Embung Tlogo Putri Kaliurang, Danau Mini Dan Wahana Bermain Becak Air

Embung Tlogo Putri Kaliurang, Danau Mini Dan Wahana Bermain Becak Air
2.7 (53.33%) 3 vote[s]

Embung Tlogo Putri merupakan salah satu daya tarik wisata di dalam kawasan Tlogo Muncar Kaliurang Sleman. Embung ini dibangun dengan memanfaatkan area lembah yang belum tergarap disamping area parkir kawasan wisata Tlogo Muncar Kaliurang. Pembangunan embung tersebut diharapkan mampu meningkatan daya tarik pariwisata di kawasan tersebut.

Embung Tlogo Putri merupakan danau buatan yang berada di dalam kawasan wisata Tlogo Muncar Kaliurang, kecamatan Pakem, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Pemandangan Embung Tlogo Putri Kaliurang Sleman

Lokasi Embung Tlogo Putri berada di sebelah parkir kendaraan roda empat kawasan wisata Tlogo Muncar Kaliurang. Dari tepi jalan pun keberadaan embung tersebut sudah terlihat walaupun sedikit terhalang oleh bangunan kios penjual oleh-oleh dan makanan. Untuk menuju ke area embung atau danau buatan, pengunjung dapat menempuhnya dengan berjalan kaki.

Permainan Becak Air Di Embung Tlogo Putri Kaliurang Sleman

Embung Tlogo Putri Kaliurang Sleman dibangun dengan membendung aliran air yang berasal dari sumber mata air Tlogo Putri dan aliran sungai yang berasal dari Air Terjun Tlogo Muncar. Embung atau danau/telaga buatan ini memiliki luas kurang lebih satu hektar dengan desain kotak atau persegi panjang. Disekelilingnya dibangun pagar pengaman untuk melindungi pengunjung. Menurut informasi yang di dapat embung ini dibangun pada kisaran tahun 2005.

Wahana Permainan Bianglala Di Samping Embung Tlogo Putri Kaliurang Sleman

Disekitar kawasan Embung Tlogo Putri Kaliurang Sleman dibangun beberapa fasilitas pendukung mulai dari wahana permainan anak-anak, panggung hiburan, dan taman. Wahana permainan anak-anak yang terdapat d sekitar Embung Tlogo Putri antara lain permainan becak air, kano, bianglala mini untuk anak-anak, ayunan, dan sebagainya. Kondisinya masih cukup baik dan aman digunakan untuk bermain anak-anak. Hanya sama permainan yang menggunakan mesin yang dialiri listrik hanya beroperasi pada hari-hari libur saja.

Baca Juga  Pantai Sedahan Gunungkidul, Pesona Pantai Diantara Dua Karang

Pentas seni rutin diselenggarakan di panggung hiburan Embung Tlogo Putri setiap hari minggu untuk meningkatkan daya tarik pariwisata. Biasanya yang dipentaskan adalah kesenian yang berasal dari kabupaten Sleman dan musik dangdut. Tontonan tersebut gratis untuk umum dan didanai oleh pemerintah daerah Sleman. Keberadaannya cukup memecah kesunyian kawasan Kaliurang yang nyaman sebagai tempat beristirahat dan menyegarkan pikiran. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat