Embung Jlamprong, Daya Tarik Wisata Pelengkap Goa Jlamprong

Embung Jlamprong merupakan salah satu dari beberapa danau buatan yang dibangun oleh pemerintah daerah Gunungkidul di daerah Semanu. Embung ini dikembangkan sebagai wisata meskipun belum semaksimal Embung Nglanggeran dan Embung Sriten. Embung ini selesai dibangun pada tahun 2015 dengan menggunakan dana APBD. Keberadaan embung ini cukup tersembunyi di ujung pemukiman penduduk dan masih minim papan petunjuk informasi menuju lokasi.

Embung Jlamprong beralamat di dusun Mojo, desa Ngeposari, kecamatan Semanu, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta 55893.

Lokasi Embung Jlamprong berada di daerah Ngeposari Gunungkidul. Rute menuju ke embung ini paling mudah melewati Jalan Raya Semanu-Pracimantoro. Selanjutnya dari jalan utama masuk ke gang atau jalan kecil yang melewati area pemukiman penduduk. Akses menuju lokasi embung dapat dilewati oleh kendaraan besar seperti minibus. Kondisi jalan juga sudah cukup baik dimana sebagian jalan beraspal dan sebagian jalan berpaving. Area parkir yang disediakan cukup menampung banyak kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Embung Jlamprong memiliki luas sekitar 1.5 hektar dibangun diatas area tanah datar pada sebuah dataran rendah. Kondisinya agak berbeda dengan embung-embung lain di Gunungkidul yang dibangun diatas perbukitan. Pembangunan embung ini membutuhkan waktu selama beberapa bulan pada tahun 2015. Kapasitas atau volume tampung maksimal embung ini mencapai 16.778 m3 . Sumber air pengisi embung berasal dari limpahan air hujan dan sumber mata air yang mengalir didekatnya. Kondisi tampungan air pada embung ini pada musim hujan cukup melimpah dan surut pada musim kemarau. Namun surutnya embung ini pada musim kemarau tidak sampai mengering sampai dasar embung.

Fasilitas pendukung wisata Embung Jlamprong sebenarnya cukup lengkap mulai dari akses jalan berpaving, area parkir, kamar mandi umum, gazebo kecil buat santai, dan warung penjual makanan dan minuman. Pengembangan pariwisata di Embung Jlamprong cukup baik dimana keberadaannya melengkapi daya tarik wisata alam Goa Jlamprong yang ada di dekatnya. Pengelola setempat sering mengadakan acara atau event di area Embung Jlamprong seperti lomba memancing dan hiburan dangdut. Secara keseluruhan Embung Jlamprong dapat menjadi alternatif wisata dan salah satu tempat memancing di sekitar Semanu Gunungkidul. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat