Curug Siklothok Purworejo, Jelajah Alam Menyusuri Aliran Sungai

Curug Siklothok merupakan salah satu wisata air terjun yang berada di kawasan perbukitan Menoreh Purworejo. Keberadaan curug atau air terjun ini cukup dikenal karena menjadi salah satu wisata unggulan di kabupaten Purworejo. Daya tarik utama yang ditawarkan kawasan wisata ini adalah panorama air terjun dan aliran sungai di tengah hutan dengan kondisi cukup alami. Saat ini Curug Siklothok dikembangkan sebagai wisata jelajah alam dan lokasi outbound oleh Desa Wisata Kaligono yang dibentuk oleh warga sekitar.

Curug Siklothok terletak di dusun Jeketro, desa Kaligono, kecamatan Kaligesing, kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Asal usul nama Siklothok berasal dari blok hutan yang ada pada air terjun tersebut yaitu Blok Hutan Siklothok.

Pintu Masuk Curug Siklothok Purworejo

Lokasi Curug Siklothok berada di dalam aliran Sungai Siklothok yang berdekatan dengan sentra peternakan kambing ettawa. Aliran sungai tersebut berasal dari sumber mata air yang berada di puncak Perbukitan Menoreh Purworejo. Rute menuju air terjun ini dari pusat kota Purworejo ke arah timur menuju ke kecamatan Kaligesing. Sebelum memasuki kawasan Goa Seplawan ada sebuah pertigaan kecil dan ambil jalan ke arah kanan. Papan petunjuk arah menuju lokasi sudah cukup jelas dan terpasang pada setiap persimpangan jalan.

Perjalanan menuju Curug Siklothok Purworejo dilanjutkan dengan menyusuri jalan setapak yang dibangun di tepi aliran sungai. Jarak perjalanan yang harus ditempuh sekitar 750 meter untuk tiba di kawasan air terjun tersebut. Akses jalan setapak sudah dibangun hingga kawasan air terjun dan pengunjung tidak perlu kesulitan menyusuri bebatuan sungai. Selama perjalanan menyusuri jalan setapak, pengunjung akan melewati beberapa kandang kambing ettawa milik warga, sebuah kandang kidang atau rusa liar yang ditemukan di daerah tersebut, dan kawasan hutan perbukitan yang sejuk.

Baca Juga  Sejenak di Umbul Ponggok

Pemandangan Curug Siklothok Purworejo

Curug Siklothok merupakan air terjun tertinggi pertama disepanjang aliran sungai yang ada di tepi jalan setapak. Air terjun ini bertipe air terjun tunggal yang alirannya langsung jatuh ke dasar tebing. Pada bagian dasar air terjun terdapat kolam alami atau kedung yang memiliki kedalaman sekitar 3 (tiga) meter. Kolam tersebut dilarang digunakan untuk berenang karena terdapat pusaran air ke dasar dan sangat berbahaya. Pengunjung boleh bermain air selain kawasan kedung atau kolam bawah air terjun tersebut.

Debit air Curug Siklothok mengalir deras ketika memasuki musim penghujan. Namun aliran air terjun ini masih terlihat deras ketika memasuki musim kemarau. Sepertinya air terjun ini tidak terpengaruh musim seperti air terjun lain yang banyak ditemukan di Perbukitan Menoreh. Hal ini menjadi nilai tambah bahwa air terjun ini bukan air terjun musiman dan dapat dikunjungi sewaktu-waktu. Fasilitas pendukung wisata yang ada di dalam kawasan Curug Siklothok antara lain area parkir motor, kamar mandi umum, gasebo peristirahatan, serta warung-warung penjual makanan dan minuman. Selain itu di sekitar air terjun ini juga dibangun wahana permainan flyingfox yang cukup menarik untuk dicoba.

Annosmile Di Curug Siklothok Purworejo

Pengunjung Curug Siklothok masih sedikit dan terlihat sepi pada liburan akhir pekan. Kurangnya promosi dan sulitnya akses jalan menjadi kendala utama pengembangan kawasan wisata air terjun ini. Padahal pemerintah daerah setempat sudah memasukkkan air terjun ini sebagai salah satu wisata unggulan di daerahnya. Arus pengunjung mencapai puncaknya ketika musim panen buah khususnya buah durian. Desa letak curug atau air terjun tersebut merupakan salah satu desa penghasil durian di Purworejo. Jadi pengunjung yang datang ke tempat ini mendapatkan dua daya tarik yaitu keindahan alam air terjun dan kuliner durian khas Purworejo.

Baca Juga  Bicara Mengenai Bibit Durian Di Alasmalang Banyumas

Selain Curug Siklothok, masih ada dua air terjun lain yang berada dalam satu aliran sungai. Salah satu air terjun tersebut bernama Air Terjun Silangit dan konon merupakan air terjun tertinggi yang brada di dalam kawasan wisata tersebut. Namun untuk menuju ke air terjun tersebut, pengunjung harus berjalan menyusuri bebatuan sungai karena akses jalan baru dibangun hingga bagian atas tebing Curug Siklothok. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Curug Siklothok
Dusun Jeketro, desa Kaligono, kecamatan Kaligesing, kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

Retribusi
Tiket Masuk: Rp 3.000,-
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. bersapedahan:

    air terjun-nya seperti turunan ya ..
    unik .. bisa berenang2 cantik juga disana :)

Kirim pendapat