Durian Kromo Banyumas, Potensi Durian Lokal Yang Merambah Nasional

Durian Kromo Banyumas, Potensi Durian Lokal Yang Merambah Nasional
3 (60%) 1 vote

Nama Durian Kromo Banyumas sepertinya sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat sekitar Banyumas ataupun daerah yang berada di dekatnya. Durian ini hanya ditemui di daerah Karangsalam, sebuah desa kecil di wilayah Banyumas bagian selatan. Daya tariknya yang cukup besar membuat Durian Kromo Banyumas menjadi incaran utama penyuka durian saat memasuki musim panen durian.

Durian Kromo Banyumas merupakan durian lokal andalan dan terbaik dari Desa Karangsalam sebagai salah satu desa penghasil durian di kecamatan Kemranjen, kabupaten Banyumas. Keberadaannya telah dibudayakan sejak puluhan tahun yang lalu oleh pelopor durian tersebut dari pohon induk yang berusia ratusan tahun.

Wujud Durian Kromo Banyumas

Kami sempat heran bahwa Durian Kromo Banyumas ini dihasilkan di desa Karangsalam yang kurang terkenal sebagai desa penghasil durian dibandingkan dengan desa Alasmalang yang ada disebelahnya yang terkenal sebagai sentra penghasil durian. Penelusuran mengenai Durian Kromo Banyumas dimulai saat bertandang kerumah petani durian yang ternyata seorang pelopor pengembangan Durian Kromo Banyumas. Sebut saja Pak Bromo, sang pelopor yang akhirnya nama beliau digunakan sebagai nama durian.

Di halaman rumah beliau terdapat beberapa pohon durian yang siap menunggu panen dan ratusan bibit durian yang siap dipasarkan. Bila dilihat secara awam, antara pohon Durian Kromo Banyumas dengan durian jenis lain nyaris tidak ada perbedaan. Namun mata yang terlatih mampu membedakan antara mana pohon Durian Kromo Banyumas dan nama pohon durian jenis yang lain. Namun untuk bentuk buahnya dari luar, pandangan orang awam pun dapat membedakannya. Durian Kromo Banyumas memiliki ukuran buah yang cukup besar, duri berukuran besar dan jarang, serta warna yang coklat kehijauan saat matang.

Saat dibuka, bau Durian Kromo Banyumas tidak terlalu menyengat seperti durian Monthong namun terasa harum ketika terhirup. Tampak daging buah yang tebal, berukuran besar, berwarna kuning orange, kesat tidak berair, dan membuat orang yang melihatnya tidak sabar untuk mencicipinya. Mengenai warna dan kekesatannya hampir mirip dengan Durian Kuning Menoreh namun Durian Kromo Banyumas memiliki banyak keunggulan dan kelebihan.

Daging Durian Kromo Banyumas

Mengenai rasa Durian Kromo Banyumas sudah tidak perlu diragukan lagi. Rasanya sangat enak, gurih, agak manis, dan lumer dimulut. Biji buah yang berukuran kecil memberikan sensasi puas ketika hanya mencicipi satu biji saja. Selain itu, menurut informasi kadar alkohol dalam durian cukup rendah dan dapat dikonsumsi oleh setiap orang tanpa ada pantangan. Pelopor Durian Kromo Banyumas mengklaim bahwa buah yang dihasilkan selalu lezat dan istimewa setiap tahun karena perawatan pohon yang cukup baik dan dari bibit yang berkualitas.

Daya tarik dan pesona Durian Kromo Banyumas membuat durian ini menjadi incaran berbagai lapisan masyarakat di sekitar Banyumas bahkan hingga ke Jawa Barat dan Jakarta. Hingga saat ini Durian Kromo Banyumas belum mampu mencukupi permintaan durian setiap tahunnya. Demi melestarikan pesonanya, Durian Kromo Banyumas hanya disediakan dari wilayah Karangsalam saja dan tidak menerima suplai durian dari daerah lain meskipun dari bibit yang sama. Harga Durian Kromo Banyumas pun paling mahal dibandingkan durian-durian lokal yang lain. Meski mahal tetap saja orang berburu untuk menikmatinya. Bila Anda tertarik mencicipinya silakan datang ke Karangsalam Banyumas saat musim panen durian tiba. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat