Embung Julantoro, Lokasi Memancing Embung Di Selatan Jogja

Embung Julantoro, Lokasi Memancing Embung Di Selatan Jogja
2 (40%) 1 vote

Embung Julantoro merupakan salah satu embung di Bantul yang baru selesai dibangun pada awal tahun 2018. Keberadaannya sedikit tersembunyi meskipun letaknya berdekatan dengan akses jalan utama penghubung dua kota yaitu kota Bantul dengan kota Yogyakarta. Warga sekitar memanfaatkan kawasan embung ini untuk pengairan dan wisata pemancingan dengan melepas bibit ikan.

Embung Julantoro terletak di dusun Karangnongko, desa Panggungharjo, kecamatan Sewon, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Embung Julantoro berada di daerah Sewon Bantul dengan akses dekat dengan Jalan Bantul. Rute dari pusat kota Yogyakarta ke ara selatan menuju Jalan Bantul melewati Pojok Beteng Pugeran, PASTY, dan perempatan Ringroad Selatan Dongkelan. Ikuti Jalan Bantul ke selatan sejauh 1 (satu) kilometer sebelum Pasar Klitikan Niten ada gang jalan ke dusun Karangnongko di sisi kiri atau timur jalan. Masuk ke dalam gang jalan dusun tersebut dan ikuti petunjuk jalan menuju Embung Julantoro hingga tiba di lokasi. Akses menuju ke lokasi dapat ditempuh dengan kendaraan beroda empat karena jalan yang melewati perkampungan desa cukup lebar.

Embung Julantoro memiliki luas sekitar 2 (dua) hektar dengan mengikuti bentuk kontur tanah yang ada disekitarnya. Cukup luas dibandingkan dengan embung di pusat kota Yogyakarta yaitu Embung Langensari dimana luasnya lebih 4 kali lipatnya. Kedalaman air embung mencapai 2 hingga 3 meter. Pada sekeliling embung dibangun pagar pengaman untuk melindungi pengunjung agar tidak tercebur ke dalam embung. Selain itu di sekeliling embung juga ditanam beberapa jenis pohon untuk menghijaukan kawasan agar tidak terlihat gersang.

Fasilitas pendukung wisata Embung Julantoro masih cukup minim karena embung ini baru selesai dibangun. Diharapkan kedepannya segera dilengkapi berbagai fasilitas mulai dari kamar mandi umum, kawasan kuliner, area parkir permanen, dan sebagainya. Rencana kedepannya, embung ini akan dikembangkan sebagai wisata baru tepian kota Yogyakarta seperti embung-embung yang lain. Secara keseluruhan Embung Julantoro dapat menjadi salah satu pilihan memancing di kolam atau embung yang tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Embung Julantoro
Dusun Karangnongko, desa Panggungharjo, kecamatan Sewon, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk : *gratis*

Kirim pendapat