Curug Sigembor Kulon Progo, Pesona Air Terjun Tepi Jalan

Curug Sigembor merupakan kawasan air terjun di perbukitan Menoreh Kulon Progo yang letaknya berada di tepi jalan. Air terjun ini cukup tinggi dan tersembunyi dibalik rerimbunan pohon yang ada disekitarnya. Bunyi gemericik air terdengar dengan jelas karena aliran air melewati parit yang ada di tepi jalan. Saat ini kawasan Curug Sigembor dikembangkan menjadi wisata alternatif oleh warga sekitar.

Curug Sigembor beralamat di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Parkir Curug Sigembor

Lokasi Curug Sigembor berada di tepi jalan raya penghubung antara Goa Kiskendo dengan Waduk Sermo. Lebih tepatnya posisi Curug Sigembor berada sebelum pertigaan menuju Taman Sungai Mudal atau setelah Goa Kiskendo. Namun kecilnya papan nama lokasi dan tertutupnya air terjun oleh rerimbunan pohon membuat banyak orang melewatkan untuk mengunjungi Curug Sigembor  ini.

Bila diperhatikan, Curug Sigembor ini berbeda dengan air terjun lain disekitar kecamatan Girimulyo karena berada di tepi jalan. Kendaraan pengunjung dipersilakan di parkir di tepi jalan. Area parkir yang disediakan hanya cukup untuk beberapa kendaraan roda dua saja dan sebuah kendaraan roda empat. Meski tanpa penjagaan, kawasan sekitar Curug Sigembor cukup aman dari tindak kejahatan. Diharapkan pengunjung tetap mengunci kendaraan sebelum menuju ke Curug Sigembor.

Medan Perjalanan Ke Curug Sigembor

Perjalanan menuju air terjun utama Curug Sigembor dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri aliran sungai yang tampak dari tepi jalan. Jarak tempuhnya hanya berkisar puluhan meter dari area parkir atau tepi jalan. Namun sepertinya tidak mudah karena harus melewati medan jalan setapak yang licin dan curam. Pertama-tama pengunjung diuji dengan menaiki tebing setinggi tiga meter tanpa ada pengaman.

Baca Juga  Daftar Alamat Peternak Puyuh Di Yogyakarta

Setelah menaiki tebing setinggi tiga meter, perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri aliran sungai. Arus sungai yang deras dan lembeknya tanah mempersulit perjalanan kami menuju ke Curug Sigembor.

Aliran Sungai Curug Sigembor

Tantangan selanjutnya adalah pengunjung harus melewati tebing yang menjadi aliran sungai. Tembing ini selain menjadi air terjun mini juga sebagai jalan menuju air terjun utama Curug Sigembor. Untuk melewati tebing ini pengunjung harus berjalan merangkak dan memilih pijakan batu yang keras. Tidak ada alternatif selain melewati tebing aliran sungai ini karena disekelilingnya penuh dengan rerimbunan pohon.

Salah Satu Pemandangan Curug Sigembor

Area utama Curug Sigembor cukup sempit dan hanya menampung beberapa pengunjung saja. Curug Sigembor ini memiliki karakteristik air terjun bertingkat namun bila deras jatuhan air akan langsung ke bawah atau dasar air terjun. Bila diperhatikan, bentuk air terjun utama Curug Sigembor memiliki kemiripan dengan Air Terjun atau Curug Setawing.

TeamTouring di Curug Sigembor

Curug Sigembor menjadi salah satu daya tarik baru wisata air terjun di Kulon Progo. Lokasinya yang berada di tepi jalan cukup strategis untuk dikunjungi. Meskipun saat ini masih kalah bersaing dengan Air Terjun Grojogan Sewu dan Air Terjun Kembang Soka yang ada didekatnya.

Mengenai prospek kedepannya, Curug Sigembor sulit untuk berkembang karena area atau ruangan disekitarnya cukup terbatas. Area dibawah Curug Sigembor hanya mampu menampung beberapa pengunjung dan tidak dapat diperlebar karena berupa jurang tebing. Selain itu Curug Sigembor merupakan air terjun musiman yang hanya mengalir airnya pada musim hujan saja. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Curug Sigembor
Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. punyapista:

    ohh ada toh curuk yang dipinggir jalan, biasanya kalo mau ke curug jalannya jauh bukan main sampe bikin males jalan hihi..

Kirim pendapat