Review Dualtron Eagle Pro, Skuter Listrik Secepat Elang Di Angkasa

Dualtron Eagle Pro merupakan salah satu produk e-scooter atau skuter elektris penerus Dualtron Eagle yang diproduksi oleh Minimotors. Skuter ini digolongkan sebagai skuter kelas menengah kebawah (middle low level) diantara skuter-skuter elektris produk Dualtron Minimotors yang lain. Skuter elektris tipe ini diperkenalkan pada bulan November 2019 dan termasuk dalam jajaran seri skuter Dualtron 2020.

Skuter elektris Dualtron Eagle Pro memiliki kesamaan bentuk dengan versi pendahulunya yaitu Dualtron Eagle dan Dualtron 2, namun ada beberapa peningkatan diantaranya penggunaan Ey3 throttle Minimotors, lampu LED warna warni pada sisi tiang skuter, handel yang bisa dilipat, dan max power yang ditingkatkan menjadi 3600 watt setara Dualtron 3 dan Speedway 5.

SPESIFIKASI

BrandDualtron
ModelEagle Pro
LaunchNovember 2019
Weight30 kg
Battery22400 mAh (LG)
Voltage60 v
Motor800 watt (dual front and rear)
Max Power3600 watt
Tires10 inch Pneumatic Tyres (front & rear)
BrakeFront and Rear : mechanical disk brake & ABS
Top Speed75 km/h
Gradeability47%
Distance50-80 km
Charging Time12 hour (standar charger)
6 hour (2 standar charger)
3 hour (quick charger)
Load Limit120 kg
MaterialAerospace-grade Aluminum Alloy
IPX
ColorBlack
Accessories
WarrantyLocal warranty (Garansi Distributor Resmi Indonesia oleh Minimotors.ID)
*Spesifikasi Dualtron Eagle Pro*

BATERAI

Skuter Elektris Duatron Eagle Pro memiliki kapasitas baterai sebesar 22.400 mAh atau 22.4 Ah. Baterai yang digunakan berjenis baterai Li-Ion yang diproduksi oleh LG (Li-Ion LG battery) dengan kapasitas masing-masing cell baterai sekitar 3200 mAh. Baterai Li-Ion LG ini memiliki kualitas dan ketahanan yang baik dimana mampu bertahan lebih dari 700 kali pengisian baterai hingga penuh. Kapasitas baterai 22.4 Ah pada Dualtron Eagle Pro dapat mencapai jarak 50 hingga 80 km dalam satu kali pengisian baterai. Jangkauan jarak sekitar 50 km dicapai bila kita terlalu sering menggunakan mode full speed dan dual motor. Namun bila kita menaikinya secara pelan dan santai atau tidak menggunakan mode full speed atau dual motor, jangkauan jarak bisa lebih jauh yaitu sekitar 80 km. Jarak tempuh ini lebih dari cukup bila kita menggunakannya untuk keliling dalam kota dalam satu hari.

Baca Juga  Review Tas Wildman, Tas Ergonomis Untuk Skuter Elektris

Kekurangannya adalah kapasitas baterai skuter listrik Dualtron Eagle Pro ini tergolong kecil dibandingkan skuter elektris dual motor lainnya dimana rata-rata memiliki kapasitas baterai diatas 28 Ah seperti Dualtron 3 dan Dualtron Thunder. Namun sebagian besar orang tidak mempermasalahkannya karena jarak tempuh yang dibutuhkan tidak terlalu jauh dan ada aksesoris fast charging adapter apabila terburu-buru dalam mengisi daya pada baterai.

PENGEREMAN

Skuter Elektris Duatron Eagle Pro masih menggunakan rem cakram mekanik (mechanical disk brake) dan belum menggunakan rem cakram hidrolis (hydraulic disk brake) seperti skuter elektris Dualtron kelas atas/premium seperti Dualtron Thunder, Dualtron Storm, dan Dualtron X. Rem cakram mekanik pada Dualtron Eagle menggunakan kaliper dari brand Repute atau dikenal dengan nama Repute Brake Caliper. Kinerja rem mekanik kurang memuaskan saat skuter elektris melaju dengan kecepatan tinggi ataupun melewati jalan menurun. Beberapa forum online pengguna Dualtron atau Minimotors menyarankan agar rem bawaan diganti dengan rem hidrolis (misal Magura MT5e) atau rem semihidrolis (misal Zoom Xtech HB100).

SUSPENSI

Skuter Elektris Duatron Eagle Pro menggunakan dua sistem suspensi karet (rubber suspension) yang menjadi ciri khas skuter elektris Dualtron. Pada bagian depan menggunakan sistem suspensi lama seperti pada Dualtron 2 dan bagian belakang menggunakan sistem suspensi baru (replaceable rubber catridges) seperti pada Dualtron Thunder. Sistem suspensi baru memudahkan pengguna untuk melepas dan mengganti sendiri suspensi karet sesuai dengan tingkat kenyamanan masing-masing pengguna. Kekurangannya suspensi depan sulit diganti karena masih menggunakan sistem lama dan harus dilakukan penggantian suspensi karet di bengkel Dualtron atau bengkel custom.

Baca Juga  Upgrade Skuter Elektris Dualtron Eagle Pro Milikmu Agar Tampil Lebih Menarik

DISTRIBUTOR

Skuter Elektris Dualtron Eagle Pro didistribusikan secara resmi di Indonesia oleh PT Minimotors Dualtron Indonesia (MinimotorsID) yang memiliki alamat showroom dan service di Jalan Sutera Barat No. 21, Kawasan Kampus Bina Nusantara, Alam Sutera, Tangerang, Banten. Pembelian produk skuter elektris Dualtron dapat dilakukan secara secara offline langsung di alamat diatas atau membeli secara online melalui marketplace Tokopedia dengan nama toko tokopedia.com/yellowcorners. Distributor ini tidak memiliki akun toko di marketplace lain seperti Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Pengiriman dapat menggunakan jasa kurir pengiriman yang tersedia seperti JNE, JNT, dan SiCepat.

HARGA

Produk skuter elektris Dualtron Eagle Pro ready stock tanpa harus pre order (PO) dengan harga baru sekitar 34juta atau tepatnya Rp 33.500.000,- per unit. Kisaran harga bekas sekitar Rp 28.000.000,- tergantung kondisinya. Harga yang tercantum belum termasuk ongkos kirim bila dikirim ke alamat pembeli.

KESIMPULAN

Dualtron Eagle Pro merupakan salah satu skuter elektris Dualtron yang terlihat ramping namun bermotor ganda (dual motor). Posisinya berada dalam kelas tanggung pada skuter elektris Dualtron menjadikan produk jarang dilirik dibandingkan skuter elektris Dualtron yang lain. Namun untuk segi kualitas dan performa skuter elektris Dualtron Eagle Pro tidak kalah dengan skuter elektris Dualtron yang lain dimana tetap memiliki tenaga yang cukup besar dan harga lebih lebih terjangkau.

Kirim pendapat