candi Borobudur terletak disebuah lembah yang posisinya dikelilingi oleh sebuah kolam air. Fungsi kolam air sendiri sebagai tempat menampung air agar tidak membasahi halaman candi yang posisinya lebih rendah daripada tanah disekelilingnya. Disekeliling kolam terdapat dinding batu dan arca yang membentuk sebuah formasi.

Usaha pembersihan diteruskan oleh Cornelius pada tahun 1814 dengan mengerahkan masa selama 2 bulan. Tahun 1834, Residen Kedu melakukan pembersihan total candi. Pada tahun 1907-1911 Theodore van Erp melakukan restorasi yang pertama terhadap Candi Borobudur.

Proses rekonstruksi besar-besaran Candi Borobudur dimulai pada tahun 1973.

1. Pembongkaran seluruh bagian candi yang meliputi batu potongan candi sebanyak lebih dari 1.000.000 buah.

2. Pembersihan batu-batu bagian kulit candi dari segala zat yang menempel mulai dari jasad renik, lumut, dan senyawa kimia yang menempel pada batu.

3. Pergeseran lokasi beberapa ratus meter sebagai tempat penyusunan candi dengan membuat pondasi yang berupa konstruksi beton dan baja secara tertingkat untuk mendukung candi. Di dalam pondasi tersebut dibuat sistem saluran air dan pori-pori untuk pembuangan air hujan. Selain itu fungsi konstruksi beton adalah menggantikan batuan bagian dalam candi yang kondisinya sudah tidak utuh akibat sedimentasi dan pelapukan.

4. Penyusunan batuan bagian kulit candi yang telah bersih. Kunci batu yang telah patah atau lapuk diganti dengan kunci yang didesain dari baja. Beberapa bagian kulit candi yang sudah rusak dan lapuk diganti dengan batuan baru yang ditatah mirip dengan aslinya.

Proses rekonstruksi besar-besaran berakhir pada tanggal 23 Februari 1983 yang diresmikan oleh Presiden Soeharto. Dengan teknologi modern tersebut diharapkan Candi Borobudur dapat bertahan 1000 tahun lagi.

Hal-hal yang lepas dari pengamatan kita

1. Konon, proses pembangunan Candi Borobudur masih belum selesai. Ditemukan beberapa potongan batuan candi yang diduga bagian Candi Borobudur di Kraton Ratu Boko

2. Konon, ada ruangan bawah tanah pada bagian bawah candi yang fungsinya sebagai saluran air karena pada zaman rekonstruksi besar-besaran, bekas tempat berdirinya candi ditimbun dengan tanah ketika posisi candi digeser.

3. Bagian kuncup Candi Borobudur yang disebut Cattra belum terpasang dan disimpan di Museum Karmawibhangga.

4.Proses rekonstruksi Candi Borobudur sebetulnya belum selesai, satu lapisan masih tertimbun dalam tanah dan tidak dipindah.

5. 10.000 batuan yang diangkat belum terpasang kembali di Candi Borobudur

6. Ditemukan 160 panel relief Karmawibangga pada kaki Candi Borobudur yang disimpan di Museum Karmawibhangga.

7. Beberapa potongan asli relief batuan dan arca yang ditemukan di seputaran Candi Borobudur tersebar di beberapa museum di Indonesia

8. Dalam radius satu kilometer mengelilingi candi diperkirakan masih banyak terdapat arca ataupun bagian candi.

Ada yang mau menyanggah atau berpendapat, silakan!

——–

update: 6 Desember 2011

referensi: Brosur wisata Candi Borobudur, pendapat warga sekitar

———

== Lokasi/Peta

Informasi lebih lanjut baca artikel Lokasi Candi Borobudur

Ada 16 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. mila:

    wah.. ini asli postingan yang bermutu hehee…

  2. mursid:

    Proses rekonstruksi Candi Borobudur sebetulnya belum selesai, satu lapisan masih tertimbun dalam tanah dan tidak dipindah

    apakah satu lapisan itu bermakna sama dengan satu tingkatan?
    mohon pencerahannya suhu..

    • admin:

      saya juga membaca dan memilah2 mana yg saya anggap benar..
      menurut saya beda, lapisan alas ini sudah digantikan dengan beton berkonstruksi yang mampu menahan berat dan tekanan dari batuan candi bagian atas sehingga meminimalisasi candi amblas ke dalam tanah.

  3. kips:

    Baru tahu bahwasannya masih ada fakta candi tersebut belum 100% pembangunannya :-D

  4. @9ede:

    apa ada kemungkinan candi borobudur yang sekarang cuma beberapa persen saja dari candi borodur dulu kala ?

  5. arif:

    beberapa uda baca waktu kultwit sampean om hehehe :D

  6. Andy MSE:

    #barutau… sumpah!

  7. ahmad:

    gmn pendapat agan2 kalo trnyata borobudur it dulunya adlaah kerajaan’a nabi Sulaiman???

  8. almascatie:

    fakta2 ini jika benar kenapa belom di perbaiki yah seperti pemindahan 10000 batu itu

  9. andipandora:

    ternyata sejarah penemuannnya panjang juga ya..

  10. tuteh:

    Saya tidak bisa menyanggah atau berpendapat lebih karena minimnya pengetahuan soal Candi Borobudur. Saya pernah ke sana, motoran dari Jogja, dan menikmati suasananya… pengen ke sana lagi dan mungkin lebih jeli memerhatikan segala sesuatunya hihihii…

  11. rotyyu:

    Warisan nenek moyang yang sangat berharga

  12. dzulkarnainimran:

    Menurutku borobudur yang sekarang belum lengkap, karena tingkat terbawahnya terlihat kurang nyambung dengan pelatarannya, jadi mungkin ada selapis atau dua lapis bagian yang menggambarkan kelopak bunga. Bagian teratasnya juga agak aneh karena dari susunan berbentuk bujur sangkar tiba-tiba beralih jadi lingkaran. Dari sudut pandang saya hal ini akan terlihat serasi jika dasar/alas candi itu juga berupa kolam lingkaran. bahkan menurutku mungkin ada sebuah pasak yang memancang borobudur ke dalam bumi. (jadi desainnya seperti bunga di atas air).

    • admin:

      saya rasa juga demikian..makasih pendapatnya mas :-)

  13. MedanSeo:

    Jadi sebenarnya bagian candi ini sudah banyak yang hilang ya?

  14. jatilondo_semarang:

    KALO MENURUTKU TERSERAHLAH APA KATA KALIAN..UNTUK SARANKU LEBIH BAIK JIKA KALIAN BISA MENDIDIK ANAK KELUARGA KALIAN BAGEMANA BISA MENGHARGAI KARYA ORANG. ENTAH ITU SEBESAR UJUNG KUKU.KARNA 100:1 bahkan lebih ,manusia yg bisa membuat kloset rumahnya sendiri. SUWON..

Kirim pendapat