Curug Tarung, Pesona Air Terjun Kembar Lereng Gunung Wuluh

Curug Tarung merupakan salah satu curug atau air terjun yang terdapat di dalam kawasan hutan Desa Adat Gunung Wuluh. Air terjun ini menjadi daya tarik utama wisata Gunung Wuluh selain tradisinya. Kondisi air terjun ini tergolong alami meskipun telah dilakukan penataan area air terjun untuk menambah daya tarik wisata. Debit airnya stabil sepanjang tahun dari berasal dari sumber mata air yang tidak pernah mengering.

Curug Tarung beralamat di dusun Gunung Wuluh, desa Kentengsari, kecamatan Candiroto, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Lokasi Curug Tarung berada di dalam kawasan Wisata Gunung Wuluh atau wilayah hutan Desa Adat Gunung Wuluh yang masuk dalam pengelolaan hutan Perhutani wilayah kerja PKH Kedu Utara. Rute menuju Curug Tarung dari Ngadirojo Temanggung masih terus ke arah utara beberapa kilomeeter kemudian belok ke kiri menuju ke arah desa Kentengsari. Kemudian carilah papan petunjuk menuju dusun Gunung Wuluh. Kondisi jalan yang dilalui dari desa Kentengsari menuju dusun Gunung Wuluh hanya selebar 2 (dua) meter dengan kondisi jalan berbatu yang disusun rapi dan belum diaspal. Pengunjung yang membawa kendaraan roda empat harus bersiap mengalah apabila berpapasan dengan pengendara roda empat yang lain. Kendaraan pengunjung dapat diparkir di lapangan samping pemukiman atau area parkir motor dekat pos reetribusi masuk ujung dusun.

Perjalanan dari pos retribusi masuk menuju lokasi Curug Tarung melewati jalan setapak tanah yang membelah area hutan dan berada di tepi aliran sungai. Jarak tempuh perjalanan menuju lokasi air terjun sejauh 500 meter dengan perkiraan waktu 15 menit. Pertama kali menyusuri jalan setapak, pengunjung akan disambut beberapa pohon bambu sebagai gerbang masuk kawasan hutan. Selanjutnya tanaman kopi yang ditanam di tepi kiri kanan jalan mewarnai setiap perjalanan pengunjung. Beberapa varietas kopi seperti kopi arabica dan kopi robusta ditanam oleh warga setempat atas seijin Perhutani. Ketinggian kawasan hutan Desa Adat Gunung Wuluh sudah memenuhi syarat untuk menanam tanaman kopi.

Baca Juga  Curug 7 Bidadari, Keindahan Air Terjun Di Lereng Gunung Ungaran

Pada tengah-tengah perjalanan, pengunjung akan menemui sebuah gasebo atau gubug untuk beristirahat apabila mengalami kelelahan. Selanjutnya sepanjang perjalanan di kiri kanan jalan mulai banyak ditemukan vegetasi khas Gunung Wuluh yaitu pohon pinus dan pohon mahoni serta beberapa macam tanaman paku. Keberadaan beberapa jembatan bambu yang dibangun pengelola membuat perjalanan semakin mengasyikan dan tidak membosankan karena pengunjung bisa berfoto diatas jembatan tersebut. Tidak lama berselang akhirnya perjalanan tiba di area Curug Tarung.

Curug Tarung merupakan air terjun kembar dengan ketinggian sekitar 20 meter. Air terjun pada sisi kiri langsung berasal dari sumber mata air yang berada di atas bukit sedangkan air terjun sisi kanan berasal dari aliran air Curug Sijenggot yang ada disebelah atasnya. Pada bagian bawah air terjun isis kanan dibentuk sebuah kolam dengan membendung aliran air dengan tumpukan batu. Tujuannya agar bisa digunakan untuk mandi pengunjung yang datang ke air terjun ini. Tanaman ilalang yang menutupi aliran air terjun dibersihkan agar pemandangan air terjun tidak terhalang apapun. Namun kesan alami masih dapat di dapat karena tidak ada pembangunan apapun di sekitar area air terjun.

Fasilitas yang dibangun di sekitar Curug Tanding adalah jalan setapak, jembatan bambu, gasebo untuk beristirahat, dan kamar mandi umum. Kedepannya area samping air terjun sisi kanan akan ditata sebagai altar atau panggung terbuka untuk pementasan budaya kesenian Tari Lengger khas masyarakat desa setempat.

Baca Juga  18 Air Terjun Yang Menarik Dikunjungi Di Gunungkidul Yogyakarta

Daya wisata tarik lain di kawasan Desa Adat Gunung Wuluh antara lain Curug Sijenggot, Spot Sunrise, Tradisi Rebug Adat Dusun Gunung Wuluh, dan Kesenian Tari Lengger. Secara keseluruhan Curug Tarung menjadi salah satu daya tarik utama wisata di kawasan Desa Adat Gunung Wuluh Temanggung. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Curug Tarung
Dusun Gunung Wuluh, desa Kentengsari, kecamatan Candiroto, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

Kirim pendapat