Review Skuter Elektris Inokim Quick 3 250watt 36v

Inokim Quick 3 (2017) merupakan salah satu produk e-scooter atau skuter elektris paling laris yang diproduksi oleh Inokim. Skuter elektris ini pertama kali diperkenalkan pada bulan September 2016. Seiring berjalannya waktu, produk Inokim Quick 3 ini terdapat beberapa versi diantaranya Inokim Quick 3 (2017 atau 1st Gen), Inokim Quick Hero, dan Inokim Quick Super. Kali ini saya akan membahas produk skuter elektris Inokim Quick 3 (2017) atau produk versi pertama (1st Gen/Gen 1).

SPESIFIKASI

ModelInokim Quick 3
Weight16 kg
Battery10.4 Ah
Voltage36 v
Motor250 watt
Tires10 inch Pneumatic Tyres
Top Speed25 km/h
Gradeability25%
Distance25 km
Charging Time5 hour
Load Limit120 kg
MaterialAluminum 6061 T6 
IPX
ColorBlack, White, Yellow, Ocean Blue, Light Green
Accessories
Warranty
*Spesifikasi Inokim Quick 3 (1st gen 2017)*

DESAIN

Desain skuter elektris Inokim Quick 3 terlihat menarik, elegan, dan futuristik dengan rangka body yang tampak besar dan kokoh. Pilihan warna yang ditawarkan pun beragam mulai warna hitam, putih, kuning, hijau muda, dan biru muda. Variasi pilihan warna ini jarang ditemukan pada produk skuter elektris merk lain yang hanya dominan warna hitam dan putih. Sistem stang lipat yang digunakan mirip seperti skuter elektris kelas menengah.

FITUR

Skuter elektris Inokim Quick 3 telah dilengkapi fitur lampu penerangan depan, lampu belakang sekaligus lampu rem, rem belakang cakram, rem depan drum, kick-stand, bel analog, dan pegangan saat skuter elektris ini dilipat.

Baca Juga  Pengalaman Ban Belakang Skuter Elektris Xiaomi Mijia M365 Bocor Dan Cara Menggantinya

Lampu depan skuter elektris Inokim Quick 3 cukup terang dan dapat menyala secara otomatis ketika pencahayaan lingkungan kurang terang atau gelap. Ban depan dan ban belakang skuter elektris Inokim Quick 3 berukuran 10 x 2.5 inch membuat nyaman berkendara walaupun skuter ini tidak dilengkapi dengan suspensi atau peredam getaran. Hanya saja ban yang digunakan masih menggunakan ban dalam atau belum menggunakan ban tubeless seperti skuter-skuter elektris berharga mahal.

PERFORMA, JARAK, BATERAI

Skuter elektris Inokim Quick 3 dikategorikan sebagai skuter kelas menengah/kelas bawah dimana digunakan sebagai penghubung antar moda transportasi seperti bus umum dan kereta api (MRT). Tidak direkomendasikan sebagai skuter kelas atas sebagai pengganti kendaraan utama. Penggunaan mesin motor 250 watt dengan tenaga puncak 500watt dirasa cukup untuk mendukung aktivitas tersebut.

Pengguna skuter elektris ini disarankan melewati jalur sepeda karena kecepatan maksimal sedikit diatas sepeda yaitu sekitar 25 km/jam dan setara dengan EV (electic vehicle) yang lain seperti sepeda listrik. Kapasitas baterai 10.4 Ah dirasa cukup untuk menempuh total jarak sekitar 25 km. Hanya saja pengisian baterai belum mendukung pengisian cepat (fast charging) dan membutuhkan waktu pengisian daya hingga 5 jam.

KESIMPULAN

Skuter Elektris Inokim Quick 3 merupakan skuter elektris dengan desain yang cukup menarik dan futuristik. Spesifikasi yang ditawarkan lebih cocok sebagai skuter elektris penghubung moda transportasi massal seperti bus, komuter, dan MRT. Bentuknya besar dan kokoh mirip seperti skuter kelas atas. Hanya saja beratnya diatas 15kg agak sulit diangkut keluar masuk transportasi massal karena tidak semua orang mampu membawa beban atau barang diatas 15 kg dalam waktu yang lama. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat