Es Dawet Telasih Bu Dermi, Salah Salah Kuliner Legendaris Pasar Gedhe Solo

Es Dawet Telasih Bu Dermi merupakan salah satu kuliner legendaris yang berada di kawasan Pasar Gedhe Solo. Usaha jualan minuman ini telah dilanjutkan secara turun temurun hingga saat ini dipegang oleh generasi yang ke 3 (tiga). Menurut informasi, usaha jualan es dawet telasih ini didirikan oleh neneknya yang bernama Yu Dermi, panggalan akrab saat itu pada era tahun 1930-an. Saat ini cucunya yang akrab dipanggil Bu Uut tetap menggunakan nama neneknya sebagai nama kios atau warungnya dan tidak membuka cabang di tempat lain.

Es Dawet Telasih Bu Dermi beralamat di dalam bangunan Pasar Gede Hardjonagoro, Jalan Jend. Urip Sumoharjo, kelurahan Sudiroprajan, kecamatan Jebres, kota Surakarta, Jawa Tengah 57121.

Kisah mengenai Es Dawet Telasih Bu Dermi tidak berhenti begitu saja dimana warung atau kios Es Dawet Telasih Bu Dermi saat ini menjadi favorit banyak artis hingga pejabat negara. Dulu ketika Presiden Joko Widodo masih menjabat sebagai walikota Solo juga sering mampir ke kios es dawet telasih ini. Kios es dawet telasih ini menjadi langganannya selain Warung Sate Kambing Mbok Galak yang juga menjadi idolanya ketika menyantap menu sate kambing. Daya tarik sajian Es Dawet Telasih Bu Dermi memang belum tergantikan walaupun di area Pasar Gedhe sendiri sudah banyak bermunculan kios es dawet telasih seperti Es Dawet Bu Siswo, Bu Wiji, dan sebagainya.

Lokasi Kios Es Dawet Telasih Bu Dermi berada di dalam bangunan Pasar Gedhe Solo. Posisinya agak tersembunyi di dalam bangunan pasar. Rute meuju kios minuman ini dari pintu utama Pasar Gedhe langsung ke arah kiri sebanyak 4 (empat blok). Kemudian belok ke arah kanan melewati area kios jamu. Pengunjung yang baru pertama kali menuju ke warung atau kios ini pasti harus berkeliling area pasar untuk menemukannya. Hal yang mudah menjadi patokan untuk menuju ke kios es dawet ini adalah kerumunan orang yang mengantri untuk membeli es dawet telasih ini. Seperti kita yang tahu bahwa kios es dawet ini cukup sempit dan hanya dapat menampung sekitar 4 (empat) orang saja. Pengunjung yang ingin membeli es dawet telasih harus bersabar mengantri tempat duduk untuk mencicipinya dengan berdiri di lorong jalan.

Penyajian es dawet telasih di Kios Kios Es Dawet Telasih Bu Dermi menggunakan mangkuk berwarna putih berukuran kecil atau lebih kecil daripada mangkuk untuk bakso atau es campur. Satu mangkuk es dawet telasih terdiri dari dawet ketan hitam, tape ketan, jenang sumsum, biji telasih, cairan gula, santan, dan es batu. Hal yang membedakan es dawet telasih dengan es dawet yang lain adalah ketiadaan gula jawa atau gula aren. Seperti yang kita tahu bahwa rata-rata es dawet menggunakan air gula jawa atau gula aren salah satunya seperti Es Dawet Banjarnegara dan Es Dawet Butuh Purworejo. cairan gula dibuat dari gula pasir atau sari batang tebu. Porsinya tergolong sedikit dan cocok sebagai pelepas dahaga dari udara yang panas dan lembab. Cita rasanya cukup menyegarkan dan tidak terlalu manis.

Harga minuman yang ditawarkan Kios Es Dawet Telasih Yu Dermi tergolong mahal untuk jajanan pasar dan lebih cocok untuk wisatawan. Selain itu bagi sebagian orang, cita rasa es dawet telasih hampir sama dengan warung lain yang menjual es dawet telasih karena minuman ini cukup mudah untuk dibuat. Namun bagi sebagian orang yang lain mengatakan bahwa belum ke Pasar Gedhe Solo kalau belum mencicipi minuman legendaris Es Dawet Telasih milik Bu Dermi ini. Secara keseluruhan minuman Es Dawet Telasih Bu Dermi dapat menjadi salah satu pilihan wisata kuliner di Pasar Gedhe Solo. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU
  • Es Dawet Telasih : Rp 10.000,-

*update 5 Agustus 2019*

Baca Juga  Soto Pak Muh, Kuliner Legendaris Dalam Pasar Beringharjo Jogja
INFORMASI
Es Dawet Telasih Bu Dermi
Pasar Gede Hardjonagoro, Jalan Jend. Urip Sumoharjo, kelurahan Sudiroprajan, kecamatan Jebres, kota Surakarta, Jawa Tengah 57121

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 08.00 s/d 15.00 WIB

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Gallant Tsany Abdillah:

    Mantapp akhirnya di posting juga. Calon page one ki mesti wkwk

    • admin:

      Hi Gallant,
      Iya maaf terlambat diposting nih, semoga saja ya :-)

Kirim pendapat