Embung Tambakboyo Sleman, Pilihan Tempat Jogging Dan Memancing

Embung Tambakboyo merupakan salah satu danau buatan yang berukuran kecil di wilayah kabupaten Sleman. Keberadaannya cukup terkenal karena berdekatan dengan area kampus, perumahan, dan akses jalan utama yaitu Ringroad Utara Yogyakarta. Fungsi utama pembangunan Embung Tambakboyo adalah sebagai kawasan cadangan air, pengairan, dan daerah resapan air tanah untuk wilayah sekitar kabupaten Sleman dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Embung Tambakboyo berada di desa Wedomartani, kecamatan Ngemplak serta desa Condong Catur dan Desa Maguwoharjo kecamatan Depok yang masuk dalam wilayah kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Waduk ini dibangun tahun 2003 dan selesai pada tahun 2008.

Papan Nama Embung Tambakboyo Sleman

Lokasi Embung Tambakboyo tidak jauh dari Ringroad Utara Yogyakarta tepatnya disebelah utara kampus Universitas Islam Indonesia (UII) Condong Catur. Ada dua cara menuju ke Embung tambakboyo, pertama melewati jalan berpaving yang melewati area pemukiman penduduk disebelah utara kampus UII Condong Catur. Kedua melewati Jalan Candi Gebang di utara Kampus STIMIK Amikom kemudian belok ke arah kanan mengikuti papan petunjuk arah yang terpasang di setiap persimpangan jalan. Namun papan petunjuk arah yang terpasang cukup kecil dan kurang strategis sehingga sering tidak terlihat atau tidak ditemukan.

Sisi Timur Embung Tambakboyo Sleman

Pengunjung yang memasuki kawasan Embung Tambakboyo Sleman ditarik retribusi yang dikelola pemerintah desa setempat. Retribusi yang dibayarkan dihitung per jenis kendaraan yang dibawa masuk ke kawasan Embung Tambakboyo dan buka ditarik perorangan. Pengunjung yang tidak membawa kendaraan ke dalam kawasan embung tidak dikenakan biaya alias gratis. Setiap hari selama 24 jam penuh seluruh pintu masuk dijaga oleh masyarakat setempat secara bergantian untuk menarik retribusi masuk kepada pengunjung.

Baca Juga  Monumen Ngejaman Pakubuwono X Di Kotagede Yogyakarta

Sisi Barat Embung Tambakboyo Sleman

Embung Tambakboyo Sleman dibangun dengan mengikuti kontur ketinggian tanah yang ada disekitarnya untuk memaksimalkan daya tampung waduk mini tersebut. Bentuknya tidak simetris atau berkelok-kelok di setiap tepi waduknya. Luas Embung Tambakboyo ditaksir memiliki luas 7.8 hektar dengan daya tampung 400.000 m³. Embung ini berada di hilir pertemuan Sungai Tambakbayan dengan Sungai Buntung.

Pembangunan Embung Tambakboyo Sleman dimulai dengan dengan pengerukan kawasan untuk meningkatkan daya tampung. Selanjutnya dibangun dinding beton mengelilingi waduk mini tersebut untuk mencegah erosi tanah dan longsoran pada tebing perbukitan. Pada sisi selatan Embung Tambakboyo dibangun sebuah pintu air yang berfungsi sebagai pembuangan air dan saluran pengairan air. Tahap terakhir pembangunan adalah pembangunan pagar pengaman dan akses jalan berpaving di sekeliling embung.

Salah Satu Sudut Embung Tambakboyo Sleman

Masyarakat sekitar memanfaatkan kawasan Embung Tambakboyo untuk olahraga jogging atau lari mengelilingi area embung. Aktivitas tersebut sering terlihat pada pagi hari dan sore hari ketika sinar matahari sudah tidak menyengat serta udara tidak terlalu panas. Lokasi ini mulai favorit sebagai tempat berolahraga karena sekitar Yogyakarta mulai minim tempat terbuka dan tempat umum yang nyaman. Selain itu beberapa orang memanfaatkan lokasi mebung ini untuk kegiatan memancing. Keberadaan para pemancing ini lebih banyak ditemui ketika malam hari dibandingkan dengan siang hari.

Aktivitas Memancing Di Embung Tambakboyo Sleman

Isu keamanan Embung Tambakboyo Sleman pada malam hari dimana sering terjadi tindak kejahatan seperti pemukulan, pemerasan, dan perampokan harus segera diselidiki dan ditangani. Citra buruk kawasan wisata seperti yang terjadi di kawasan Embung Tambakboyo dapat membuat pengunjung mengurungkan niat untuk mendatanginya. Diharapkan pemerintah daerah setempat turun tangan untuk menangani kasus ini dan meneruskan tahap perbaikan kawasan danau buatan penampung air ini.

Baca Juga  Menikmati Angin Sepoi-Sepoi di Bukit Patuk

Secara keseluruhan Embung Tambakboyo hanya menarik digunakan untuk aktivitas olahraga khusunya jogging pada pagi dan sore hari serta memancing ikan di sekitar area embung. Selain itu embung Tambakboyo tidak memiliki daya tarik lain seperti tempat wisata karena pemandangannya kurang menarik. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Embung Tambakboyo
Desa Condong Catur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta

Retribusi
Motor : Rp 2.000,-

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. bersapedahan:

    tempat dan suasananya sangat nyaman untuk jogging … suasana berbeda daripada lari2 puter komplek apalagi lari dari kenyataan … :P

Kirim pendapat