Embung Giwangan Yogyakarta

Embung Giwangan merupakan embung atau danau kecil buatan kedua yang dibangun di wilayah kota Yogyakarta setelah Embung Langensari. Pembangunan embung ini adalah bagian dari proyek pembangunan wahana Taman Pintar II dimana lebih mengedukasi konservasi air. Proyek yang akan selesai pada tahun 2022 ini diharapkan akan menjadi ikon baru pariwisata Jogja dan meramaikan kawasan Jogja sisi selatan.

Embung Giwangan beralamat di Jalan Tegalturi, kelurahan Giwangan, kecamatan Umbulharjo, kota Yogyakarta 55163.

Lokasi Embung Giwangan berada di sebelah utara Unit Pelayanan Pengembangan Perikanan Budidaya Sehati. Area parkir belu tersedia karena pembangunan masih berlangsung.

Embung Giwangan dibangun diatas tanah seluas 3.4 hektar dengan luas embung mencapai 1.1 hektar. Bentuk embung menyerupai aliran sungai bila diliat dari ketinggian dengan dengan panjang 340 meter. Daya tampung air embung ini mencapai 22.000 meter kubik. Fungsi utama embung ini menjadi daerah penampungan air, daerah resapan air, taman rekreasi, dan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Setiap pagi dan sore hari cukup banyak pengunjung yang mendatangi kawasan ini sebagai tempat berolahraga, bersantai, bermain layang-layang dan sebagainya. Kendaraan termasuk sepeda dilarang memasuki area jogging track agar tidak merusak atau mengotori lantai. Secara keseluruhan Embung Giwangan menjadi salah satu tempat favorit olahraga pagi dan sore hari di kawasan selatan kota Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Embung Banjaroya, Waduk Mini Diatas Perbukitan Kalibawang

Kirim pendapat