Durian Kuning Menoreh

Durian Kuning Menoreh
Rate this post

Durian merupakan salah satu buah yang cukup digandrungi masyarakat Indonesia. Baunya cukup tajam dan rasanya cukup lezat ini menjadi idaman sebagian orang untuk menikmatinya. Tidak heran bahwa durian yang memiliki nama latin Durio zibenthinus Murr ini juga disebut sebagai raja buah atau King Of Fruit karena ukuran fisik yang besar, bau yang tajam, dan rasa yang cukup dominan.

Durian Kuning merupakan varietas durian lokal khas Menoreh yang banyak ditemukan di Pegunungan Menoreh khususnya daerah Kalibawang Kulon Progo. Saat ini, Durian Kuning dengan Durian Jingga menjadi varietas durian unggulan dari kabupaten Kulon Progo.

Buah Durian Menoreh

Di Indonesia sendiri banyak ditemukan durian varietas lokal yang menarik untuk dicicipi. Kali ini kami mencoba menikmati Durian Kuning yang banyak ditemukan di daerah Pegunungan Menoreh atau kawasan Kulon Progo tepatnya di daerah Kalibawang. Durian Kuning ini populasi pohonnya lebih sedikit daripada durian biasa yang daging buahnya berwarna putih. Sehingga tidak heran bila kita kesulitan mencari jenis durian ini di pedagang durian di daerah perkotaan Yogyakarta dan sekitarnya.

Durian Kuning Menoreh ini kami temukan saat berkeliling daerah Kalibawang Kulon Progo sebagai sentra produksi durian di Daerah Istimewa Yogyakarta. Bila dilihat sekilas bentuk fisik buah durian hampir sama dengan durian biasa yang lain. Namun bila kita teliti akan ada perbedaan pada ciri fisik warga yang cenderung kehijauan daripada kekuningan dan duri yang jarang. Namun tentu saja orang awam akan sulit untuk membedakannya dan diperlukan kejujuran penjual durian untuk mengetahui apakah durian tersebut adalah Durian Kuning Menoreh atau durian biasa.

Durian Kuning Menoreh memiliki ciri khas berupa ukuran buah durian tidak besar atau agak kecil, daging buah tebal, berwarna kuning, sedikit basah, memiliki rasa manis sedikit pahit, legit, biji agak besar, dan daging buahnya mudah dilepaskan dari bijinya.

Daging Buah Durian Kuning Menoreh

Setelah kami membelah buah Durian Kuning, tampak buah durian yang berwarna kuning dengan bau harum yang sangat menggoda. Tanpa menunggu lama kami pun segera mencicipinya. Rasanya cukup manis, gurih, sedikit rasa pahit dengan tekstur yang cukup lembut di mulut. Biji buah durian ukurannya sedang atau sedikit lebih kecil daripada isi durian biasa. Kadang alkoholnya cukup tinggi ketika buah Durian Kuning ini matang secara sempurna.

Rasa Durian Kuning Menoreh yang cukup lezat ini menjadi primadona masyarakat Yogyakarta untuk mencicipinya. Tidak heran bila banyak orang rela-rela mencari Durian Kuning Menoreh langsung ke petani durian di Kalibawang Kulon Progo. Keberadaannya menjadi langka karena masih sedikitnya petani yang membudidayakan durian jenis ini. Bersiap-siaplah kecewa tidak menemui Durian Kuning Menoreh tersebut akan tetapi kita masih dapat menikmati durian biasa yang rasanya tidak kalah enak. Sedikit informasi yang kami dapat bahwa Pemerintah Kulon Progo bekerjasama dengan warga Kalibawang untuk mengembangkan bibit unggul Durian Menoreh (Durian Kuning dan Jingga) untuk menjadi varietas durian unggulan Kulon Progo. Bila anda tertarik untuk mencicipinya, cobalah datang ke kawasan Kalibawang Kulon Progo untuk berburu Durian Kuning Menoreh tersebut. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat