DAM Pengendali Sambirejo Sleman

DAM Pengendali Sambirejo Sleman
Rate this post

DAM Pengendali Sambirejo merupakan bendungan yang berada di kawasan perbukitan Sambirejo Prambanan. Keberadaannya jarang diketahui karena tidak ada petunjuk arah ke tempat ini dan akses jalan menuju ke tempat ini mengalami kerusakan. Masyarakat setempat memanfaatkan bendungan untuk memandikan ternak dan mencuci pakaian

DAM Pengendali Sambirejo terletak di dusun Dawangsari, desa Sambirejo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Lokasi DAM Pengendali Sambirejo berada di tepi jalan penghubung antar Candi Barong dengan Candi Ijo. Rute menuju bendungan ini dari pusat kota Yogyakarta ke timur menuju arah Candi Prambanan melewati jalan Jogja-Solo. Pada gapura perbatasan antara Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Jawa Tengah ada jalan kecil ke kanan dan belok ke jalan tersebut. Namun pengunjung tidak dapat langsung berbelok karena harus memutar balik pada persimpangan dekat pintu masuk Taman Wisata Candi Prambanan. Ikuti jalan kecil tersebut yang mengarah ke Abhayagiri Sumberwatu Heritage Resort dan Candi Barong yang berada di atas perbukitan. Selama perjalanan akan melewati area pemukiman penduduk dan perlahan-lahan kondisi jalan mulai menanjak. Sesampai di area Abhayagiri Sumberwatu Heritage Resort ikuti jalan terus menuju Candi Barong. Saat tiba di Candi Barong lanjutkan perjalanan menuju ke Candi Ijo mengikuti petunjuk arah dan posisi dam ini sekitar 500 meter dari Candi Barong.

DAM Pengendali Sambirejo dibangun pada tahun 1985 pada masa Orde Baru dengan kapasitas tampungan air mencapai 20.000 meter kubik. Bendungan ini dibangun 2 (dua) pintu terletak pada sisi utara dan sisi selatan dimana ukuran pintu air sisi utara lebih besar daripada sisi selatan. Fungsi DAM atau bendungan ini untuk pengendali arus air saat hujan dari atas bukit, mengurangi resiko erosi tanah, dan sebagai cadangan air pada musim kemarau. Kondisi DAM atau bendungan ini tampak kurang terawat dan mengalami kerusakan walaupun masih berfungsi normal. Ada wacana pengembangan kawasan DAM ini menjadi wisata embung seperti bendungan-bendungan lain di sekitar Sleman namun kurang diketahui kapan realisasinya. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
DAM Pengendali Sambirejo
Dusun Dawangsari, desa Sambirejo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta

Kirim pendapat