Embung Potorono, Lokasi Santai Menikmati Sore

4.2/5 - (4 votes)

Embung Potorono atau bernama lain Embung Salakan merupakan wisata embung yang dibangun di Dusun Salakan. Sebenarnya tempat ini lebih tepat sebagai bendungan karena membendung aliran air dari sebuah sungai kecil dengan bentuk lonjong. Kawasan ini dikembangkan oleh pemerintah desa setempat sebagai wisata pedesaan dengan nama Wanadesa dan Telaga Desa Potorono.

Embung Potorono beralamat di dusun Salakan, desa Potorono, kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta 55196.

Lokasi Embung Potorono berada di sebelah timur dari Pasar Ngipik. Rute termudah menuju kawasan ini dari perempatan Ringroad Kotagede ke arah timur hingga melewati jembatan dan belok ke kanan menuju ke lokasi embung. Akses menuju lokasi dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat seperti mobil. Namun kondisi jalan menuju lokasi masih berupa jalan tanah berbatu dan belum dilakukan pengaspalan atau pemasangan paving. Area parkir pengunjung disediakan di sisi utara dan sisi timur embung.

Fasilitas Embung Potorono tergolong standar mulai dari area parkir, kamar mandi umum, dan warung penjual makanan. Secara keseluruhan Embung Potorono dapat menjadi salah satu tempat bersantai dan mengisi waktu saat sore hari bersama keluarga bagi masyarakat yang tinggal di dekat lokasi embung. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Mie Ayam Geprek, Sajian Unik Warung Mie Ayam Jogonegaran Yogyakarta
INFORMASI
Embung Potorono
Dusun Salakan, desa Potorono, kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta 55196

Retribusi
Tiket Masuk : gratis

Kirim pendapat