Curug Tertinggi di Kawasan Curug Taman Wisata

Curug Tertinggi di Kawasan Curug Taman Wisata
Rate this post

Sudah lebih dari satu tahun kami tidak mengunjungi Curug Indah Tegalrejo yang berada di kabupaten Gunungkidul ternyata sudah banyak perubahan. Curug ini telah berganti nama menjadi Curug Taman Wisata. Sepertinya beberapa bulan waktu yang lalu sudah diresmikan setelah beberapa pembangunan fasilitas pendukung seperti kamar mandi umum, area parkir, warung-warung pedagang di beberapa lokasi selesai dibangun.

Curug Taman Wisata yang dahulu bernama Curug Indah Tegalrejo dan Curug Bayat terletak di desa Tegalrejo, kecamatan Gedangsari, kabupaten Gunungkidul.

Pemandangan Curug Taman Wisata (Curug Indah Tegalrejo)

Jalan menuju ke Curug Taman Wisata sudah cukup baik, hanya beberapa ratus meter jalan menanjak yang masih rusak dan belum diperbaiki. Area parkir sekarang dibangun baru di area wisata yang berdekatan dengan sebuah bangunan permanen yang terdapat fasilitas warung dan kamar mandi umum. Setelah membayar retribusi dan parkir kepada petugas jaga, kami langsung bergegas menuju ke area air terjun.

Tujuan utama kami kembali ke Curug Taman Wisata ini adalah menelusuri curug tertinggi di kawasan Curug Taman Wisata yang berbentuk air terjun yang bertingkat-tingkat dan beberapa berjauhan. Saat pertama kali berkunjung ke Curug Taman Wisata yang dahulunya bernama Curug Indah Tergalrejo, kami hanya sempat menelusuri curug-curug kecil yang ada dan belum sempat menemukan area curug tertinggi tersebut.

Dari area curug pendek yang pernah kami temui, kami harus berjalan menyusuri aliran sungai selama 15 menit untuk mencapai curug tertinggi. kami berjalan melewati batuan dan sesekali menyeberang batu untuk berpindah tempat ke seberang sungai mengikuti bekas-bekas jalan yang sering dilewati.

Dari kejauhan curug tertinggi di Curug Taman Wisata belum terlihat karena tertutup oleh tebing dan posisi aliran sungai yang berbelok. Akhirnya kami tiba di area curug tertinggi setelah melewati sebuah celah tebing batu dan turun ke bawah curug tertinggi tersebut.

Curug tertinggi yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter ini memiliki pemandangan yang cukup indah. Jatuhan air bercabang hampir memenuhi seluruh tebing yang menjadi aliran air terjun. Cekungan di bagian bawah air terjun cukup dalam dan dapat digunakan untuk berenang meskipun harus berhati-hati.

Pada musim kemarau, air yang mengalir melalui Curug Taman Wisata ini tidak kering namun hanya berkurang debit airnya. Perjalanan dilanjutkan kembali menelusuri aliran sungai di bawahnya dan mendapati beberapa curug kecil yang pernah kami kunjungi pada kunjungan sebelumnya. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat