Embung Banjaroya, Waduk Mini Diatas Perbukitan Kalibawang

Embung Desa Banjaroya merupakan kawasan embung atau waduk mini yang pertamakali dibangun di perbukitan Menoreh kabupaten Kulon Progo. Keberadaanya berfungsi sebagai tempat tampungan air dan pengairan pertanian yang ada disekitarnya. Posisinya cukup strategis karena dibangun di sebuah bukit tepi jalan menghubungkan antara jalan menuju ke Sendangsono dan jalan alternatif menuju ke puncak Suroloyo.

Embung Desa Banjaroya atau bernama asli Embung Tonogoro terletak di pedukuhan Tonogoro, desa Banjaroya, kecamatan Kalibawang, kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Embung ini dibangun mulai akhir tahun 2013 dan selesai pada awal tahun 2014 dengan dana APBD DIY.

Papan Nama Embung Desa Banjaroya

Memasuki gerbang masuk tampak monumen kecil yang bertuliskan “Embung Desa Banjaroya dan lokasi embungnya hanya beberapa puluh meter dari gerbang masuk. Terlihat beberapa tukang yang sibuk melakukan pembangunan fasilitas dan kami perkirakan tempat ini baru saja selesai dibangun. Pada bagian tangga naik menuju ke embung, terdapat monumen atau tugu kecil berbentuk durian sebagai komoditas utama desa Banjaroya.

Pemandangan Embung Banjaroya tampak biasa dan tidak ada hal yang menarik yang dapat dinikmati. Embung ini berukuran kecil dan lebih kecil dari luas lapangan sepakbola. Dilihat dari desain dan tata bangun kawasan Embung Banjaroya ini ada kemiripan dan kesamaan dengan Embung Nglanggeran yang dibangun disebelah selatan Gunung Api Purba Nglanggeran.

Embung Banjaroya memiliki kapasitas air sekitar 8.000 hingga 10.000 m³ dan diharapkan mampu mengairi kawasan seluas 20 hektar. Embung ini memiliki luas sekitar 60 x 80 m² dengan kedalaman 4 meter.

Pemandangan Embung Banjaroya

Salah satunya adalah fungsi Embung Banjaroya sebagai tempat menampung air pada musim hujan dan diharapkan mampu untuk mengairi puluhan hektar tanaman dan pohon durian yang ditanam disebelah bawanya. Saat ini telah dilakukan penanaman pohon durian varietas lokal yaitu durian menoreh kuning dan durian menoreh jingga di sekitar embung. Diperkirakan sepuluh tahun lagi pohon durian yang ditanam tersebut siap untuk dipanen dan mencukupi permintaan buah durian yang dari tahun ke tahun semakin meningkat.

Dari aspek wisata, Embung Banjaroya tidak semenarik Embung Nglanggeran yang mampu menyedot banyak wisatawan karena dapat digunakan untuk menikmati pesona matahari terbenam (sunset) dan menjadi spot foto yang menarik karena diatasnya masih terdapat bukit yang lebih tinggi lagi. Selain itu pembangunan yang belum rampung dan kurangnya promosi wisata menjadi alasan obyek wisata ini masih sepi. Namun dibalik segala kekurangan yang ada, diharapkan Embung Banjaroya mampu menambah daya tarik wisata di desa Banjaroya selain wisata durian yang sudah terkenal disekitar Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

BERITA TERKAIT

30 Desember 2014

Gubernur DIY Sri Sultan HB X meresmikan Embung Tonegoro (Embung Banjaroya) di Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo. Sri Sultan HB X sangat mendukung harapan masyarakat atas kegiatan pariwisata dan pertanian yang bisa mendukung peningkatan perekonimian masyarakat di sekitar Embung Tonegoro. Rencana kedepan di sekitar Embung Tonegoro akan dikembangkan perkebunan durian menoreh kuning sebagai tanaman unggulan pertanian dari Menoreh.

Baca Juga  Pameran Uang Nusantara Di Bekas Bangunan Bank Indonesia Yogyakarta

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. dafhy:

    Baru paham opo kui Embung pas dolan neng Embung Nglanggeran mas. Tibak e koyo bendungan tapi luwek cilik. Tapi keren tenan yo nek sore

    • admin:

      Hi Dafhy,
      Embung itu sejenis kolam besar mas atau waduk mini hehe..kalau embung ini lebih menarik kalau pagi mas :-)

  2. zudhi:

    Di ksih jalan petunjuk.
    Pengen kesana belum tau jalanya .,?

Kirim pendapat