Keunikan Desa Teletubbies Atau Rumah Domes Di Prambanan Sleman

Rumah Domes atau dikenal dengan nama Desa Teletubbies merupakan perkampungan unik di sisi timur dari kota Yogyakarta. Seluruh bangunan yang berada di kampung tersebut menggunakan desain rumah yag sama berbentuk separuh bola atau dome (kubah). Bentuk rumah tersebut memiliki kemiripan dengan rumah boneka lucu dalam serial anak-anak yang pernah diputar di televisi nasional yaitu Teletubbies.

Desa Wisata Rumah Domes terletak di dusun Nglepen, desa Sumberharjo, kecamatan Prambanan, kabupate Sleman, DI Yogyakarta.

Salah Satu Bangunan Rumah Di Desa Wisata Rumah Domes Sleman

Lokasi Desa Wisata Rumah Domes berada di dekat jalan utama penghubung Prambanan Sleman dengan Piyungan Bantul. Ada dua cara menuju ke tempat ini dari pusat kota Yogyakarta, pertama melalui Jalan Solo dan kedua melewati Jalan Wonosari. Rute pertama melalui Jalan Solo mengarah ke Candi Prambanan. Saat tiab di pertigaan Prambanan ambil jalan ke arah kanan menuju ke Piyungan. Beberapa kilometer berselang, ikuti papan petunjuk arah menuju Desa Wisata Rumah Domes ke arah kiri higga tiba di lokasi. Sedangkan rute kedua melewati Jalan Wonosari yag menghubungkan antara kota Yogyakarta dengan kota Wonosari Gunungkidul. Saat tiba di pertigaan sebelum tanjakan Piyungan-Patuk belok ke kiri menuju ke Prambanan. Beberapa kilometer berselang, ikuti papan petunjuk arah menuju Desa Wisata Rumah Domes ke arah kanan higga tiba di lokasi. Jarak dan waktu tempuh antara keduanya tidak jauh berbeda dan akses jalan yang dilalui sudah cukup lebar dan baik.

Baca Juga  Lokasi Prewedding Gratis Tanpa Bayar Sewa Tempat Di Yogyakarta

Desa Wisata Rumah Domes Dari Bukit Teletubies Domes View Sleman

Rumah Domes pada awalnya dibangun sebagai tempat tinggal pengganti dan sementara bagi korban bencana gempa yang melanda Yogyakarta dan sekitarnya pada tahun 2006. Gempa besar tersebut menghancurkan satu desa dan sudah tidak dapat dibangun lagi karena kondisi tanahnya amblas. Arsitektur rumah berbentuk kubah ini dirancang tahan terhadap gempa dan tahan terhadap api bila terjadi kebakaran. Dana pembangunan rumah ini berasal dari luar negeri dan rumah ini diberikan secara cuma-cuma kepara warga satu desa yang kehilangan tempat tinggalnya.

Pengunjung Desa Wisata Rumah Domes dapat berkeliling kawasan pemukiman untuk melihat keunikan banguan rumah setengah bola tersebut. Saat ini telah disediakan beberapa rumah dome sebagai tempat menginap pengunjung yang ingin merasakan uniknya tinggal dan bermalam di rumah teletubbies tersebut. Fasilitas lain di sekitar kawasan ini adalah warung makan, area parkir, kamar mandi umum, dan sebagainya. Secara keseluruhan Desa Wisata Rumah Domes dapat dijadikan sebagai wisata alternatif yang unik dan jarang ditemukan di tempat lain. (text/foto: annosmile)

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Iqbal Kautsar:

    Mas Anno, kalo motret dari atas tuh dari mana?
    Kereeeen..

Kirim pendapat