Curug Watuploso Di Perbukitan Borobudur Magelang

Curug Watuploso Di Perbukitan Borobudur Magelang
2.9 (57.78%) 9 votes

Curug Watuploso merupakan daya tarik wisata air terjun di kawasan perbukitan yang berdekatan dengan Candi Borobudur Magelang. Keberadaannya belum lama dikembangkan sebagai daya tarik wisata berbasis pedesaan oleh masyarakat dan pemuda setempat. Sasaran pengunjungnya adalah wisatawan keluarga karena akses danjarak menuju lokasi air terjun atau curug cukup dekat.

Curug Watuploso terletak di dusun Miriombo Kulon, desa Giripurno, kecamatan Borobudur, kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Pintu Masuk Curug Watuploso Magelang

Lokasi Curug Watuploso berada di perbukitan Menoreh sebelah barat Candi Borobudur tepatnya di sebelah bawah Punthuk Mongkrong dan Punthuk Sukmojoyo. Rute menuju air terjun atau curug ini ada 2 (dua) jalur pertama melewati jalan yang dilalui saat menuju Punthuk Sukmojoyo dan Punthuk Mongkrong serta jalur kedua melewati jalan yang melalui gang masuk Bukit Punthuk Setumbu. Kondisi jalan yang dilewati cukup sempit, menanjak tajam, dan dibeberapa titik mengalami kerusakan. Akses menuju ke lokasi sudah dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan beroda empat meskipun masih disarankan menggunakan kendaraan beroda dua atau sepeda motor. Letak air terjun cukup dekat dengan area parkir dan hanya membutuhkan waktu sekitar 5 (lima) menit berjalan kaki.

Perahu Naga Di Curug Watuploso Magelang

Curug Watuploso Magelang memiliki tiga tingkatan air terjun dengan air terjun pertama atau grojogan 1 sebagai daya tarik utama. Air terjun pertama ini memiliki ketinggian sekitar 10-12 meter. Aliran air terjun ini merupakan gabungan dari aliran mata air dan sungai kecil yang mengalir dari perbukitan tersebut. Kondisi aliran air masih sangat bersih dan belum tercemar sehingga aman dimanfaatkan hingga kebutuhan air minum masyarakat setempat. Debit air terjun ini mengalir sepanjang tahun meskipun pada musim kemarau debit airnya menyusut. Bebatuan dan tebing batu membentuk aliran Curug Watuploso dari grojogan 1 hingga grojogan 3. Pengunjung diharapkan berhati-hati ketika melewati area bebatuan karena kondisinya cukup licin karena adanya lumut yang tumbuh di permukaan batu.

Grojogan Pertama Curug Watuploso Magelang

Fasilitas pendukung wisata yang telah dibangun di sekitar air terjun pertama Curug Watuploso cukup atraktif seperti gasebo, bangunan berbentuk kapal, tempat duduk berbentuk tangan, bangunan keris yang tertancap ke tanah, hingga tulisan raksasa bertuliskan nama curug. Pengelola berharap dengan dibangunnya bangunan unik tersebut dapat menarik kunjungi wisatawan terutama anak muda dan menjadi lokasi berfoto favorit. Selain itu keberadaan gasebo yang dibangun di sekitar air terjun bebas digunakan untuk duduk-duduk hingga tiduran oleh pengunjung tanpa dikenakan biaya tambahan.

Bagi pengunjung yang belum puas dengan air terjun utama Curug Watuploso dapat menjelajah menuju ke grojogan 2 dan grojogan 3. Namun tentu bagi yang memiliki nyali karena kondisi tangga turun masih terjal dan diberi pengaman tali. Fasilitas pendukung wisata di grojogan 2 dan grojogan 3 sama sekali belum dibangun dan kondisi sekitar air terjun masih sangat alami. Hanya saja bagi saya pirbadi keindahannya masih kalah menarik dibandingkan dengan grojogan 1 atau air terjun utama. Bila penasaran dengan grojogan 2 dan grojogan 3 namun malas untuk menjelajahinya bisa melihat foto-foto air terjun tersebut di sekretariat pengelola wisata disamping area parkir.

Tulisan Curug Watuploso Magelang

Secara keseluruhan Curug Watuploso dapat menjadi daya tarik wisata alternatif di kawasan perbukitan di sebelah barat Candi Borobudur. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan curug atau air terjun ini saat pertengahan musim penghujan karena debit airnya cukup tinggi dan deras. Masalah utama sulitnya akses menuju lokasi semoga segera mendapat tanggapan dari pemerintah daerah setempat untuk memperbaiki akses jalan. (text/foto: annosmile)

RUTE

Rute Motor

Candi Borobudur – Desa Giritengah – Jl Sukmojoyo-Mongkrong – Curug Watuploso

Rute Mobil

Candi Borobudur – Desa Ngadiharjo – naik ke Desa Giripurno – Dusun Miriombo kulon – Curug Watuploso

INFORMASI
Curug Watuploso
Dusun Miriombo Kulon, Desa Giripurno, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Retribusi
Tiket Masuk: Rp 3.000,-/orang
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-

Kirim pendapat