Inilah 5 Wisata Embung Di Gunungkidul

Gunungkidul selain menyimpan pesona wisata pantai yang indah juga memiliki pesona wisata danau buatan yang menarik dijadikan wisata. Danau buatan atau disebut embung oleh masyarakat sekitar cukup menarik dikunjungi karena dibangun di salah satu puncak perbukitan. Berikut wisata embung yang berada di wilayah kabupaten Gunungkidul antara lain :

1. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran Gunungkidul Berlatar Gunung Api Purba Nglanggeran

Embung Nglanggeran merupakan wisata danau buatan paling terkenal se Gunungkidul bahkan mungkin se Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya yang berada di sebelah kawasan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran dengan mudah mengambil perhatian wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut. Pada sekeliling Embung Nglanggeran dibangun area kebun buah dengan komoditas utama buah durian varietas asli Gunungkidul. Diperkirakan sekitar 10 tahun lagi pohon durian yang ditanam akan berbuah dan menjadi daya tarik pelengkap obyek wisata ini.

Baca artikel selengkapnya di Embung Nglanggeran, Cikal Bakal Kebun Buah Nglanggeran Gunungkidul

2. Embung Batara Sriten

Pemandangan Embung Batara Sriten Gunungkidul Secara Utuh

Embung Batara Sriten merupakan danau buatan yang dibangun di puncak perbukitan Baturagung yang juga menjadi puncak tertinggi kabupaten Gunungkidul. Embung ini dibangun dengan tujuan meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat sekitar. Air yang mengisi embung atau danau buatan ini berasal dari tadah hujan karena ketiadaan sumber mata air di puncak bukit. Akses menuju lokasi masih curam dan diharapkan pengunjung berhati-hati saat menuju lokasi.

Baca Juga  Yamie Panda, Lengkapnya Varisasi Menu Yamie Bergaya Oriental

Baca artikel selengkapnya di Embung Batara Sriten, Kolam Raksasa Di Puncak Tertinggi Gunungkidul

3. Embung Gunung Panggung (Embung Tambakromo)

Embung Gunung Panggung merupakan daya tarik wisata danau buatan atau embung yang berada di sebelah timur dari kota Wonosari kabupaten Gunungkidul. Embung ini secara administratif terletak di Padukuhan Klepu, desa Tambakromo, kecamatan Ponjong, kabupaten Gunungkidul. Walaupun diresmikan berbarengan dengan Embung Batara Sriten, Embung Gunung Panggung sepertinya kalah tenar dan belum banyak dikenal para wisatawan. Saat ini pengunjung Embung Gunung Panggung masih didominasi oleh masyarakat sekitar.

4. Embung Jlamprong

Embung Jlamprong merupakan daya tarik wisata danau buatan atau embung yang berada di sebelah timur dari kota Wonosari kabupaten Gunungkidul. Embung ini secara administratif terletak di dusun Mojo, desa Ngeposari, kecamatan Semanu, kabupaten Gunungkidul.

5. Embung Batur Agung

Embung Batur Agung merupakan daya tarik wisata danau buatan atau embung yang berada di daerah Karangmojo Gunungkidul. Embung ini secara administratif terletak di dusun Karangwetan, desa Gedangrejo, kecamatan Karangmojo, kabupaten Gunungkidul. Fungsi embung ini hampir sama seperti embung lainnya untuk mengatasi kekurangan pasokan air saat musim kemarau pada lahan pertanian yang ada di sekitarnya.

Baca artikel selengkapnya di Embung Batur Agung Gunungkidul Dan Spot Baru Menikmati Matahari Terbenam

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Mahendra:

    Mas, ancer ancer ke jlamprong lewat mana kalau dari wonosari?

Kirim pendapat