Curug Sinom Indah Banjarnegara, Dulu Dikenal Dengan Nama Kasinoman

Curug Sinom Indah merupakan salah satu wisata air terjun yang terletak di kecamatan Kalibening, kabupaten Banjarnegara. Keberadaannya cukup mudah diketahui karena berada di tepi jalan raya penghubung kota kecamatan Wanayasa dengan kota kecamatan Kalibening. Air terjun ini masih cukup alami karena belum mengalami pembangunan kawasan wisata.

Curug Kasinoman atau saat ini dikenal dengan nama Curug Sinom Indah terletak di tepi Jalan Wanayasa-Kalibening, desa Kasinoman, kecamatan Kalibening, kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Pemandangan Curug Kasinoman Banjarnegara

Lokasi Curug Sinom Indah berada di tepi Jalan penghubung antara Kalibening dengan wanayasa. Perjalanan menuju air terjun ini melewati Perkebunan teh Kalibening dan beberapa area persawahan. Bila diamati dengan cermat, Curug Kasinoman terlihat jelas dari tepi jalan meskipun perjalanan masih jauh. Kami membelokkan kendaraan kami melewati jalan yang masih berupa tanah berwarna merah untuk menuju ke curug tersebut. Medan jalan tanah kami lalui sejauh 400 meter hingga ujung dan kami memarkir sepeda motor di kebun warga.

Kami berjalan menyusuri sungai kecil mirip sebuah parit, melewati sebuah hutan dan lembah. Akhirnya kami dapat melihat air terjun tersebut dari kejauhan. Akses menuju lokasi air terjun masih sulit, belum dibuat jalan untuk menuju ke pusat air terjun sehingga kami harus berjalan diantara semak-semak belukar. Selain itu kondisi tanah yang lunak membuat kami sedikit kesulitan untuk melangkah.

Menurut orang-orang sekitar, air terjun tersebut dinamakan Curug Kasinoman. Ketinggian air terjun sekitar 15 meter dengan bentuk air terjun bertingkat.

Annosmile Di Curug Kasinoman Banjarnegara

Saya menemui petugas jaga Curug Kasinoman yang hanya bertugas di hari libur saja. Menurut dia, Curug Kasinoman mulai dibersihkan dari ilalang agar pemandangan air terjun dapat terlihat sempurna dan lebih bersih. Rencananya beberapa bulan lagi tempat ini akan diresmikan sebagai obyek wisata sambil menunggu beberapa fasilitas pendukung selesai dibangun. Di beberapa ujung jalan terdapat pengerjaan pembuatan jalan yang belum selesai.

Baca Juga  Prosesi Jamasan Rambut Gimbal Dieng Di Situs Dharmasala

Di sekitar Curug Kasinoman terdapat lembah yang biasa digunakan orang-orang tersebut untuk mencari rumput untuk pakan ternak. Belum terjadi explotasi mengenai tempat ini sehingga lokasinya masih alami dan bersih. Bila cuaca sedang buruk atau akan hujan sebaiknya meninggalkan tempat ini karena cukup berbahaya bila tiba-tiba muncul air bah. (text/foto: annosmile)

Ada 58 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Andy MSE:

    aku seneng curug sing bertingkat2 ngono kuwi…
    elok tenan!…

  2. mawi wijna:

    sepertinya asyik buat lokasi motret slow shutter. :D
    Eh No, dirimu itu jalan2 sehari kok bisa dapet banyak lokasi? Opo kowe nganggo nginep barang?

  3. and1k:

    weits seru banget tuh

  4. Ongki:

    wah, sampeyan jalan2 terus…

  5. sauskecap:

    Wah keren, mirip daerah pangalengan di Bandung, tapi disana ga ada air terjunnya

  6. syafwan:

    Wah enak mas, Lewat kebun teh. Kalau haus tinggal sedia air panas…. Indah sekali

  7. Sugeng:

    Salam kenal serta jabat erat selalu dari Tanah Lot
    Kuereeennnnnnn waterfall nya. berkelok-keleo dan airnya bening jadi inget waterfall di Bali tapi belum banyak terekspos masyarakat ;)

  8. arsumba:

    wah… keren mas.. membaca tulisannya ja dah bisa bayangin betapa segarnya disana..

  9. hersu:

    wah ada kalianget yah…kalo di jogja ada kaliadem,di bawah gunung merapi..

  10. gadis jeruk:

    itu mah kek bukan curug…
    kurang terjall…
    bagus yg di film UP itu lhoo..
    tinggiiiiiiiiiiiiiiiiii bangetttt… hrhrhrh

  11. antyo rentjoko:

    Menarik ini! Dan akan lebih bagus kalau tempatnya tetap natural… :) Biasanya kalau mulai dikenal luas malah berubah banyak, dimulai dari warung-warung yang bikin tampilan sembarangan. Apalagi kalau ditambah kuda-kudaan, patung dinosaurus dan lainnya :))

  12. Puspita:

    Wow indah sekali. Masih alami. Mencari yang alami sekarang ini sulit sekali. Di Sarangan juga ada air terjun sayang sekali sudah dibangun plengsengan di kanan kiri air terjun. Saya sekarang jarang sekali ke sana.

    Terima kasih sudah mengajak jalan-jalan.

  13. Sarimin:

    wau… adem banget… :)

  14. Pencerah:

    sayang durung tau mrono, padahal sering dolan nang Kalibening

  15. yangputri:

    asyik serasa jalan-jalan aku disini…..

  16. aLe:

    Curug kalau di Malang disebut Coban,
    Pernah ke salah satu Coban yg ada di Malang?

  17. khairuddin syach:

    airnya langsung bisa diminum keknya, No??
    Suegerr tenan..

  18. Bhirawa:

    Selama ini saya belum pernah menikmati air terjun lho mas.Entah mengapa saya kok belum mendapat kesempatan berkunjung ke air terjun yg tersevar di tanah air ya. Mudah2an lain kali bisa jalan2 ke alam yang asri.
    terima kasih artikel tour yang menarik.
    Salam hangat dari Surabaya

  19. Mamah Aline:

    susananya sangat alami, ada kebun teh kalibening dan juga ternyata curug kasinoman viewnya terlihat indah

  20. iLLa:

    wihh…asik beut yak kalo ada tempat wisata masih alami gituh, belom terjamah.. eh bdw.. Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara,,, ini di propinsi mana?? maklum, geografi sayah pas2an :D

  21. suryaden:

    obyek wisata…

    haduh .. virus baru itu…

  22. katakataku:

    ada tempat untuk camp ga disana ?

  23. Agus Siswoyo:

    Akomodasinya sudah bagus nggak mas?

  24. Budy Santoso:

    Wah banyak objek wisata yg asing nih buat saya jadi tambah masukan buat saya kebetulan banget saya suka dengan wisata alam daripada wisata belanaja hehehe….

    Salam sukses n ay lap yu pulll

  25. rumah blogger:

    kapan saya kesana yaa?? pingin juga nich

  26. Rafi:

    Wooooow…..Tempat ini mengingatkan Saya Jaman SMA diBanjarnegara. th.91-92. Dulu tempat ini Lumayan nyaman utk Bolos sekolah n Pacaran…:)…wkakwkk…hmmm….Nice Place

  27. yani:

    pasti dingin udaranya dan sejuk enak sekali…………..

  28. rudis:

    bagus sekali air terjunnya, pemandangannya masih asri……..

  29. Pradna:

    bening tenaaan…banyu curug-e

  30. Setiawan DirgantaRa:

    Panoramanya indah banget…

  31. dasir:

    Jd pengen kesana, salam

  32. dameydra:

    betul,…betul,…betul,…. elok nian curug itu,…. 

  33. fanny:

    tempatnya adem banget tuh.

  34. zujoe:

    keren bgt mas.. pengen bgt ngerasain kebun teh daridulu ga bisa-bisa hehe… thanks dah dateng ke Blogging Portal yaa hehe…

  35. mobii:

    Indonesia has a lot of wonderful place.. I luv to go there…

  36. C:

    kondisi jalanannya gimana? apakah bisa dicapai dengan mobil ataukah harus jalan kaki, atau cuma bisa naik motor aja?

    • annosmile:

      jalan kaki karena harus melewati hutan
      belum dibikin jalannya :(

  37. Wongbagoes:

    Layak dikunjungi ni…

  38. zee:

    Bbrrrrr…. bisa dibayangkan itu curugnya pasti dingin mo mampus…

  39. Amink:

    kereeennn….kalau dari depok berapa kilo yak???

    salam kenal…

    :)

  40. abeecdick:

    wah kayaknya indah tempatnya :)
    salam kenal :)

  41. Bung Eko:

    Wah, wis tekan Banjar. Aq bola-bali mung liwat tok, ora ngerti daerah wisatane sing endi wae. mau dong kapan2 diajak touring. :D

  42. Blogger Terpanas:

    jadi pingin main ke situ hehe…..

  43. soewoeng:

    baru dneger bos namanya

  44. wi3nd:

    baru liat neeh curu9 berkelok kelok kaya 9inih ^^

  45. yuliaslovic:

    wah sayangnya diderahq gk ada nie….. hhuhuhu…

  46. Didien®:

    wahh..keknya asik bgt deh buat refreshing..hmmmm maknyussss..

  47. antokoe:

    selalu menyenangkan dan menggugah untuk menghargai alam ini…

  48. xitalho:

    apik poll…. opo maneh ono perkebunan teh….

  49. Dian:

    kebetulan Q org xbng, tp dh lm g ksn. jd kgn, d ibu kota g da yg sesejuk curug tu….

  50. Dian:

    sejuk indah n cocok bt ilangin stresss…..hu…hu…jd kgn. sweet memory in kasiniman. d ibukota g da yg seperti itu. jd kgn…

  51. sunflo:

    wah… aq blom pernah ngelirik banjarnegara, tnyata keren juga yaaa…. mantaaabzz… b^^

  52. Danta:

    Wah.. tempat yang nyaman mas.. ckckck jadi pingin ke sana..

  53. sugeng:

    wah apih tenan kapan kapan kepingin dolan

  54. WISNU SAPTO NUGROHO:

    aq yow pengin camp nang kono je,,,,

  55. Jak:

    Berapa jam ditempuh kendaraan bermotor dr kalibening? Debit airnya besar tidak? Apakah sudah ada loket dan ada penginapan di daerah sekitarnya? Saya kpingin liat, kira2 suhu udara siang dan malam harinya berapa?

    • admin:

      belum ada fasilitas apa-apa mas
      masih curug perawan yang masih alami
      jarak tempuh cuma 15 menit
      menuju lokasi lewat jalan tanah
      suhunya seperti di kalibening :-)

  56. Lasmi:

    Kebetulan saya orang Kalibening asli .MATURNUWON sudah di publikasikan tempat wisata curug sinom indahnya. Masih ada lagi satu tempat wisata pemandian air panas kalianget. Tempatnya kurang lebih 10 menit dari curug Sinom Indah kalau naik motor. Udara di Kalibening sejuk. Persawahan, pegunungan sampai perkebunan teh lengkap. Bisa untuk cuci mata, ngilangin stress. #MATURNUWON.

Kirim pendapat