Entok Slenget Kang Tanir, Kuliner Extra Pedas Di Turi Sleman

Entok Slenget Kang Tanir merupakan daya tarik kuliner legendaris di daerah Turi Sleman. Menu utama yang disajikan warung makan ini adalah entok slenget sejenis semur pedas dengan menggunakan daging entok/enthok (menthok=sejenis bebek). Warung ini menjadi tempat yang layak dikunjungi ketika melewati jalan raya penghubung antara Turi dengan Pakem.

Warung Entok Slenget Kang Tanir tepi Jalan Raya Turi timur jembatan Sempor atau secara administratif terletak di dusun Randusongo, desa Donokerto, kecamatan Turi, kabupaten Sleman. Buka mulai pukul 4 sore hingga habis.

Warung Enthok Slenget Kang Tanir Sleman

Lokasi Warung Entok Slenget Kang Tanir ini lumayan jauh dari kota Yogyakarta tepatnya berjarak 20 kilometer. Dengan perkiraan waktu sekitar setengah jam apabila sudah hapal jalan menuju ke lokasi. Jalur termudah yang kami lalui melewati Jalan Palagan Tentara Pelajar hingga perempatan Turi kemudian berbelok ke kiri atau barat menuju ke Turi. Posisi warung tersebut berada di tepi jalan membuat kami tidak perlu bersusah payah mencarinya.

Suasana Warung Entok Slenget Kang Tanir cukup ramai ketika kami datang meskipun warung tersebut baru saja buka. Sepertinya sudah banyak orang mengenal warung ini karena telah menjadi salah satu pesona kuliner pedesaan yang direkomendasikan. Kamipun langsung memesan menu utama warung ini dan mencari tempat duduk yang masih kosong. Menu Entok Slenget tidak langsung disajikan karena harus melewati proses pemasakan terlebih dahulu. Pesanan Entok Slenget dimasak satu per satu sesuai tingkat rasa pedas yang dipesan. Jadi Entok Slenget selain memiliki rasa yang khas juga disajikan dalam keadaan fresh dan baru saja dimasak.

Baca Juga  Baper Dimsum, Kuliner Kakilima Yang Sempat Ngehits Di Kota Bandung

Entok adalah unggas mirip itik yang berasal daratan Amerika dan punya nama latin Cairina moschata. Slenget merupakan masakan yang mirip seperti semur. Proses pemasakannya cukup sederhana yakni daging entok dipotong kecil-kecil kemudian dimasak berkuah coklat pekat seperti semur dan biasa disajikan dalam rasa pedas.

Sajian Enthok Slenget Kang Tanir Sleman

Kami harus sabar menunggu hingga pesanan Entok Slenget selesai dimasak. Sepiring Entok Slenget disajikan bersama dengan irisan kubis, irisan mentimun, dan satu ceting nasi sesuai banyaknya orang yang makan. Saat mencicipi kuah Entok Slenget pertama kali, rasa pedas langsung menyapa di lidah. Langsung saja kami mengambil nasi dari ceting kemudian menuangkan kuah beserta daging Entok Slenget diatas nasi. Rasa daging Entok cukup gurih dan nikmat, tidak kalah dengan rasa daging bebek. Proses pemasakan yang sempurna membuat daging entok menjadi empuk dan kenyal. Bumbu Entok Slenget ini cukup kuat dan mantap, aroma bawang merah dan merica cukup terasa.

Entok Slenget didominasi rasa pedas dengan sedikit rasa asin bercampur manis. Menu Entok Slenget dengan level super pedas menjadi daya tarik utama warung ini. Bisa saja kita memesan Entok Slenget yang tidak pedas namun kita tidak dapat merasakan sensasi rasa yang ditawarkan warung ini. Sangat dianjurkan bagi penikmat rasa pedas karena akan terpuaskan saat berkunjung ke warung ini. Tingkat pedasnya hampir menyamai tingkat rasa pedas menu Oseng-Oseng Mercon yang dijual dibeberapa tempat di Yogyakarta. Harga yang ditawarkan tergolong sedang, tidak mahal ataupun murah namun tetap bersahabat di kantong. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Martabak Casablanca, Pilihan Jajanan Martabak Sekitar Seturan Yogyakarta

PINDAH LOKASI

Entok Slenget Kang Tanir saat ini telah pindah lokasi baru di dekat Pasar Pules Turi. Bangunan atau lokasi lama telah dibongkar dan dibangun menjadi Puskesmas Turi Sleman. Rute dari lokasi lama ke arah barat hingga perempatan lampu merah kemudian pilih jalan ke kanan hingga menemui pasar di sisi kanan. Letak Warung Entok Slenget Kang Tanir yag baru berada di sekitar kawasan tersebut.

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. unting:

    ungak-ungak ya om  lama ngk jumpa

Kirim pendapat