Panorama Embung Tlogopucang Temanggung Di Pagi Hari

Panorama Embung Tlogopucang Temanggung Di Pagi Hari
3.3 (66.67%) 3 votes

Embung Tlogopucang merupakan salah satu dari beberapa danau buatan yang dibangun oleh pemerintah daerah Temanggung di daerah Kandangan. Keberadaannya lebih dikenal sebagai lokasi foto daripada tempat wisata karena cukup indah untuk diabadikan ketimbang dinikmati suasananya. Fungsi embung ini hampir sama seperti embung lainnya untuk mengatasi kekurangan pasokan air pada musim kemarau.

Embung Tlogopucang (Tlogo Pucang) terletak di desa Tlogopucang, kecamatan Kandangan, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

pemandangan-embung-tlogopucang-temanggung

Lokasi Embung Tlogopucang berada di daerah perbukitan desa Tlogopucang yang berada disebelah atas dari Hutan Pinus Rowo Seneng. Rute termudah menuju embung ini dari pusat kota Temanggung ke arah utara menuju Kandangan. Ikuti jalan penghubung antara Temanggung-Kaloran dilanjut dengan jalan Kaloran-Kandangan. Sesampai di Kandangan ikuti petunjuk arah menuju Rowo Seneng. Saat memasuki kawasan Hutan Pinus Rowo Seneng, perhatikan petunjuk arah menuju desa Tlogopucang dan posisi embung tersebut berada di sebuah bukit samping sekolahan. Pengunjung yang membawa kendaraan roda dua dapat diparkir di area parkir samping embung sedangkan bila kendaraan roda empat dapat diparkir di tepi jalan.

gunung-sumbing-dan-sindoro-dari-embung-tlogo-pucang-temanggung

Pemandangan Embung Tlogopucang terlihat menarik meskipun tidak terlalu luas. Bentuk embung yang tidak simetris dan berlekuk-lekuk mengikuti kontur tanah memberikan kesan unik dan tidak kaku. Bila kondisi cuaca sedang cerah akan terlihat gugusan gunung yang menjadi latar kolam buatan ini yaitu Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Prau Dieng. Disarankan datang ke tempat ini pada pagi hari karena berpoensi cerah ketimbang saat sore untuk menikmati matahari terbenam. Fasilitas pendukung wisata di tempat ini tidak sersedia karena belum serius dikembangnya menjadi obyek wisata seperti embung-embung lain di daerah Temanggung.

Fungsi utama dibangunnya Embung Tlogopucang sebenarnya untuk mengatasi kekeringan pada musim kemarau dan curah hujan yang rendah pada musim penghujan. Namun sepertinya keberadaannya tidak terlalu berguna karena daya tampungnya terlampau sedikit dan mengering pada akhir musim kemarau. Kondisi semacam ini membuat Embung Tlogopucang hanya menarik dikunjungi pada pertengahan musim penghujan dimana air embung terlihat penuh. (text/foto: annosmile)

Ada 7 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Ceritaeka:

    Baru tau kalau embung itu artinya danau buatan ya

  2. ASI Bunda:

    Wah ini dekat dengan kabupaten saya ini mah.. tapi belum pernah kesana.. mumpung deket nanti kesana ah.. pemandangannya indah juga..

  3. Purwasuka:

    Indah banget embungnya…

  4. rizzaumami:

    kalo dilihat-lihat, gimana gak kepengen foto mas? lokasinya oke banget gitu, di dataran tinggi pula.

  5. Chandra:

    Heheh ayok ayok main ke Temanggung .. masih banyak loh embung yang asik selain disini. mampir blog saya juga yak.. saya juga ada bahas tlogopucang.. :)

  6. Admin AlatBisnis.Com:

    Bagus-bagus ya viewnya..

    • admin:

      Hi Admin AlatBisnis.Com,
      Iya mas :-)

Kirim pendapat