Digilib Cafe Yogyakarta, Co-Working Space Di Tengah Kampus Ternama

Digilib Cafe merupakan kedai kopi yang berdiri di tengah-tengah kampus Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Konsep cafe ini adalah perpaduan antara cafe, tempat nongkrong, co-working space, dan perpustakaan. Diharapkan dari ketiganya mampu memunculkan ide-ide baru nan kreatif atau mendiskusikan sebuah ide yang positif.

Digilib Cafe terletak di Gedung Mandiri Fisipol, Jalan Sosio-Yustisia, Fisipol UGM, desa Caturtunggal, kecamatan Depok, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55281

Lokasi Digilib Cafe berada di Lantai 2 Gedung Mandiri Fisipol UGM. Rute menuju cafe ini dari Bundaran UGM lurus ke utara masuk melewati gerbang utama UGM. Dari Grha Sabha Pramana ke arah timur menuju ke Masjid Kampus UGM. Dari Masjid Kampus UGM ke arah utara hingga menemui pertigaan Fakultas Hukum-Fakultas Pertanian. Ikuti jalan ke kiri atau ke barat hingga tiba di kawasan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang disingkat dengan nama Fisipol. Carilah gedung yang terdapat Bank Mandiri kemudian kendaraan dapat diparkir di parkir bawah tanah gedung. Dari area parkir, pegunjung naik menuju Digilib Cafe di lantai 2 dengan mengggunakan anak tangga. Menu kopi yang ditawarkan Digilib Cafe tergolong standar seperti kedai kopi atau cafe kopi kebanyakan. Jenis kopi lokal yang ditawarkan pun macamnya masih sedikit dan namanya sudah umum didengar para pecinta kopi.

Pengunjung Digilib Cafe yang baru datang dipersilakan memesan menu makanan dan minuman dahulu di meja kasir kemudian langsung membayar. Pembayaran pesanan dapat dilakukan  secara tunai atau non tunai dengan menggunakan kartu debit/kredit Bank Mandiri. Cafe ini tidak menerima pembayaran non tunai dengan kartu debit/kredit bank lain karena berada di dalam bangunan Gedung Bank Mandiri. Untuk pembayaran dengan menggunakan e-money atau Mandiri emoney saat ini belum tersedia. Bila pengunjung kekurangan uang tunai bisa mengambil aau tarik tunai atm bersama di mesin ATM Bank Mandiri di lantai 1.

Baca Juga  Kopi Bubuk Flores NTC, Kopi Bubuk Kemasan Dari Manggarai NTT

Pengunjung Digilib Cafe yang telah memesan menu dipersilakan mencari tempat duduk kosong dan menunggu pesanan disajikan. Tempat duduk yang disediakan hampir semuanya merupakan meja kursi kayu. Interior ruangan cafe ini cukup sederhana dengan dinding kaca yang mengelilingi ruangan cafe. Hal yang paling penting di tempat ini adalah ruangan bebas asap rokok atau dilarang merokok. Cafe ini tidak menyediakan ruangan khusus untuk perokok karena mungkin memiliki aturan khusus. Jadi bagi pengunjung yang ingin merokok sambil minum kopi sebaiknya mengurungkan niat ke tempat ini dan memilih tempat lain.

Menu Cappuccino yang saya pesan disajikan dengan cangkir kopi berwarna hitam dimana dibagian alas cangkir terdapat sendok dan gula pasir untuk menambah rasa manis. Cita rasa cappuccino yang saya pesan cukup nikmat dengan perbandingan antara kopi dan susu steam yang pas. Bagi saya pribadi cita rasa Cappucicno hampir sama dengan Cappuccino yang pernah saya cicipi di Blackbone Coffee. Untuk cita rasa makanan yang ada tergolong standar dengan porsi yang cukup banyak. Harga makanan dan minuman yang ditawarkan Digilib Cafe cenderung lebih murah dibandingkan dengan harga makanan dan minuman di cafe-cafe sekitar Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Digilib Cafe
Overall
7.1/10
7.1/10
  • Cappuccino - 7.1/10
    7.1/10
INFORMASI
Digilib Cafe
Gedung Mandiri Fisipol, Jl. Sosio-Yustisia, Fisipol UGM, desa Caturtunggal, kecamatan Depok, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55281

Jam Buka
Senin-Sabtu mulai pukul 08.00 s/d 19.00 WIB
Minggu libur

Kirim pendapat