Es Krim TipTop, Es Krim Legendaris di Yogyakarta

Es Krim Tiptop merupakan kedai es krim yang cukup legendaris di pusat kota Yogyakarta. Kedai es krim ini konon telah membuka dagangannya sebelum kemerdekaan Republik Indonesia. Dari beberapa generasi, kedai es krim TipTop diturunkan sebagai usaha keluarga dan hingga saat ini masih tetap berdiri melayani para pelanggan. Cita rasanya yang khas dan tetap mempertahankan aslinya membuat kedai es krim ini mampu bertahan diantara kedain-kedai es krim modern yang lain.

Es Krim TipTop merupakan kuliner es krim yang berdiri sejak tahun 1936 dan masih tetap berdiri hingga saat ini dengan mempertahankan resep dan desain kedai es krim dengan konsep jadul (jaman doeloe). Es Krim TipTop tidak membuka cabang dan beralamat lengkap di Jl. Mangkubumi No. 24 Yogyakarta 55232.

Kedai Es Krim TipTop Yogyakarta

Lokasi Es Krim TipTop terbilang cukup strategis, terletak di Jalan Mangkubumi Yogyakarta dimana berada di sebelah selatan Tugu Yogyakarta. Untuk menuju lokasinya cukup mudah dan dapat ditempuh dengan bermacam-macam alat transportasi baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Bila masih bingung, lokasinya berada di sebelah selatan Kantor SKH Kedaulatan Rakyat atau di sisi timur/kiri jalan.

Kedai Es Krim TipTop memiliki jam buka pagi dan jam buka sore. Tempat ini masih memberlakukan waktu siang untuk tidak beroperasi atau tutup dan kembali membuka kedai pada waktu sore hari. Selain itu kadang pada hari minggu atau hari libur kedai es krim ini juga tutup. Saat tiba menjelang siang, Kedai es Krim TipTop belum tutup dan kami langsung memasuki kedai. Ruangan dalam Kedai Es Krim TipTop didesain sejak tahun 40-an menyesuaikan kondisi pada tahun tersebut dan tetap dipertahankan hingga saat ini.

Es krim TipTop dibuat dengan resep tradisional dari Italia yang masih dipertahankan hingga saat ini. Terdapat lebih dari 50 menu es krim yang ditawarkan.

Suasana Kedai Es Krim TipTop Yogyakarta

Kami dipersilahkan duduk di tempat yang tersedia dan memilih menu yang tersedia. Setelah daftar pesanan kami serahkan, tidak beberapa lama pesanan kami segera tersaji. Penyajian es krim cukup unik dan ada perbedaan penampilan antara menu es krim yang satu dengan menu es krim yang lain. Penyajian es krim yang cukup menarik membuat kami tidak sabar untuk segera mencicipinya.

Baca Juga  Bekas Stasiun Bantul, Kini Berfungsi Sebagai Rumah Makan dan Bengkel

Es Krim Berbentuk Kotak Di Kedai Es Krim TipTop Yogyakarta

Rasanya cukup enak dan unik, meskipun es krim tersebut masih diolah dengan cara tradisional. Es krim yang cepat mencair bukan merupakan kekurangan karena hal tersebut cukup wajar karena suhu lingkungan yang cukup panas. Menjadi hal yang tidak wajar bila es krim lama mencair karena penambahan zat-zat kimia untuk menahan laju pencairan es.

Salah Satu Menu Es Krim TipTop Yogyakarta

Rasa manis pun sepertinya asli dari gula karena tidak meninggalkan rasa yang mengganjal di tenggorokan seperti efek pemanis buatan. Komposisi es krim cukup berimbang dan menghasilkan tekstur es krim yang lembut di mulut. Yang lebih utama, rasa susu tidak menonjol dalam setiap menu es krim yang kami pesan seperti pada es krim modern yang rata-rata dominan rasa susu atau krimnya. Tidak mengherankan bila resep es krim di kedai ini tetap dipertahankan hingga saat ini.

Menu Risoles Kedai Es Krim TipTop Yogyakarta

Meskipun telah berusia puluhan tahun, Kedai Es krim TipTop cukup menarik untuk dikunjungi sembari nostalgia rasa pioner es krim di kota Yogyakarta. Meskipun telah mengarungi beberapa generasi dan zaman, kedai es krim ini tetap setia dikunjung karena mereka ingin kembali merasakan es krim jadul/tradisional yang jarang ditemui di restoran atau kedai es krim modern. Harga yang ditawarkan cukup  dan sebanding dengan apa yang dirasakan. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Es Krim TipTop
Jl. Mangkubumi No. 24 Yogyakarta 55232

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. EventJogja:

    setuju, ini legenda dan cocok buat wisata :D

  2. leejinkissi:

    Rasa oke lah. Sayang utk saat ini kondisi bangunan sgt tdk terawat. Pengunjung sepi sekali. Pdhl sebenarnya kl dirawat akan sgt nostalgic. Saya sangat suka tempat2 yg mempertahankan kekunoannya.

    • admin:

      Hi leejinkissi, benar sebenarnya menarik kalau dikelola dengan baik seperti kuliner es krim tempo doeloe di daerah jakarta, bandung, surabaya, malang, dan sebagainya :-)

Kirim pendapat