Es Tape Sompel Dan Hidangan Mie Ayam Bakso Yang Menarik Dicicipi

Es Tape Sompel Dan Hidangan Mie Ayam Bakso Yang Menarik Dicicipi
4 (80%) 2 votes

Es Tape Sompel merupakan warung penjual es tape dengan hidangan pendamping mie ayam dan bakso di wilayah timur kota Yogyakarta. Keberadaan warung ini cukup dikenal karena cita rasa es tape yang menarik dicicipi dan cocok disantap saat siang hari yang panas. Warung ini buka sejak siang hari hingga sore hari.

Es Tape Sompel terletak di Jalan Gatotkaca No. 40 RT 21/RW 35, Wonocatur, kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta 55198.

Lokasi Es Tape Sompel berada di belakang atau sebelah selatan dari Jogja Expo Center (JEC). Rute termudah menuju warung ini dari titik nol kilometer Yogyakarta ke arah timur hingga melewati Kebun Binatang Gembira Loka dan tiba di perempatan Gedong Kuning. Dari perempatan Gedong Kuning, ambil jalan lurus ke timur hingga melewati Pamela Tiga Swalayan dan menemui perempatan kecil. Posisi warung berada di kanan jalan atau sebelah selatan dari perempatan kecil tersebut. Bila Anda mengetahui rute menuju MIe Ayam Virgo barat Ringroad Timur yang saat ini sudah pindah lokasi, posisi warung mie ayam ini berada sekitar 150 meter di sebelah baratnya. Area parkir yang disediakan warung ini hanya untuk kendaraan roda dua saja dan dapat menampung hingga belasan kendaraan.

Menu makanan dan minuman yang ditawarkan Warung Es Tape Sompel cukup beragam. Menu makanan yang ditawarkan ada bakso sapi, soto ayam, dan mie ayam dengan beberapa variasi. Untuk menu minuman selain menu utama es tape, ada teh, jeruk, dan aneka minuman sachet.

Penyajian Es Tape menggunakan mangkok kecil berwarna merah dengan porsi yang cukup banyak. Hidangan es tape ini sebenarnya cukup sederhana dimana menggunakan tape dari ketela kemudian digiling dan dicampur dengan es batu yang telah diserut atau dihaluskan. Rasa manis dan asamnya khas tape cukup terasa tanpa tambahan gula. Bagi saya pribadi cita rasa es tape yang ditawarkan warung ini lebih menarik daripada es tape yang pernah saya cicipi di Warung Mie Ayam Sawah.

Penyajian Mie Ayam Bakso di Warung Es Tape Sompel menggunakan mangkok bergambar ayam jago pada umumnya. Dalam satu porsi mie ayam terdiri dari mie, topping ayam, potongan sawi rebus, dan 2 (dua) buah bakso sapi. Porsi mie ayam bisa dibilang standar porsi mie ayam pada umumnya namun cukup mengenyangkan. Bakmi atau mie yang digunakan berukuran agak besar dan bentuk tidak bergelombang. Saat dicicipi mienya terasa cukup kenyal dengan tingkat kematangan yang pas. Topping ayam berisi daging ayam yang dipotong berbentuk dadu, berukuran sedang, dan dipisah dari tulang ayam. Potongan daun sawi hijau jumlahnya cukup melimpah. Kuahnya berwarna bening kecoklatan karena kuah topping ayam yang tidak pekat.

Cita rasa yang ditawarkan sajian mie ayam bakso di Warung Es Tape Sompel cenderung manis, sedikit asin, dan gurih khas mie ayam Jawa namun tidak berlebih. Untuk cita rasa bakso sapi dalam mie ayam tergolong biasa namun bagi saya pribadi masih menarik dicicipi ketimbang bakso sapi dalam mie ayam yang ditawarkan Mie Ayam Pak Pendek timur Bonbin. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau untuk ukuran masyarakat setempat. Secara keseluruhan warung mie ayam ini layak direkomendasikan di sekitar Jogja Expo Center (JEC) dan wilayah timur kota Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU
  • Bakso Sapi : Rp 10.000,-
  • Soto Ayam : Rp 8.000,-
  • Soto Bakso : Rp 13.000,-
  • Mie Ayam : Rp 8.000,-
  • Mie Ayam Bakso : Rp 13.000,-
  • Mie Ayam ekstra sawi : Rp 13.000,-
  • Mie Ayam ekstra ayam : Rp 13.000,-
  • Mie Ayam ekstra sawi : Rp 13.000,-

*update harga : 24 Januari 2018*

Penilaian Menu Es Tape Sompel
  • 7.8/10
    Es Tape - 7.8/10
  • 7.4/10
    Mie Ayam - 7.4/10
  • 7.5/10
    Mie Ayam Bakso - 7.5/10
7.6/10
INFORMASI
Es Tape Sompel
Jl. Gatotkaca No. 40 RT 21/RW 35, Wonocatur, kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta 55198

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 10.00 s/d 16.30 WIB

Kirim pendapat