Embung Bedukan Dan Spot Memancing Embung Di Pleret Bantul

Embung Bedukan Dan Spot Memancing Embung Di Pleret Bantul
3 (60%) 1 vote

Embung Bedukan merupakan salah satu dari beberapa danau buatan yang dibangun oleh pemerintah daerah Bantul di daerah Pleret. Keberadaann sedikit tersembunyi karena jauh dari akses jalan utama dan lebih dikenal sebagai lokasi alternatif untuk memancing. Fungsi utama embung ini lebih kepada daya tarik wisata ketimbang sebagai kolam penampungan ari untuk pengairan karena letaknya dekat dengan aliran sungai.

Embung Bedukan beralamat di dusun Bedukan, desa Pleret, kecamatan Pleret, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Lokasi Embung Bedukan berada di dekat aliran Sungai Gajah Wong di kecamatan Pleret Bantul. Rute dari kota Yogyakarta ke arah selatan melewati Terminal Giwangan dan Jalan Imogiri Timur. Sesampai di perempatan Jejeran ambil jalan ke kiri atau ke arah timur. Ikuti jalan tersebut hingga tiba di kawasan pasar loak dan orderdil bekas Jejeran. Perhatikan adanya jembatan Sungai Gajah Wong dan Sentra Pasar Onderdil Bekas Jejeran, kemudian ambil jalan masuk cor semen menyusuri perkampungan dan tepi sungai.Ikuti jalan cor semen hingga ujung dan akhirnya tiba di kawasan embung. Sementara ini akses jalan menuju lokasi embung anya dapat dilali kendaraan roda dua saja.

Embung Bedukan tampak seperti kolam biasa karena luasnya cukup sempit sekitar 1.000 meter persegi saja. Pada bagian tengah dibangun gasebo yang berfungsi untuk bersantai dan sebagai tempat pertemuan. Disekeliling embung dibuat taman kecil untuk memperindah kawasan. Fasilitas pendukung wisata seperti kamar mandi umum sudah disediakan namun idak dapat digunakan karena terkunci dari luar. Fungsi utama pembangunan embung ini adalah sebagai pusat wisata air dan pemancingandi daerah Pleret. Namun kedepannya tempat ini akan dikembangkan sebagai pusat industri kreatif daerah tersebut. Secara keseluruhan Embung Bedukan dapat menjadi salah satu pilihan lokasi memancing dan bersantai di kala pagi hari atau sore hari. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Embung Bedukan
Dusun Bedukan, desa Pleret, kecamatan Pleret, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk : *gratis*
Parkir Motor : *gratis*

Kirim pendapat