Embung Abimanyu Temanggung, Danau Buatan Diantara Kebun Durian

Embung Abimanyu Temanggung, Danau Buatan Diantara Kebun Durian
3 (60%) 6 votes

Embung Abimanyu merupakan salah satu dari beberapa danau buatan yang dibangun oleh pemerintah daerah Temanggung. Embung ini dibangun dengan menggunakan lahan milik pemerintah desa setempat. Tujuan utama pembangunan embung atau danau buatan ini untuk mengatasi kekurangan pasokan air pada musim kemarau dan sebagai daya tarik wisata baru di wilayah tersebut.

Embung Abimanyu terletak di dusun Ngabeyan, desa Ngropoh, kecamatan Kranggan, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Embung ini memiliki luas sekitar 90 x 70 meter dengan kedalaman 3,5 meter. Daya tampung air embung ini diperkirakan mencapai 13.000 m³ dan dapat mengairi air hingga 25 hektar lahan.

Gasebo Di Embung Abimanyu Temanggung

Lokasi Embung Abimanyu berada di kawasan puncak perbukitan desa Ngropoh. Rute termudah menuju embung ini dari pusat kota Temanggung ikuti jalan raya penghubung Temanggung dengan Secang Magelang. Sebelum tiba di pertigaan jalan Pringsurat atau setelah Jembatan Sungai Progo ada sebuah pasar yang dinamakan Pasar Kranggan. Tepat pada pasar tersebut ada gang jalan ke arah kiri kemudian langsung belok ke kanan menuju desa Ngropoh. Kondisi jalan yang dilalui mulai menyempit namun sudah beraspal baik. Memasuki gerbang Desa Ngropoh ikuti jalan lurus  melewati pemukiman penduduk hingga ujung dan tiba di kawasan Embung Abimanyu.

Pembangunan Embung Abimanyu menelan dana sekitar 1,5 milyar rupiah dan sisanya untuk perbaikan jalan. Tanah yang digunakan merupakan tanah bengkok milik desa seluas 2 hektar. Embung ini dibangun pada pertengahan tahun 2012 dan selesai tahun 2012. Namun pembangunan fasilitas pendukung baru dimulai pada akhir tahun 2015 dan direncanakan selesai pada awal 2016.

Salah Satu Sudut Embung Abimanyu Temanggung

Area parkir wisata Embung Abimanyu Temanggung cukup luas namun masih berupa tanah yang dipadatkan. Di dekat area parkir dibangun taman untuk memperindah kawasan wisata. Tulisan raksasa Embung Abimanyu terlihat jelas dari area parkir dan sebagai tanda bahwa letak embung berada di belakang tulisan tersebut. Pengunjung yang akan menuju area embung dipersilakan menaiki tangga yang dibangun di sebelah tulisan raksasa tersebut.

Pemandangan Embung Abimanyu Temanggung

Pemandangan Embung Abimanyu Temanggung terkesan datar karena hanya berbentuk persegi panjang tanpa adanya lekukan. Bila diperhatikan bentuknya hampir sama dengan Embung Kledung. Pagar pengaman yang dipasang mengelilingi embung mirip seperti pagar rumah penduduk. Pagar dengan bentuk ini sepertinya kurang menarik dan menambah kesan datar pada kawasan embung. Tampungan air terlihat agak surut karena baru memasuki musim penghujan. Diharapkan tampungan air embung terisi penuh pada pertengahan musim penghujan agar terlihat lebih menarik.

Hal yang menarik dari Embung Abimanyu justru pemandangan alam dari embung yang berada di puncak perbukitan. Bila kondisi cuaca sedang cerah dan tidak berkabut, dari Embung Abimanyu akan terlihat jajaran 4 (empat) gunung diantaranya Gunung Ungaran, Gunung Andong, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing. Selain itu dari tempat ini pengunjung dapat menikmati pemandangan terasing persawahan yang berbaris rapi di bagian bawah. Hanya saja pemandangan yang ada sedikit terhalang karena disekitarnya banyak tumbuh pepohonan yang cukup tinggi dan lebat.

Bangunan Pendopo Di Embung Abimanyu Temanggung

Fungsi utama dibangunnya Embung Abimanyu sebenarnya untuk mengatasi kekeringan pada musim kemarau dan curah hujan yang rendah pada musim penghujan. Dikhawatirkan kemarau panjang yang akhir-akhir ini sering terjadi dapat mematikan tanaman karena kekurangan air. Tampungan air embung tersebut diharapkan mampu untuk mengairi area perkebunan milik warga yang didominasi pohon durian, manggis, dan petai. Seperti yang kita tahu bahwa daerah Ngropoh terkenal sebagai sentra penghasil durian lokal di kabupaten Temanggung. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Embung Abimanyu
Dusun Ngabeyan, Desa Ngropoh, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Ferdinand:

    Wah sayang bgt klo cuma buat nampung air kang,
    Opo gak disebar ikan?
    Cocok itu buat pemancingan hehe…

    • admin:

      Hi Ferdinand, sementara iya mas nunggu pembangunan tahap selanjutnya. Rencana kedepannya akan disebar bibit ikan cuma belum jelas kapan waktunya :-)

  2. winny:

    mancing kayaknya seru

    • admin:

      Hi Winny, Ikan di Embung Abimanyu sepertinya tidak boleh/dilarang dipancing hehe :-)

Kirim pendapat