Blusukan Curug Kembar Jurang Gandul Sleman

Curug Kembar Jurang Gandul atau dikenal dengan nama Curug Kembar Wukirharjo merupakan daya tarik wisata air terjun di kabupaten Sleman yang belum tergarap dengan maksimal. Kondisi air terjun ini hampir sama dengan air terjun yang tersebar di sekitar Yogyakarta dimana sebagian besar hanya mengalir pada musim penghujan saja. Masyarakat setempat yang pertama kali memiliki ide untuk mengembangkan air terjun tersebut tersebut menjadi obyek wisata. Namun pengembangannya belum maksimal karena tempat ini tergolong wisata musiman.

Curug Kembar Jurang Gandul terletak di dusun Candisari, desa Wukirharjo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Pemandangan Curug Kembar Jurang Gandul Sleman Yang Kondisinya Mulai Mengering

Lokasi Curug Kembar Jurang Gandul berada di daerah perbukitan Prambanan tepatnya di sebelah timur Desa Wisata Rumah Domes atau yang sekarang dikenal sebagai Desa Teletubbies. Rute dari pusat kota Yogyakarta ke arah timur menuju ke Prambanan melewati Jalan Raya Jogja-Solo. Saat tiba di pertigaan Prambanan, pilihlah jalan ke kanan menuju arah Piyungan/Patuk. Ikuti jalan raya tersebut hingga menemui papan petunjuk arah menuju Desa Wisata Domes. Dari Desa Wisata Domes arahkan kendaraan menuju ke Desa Wisata Nawung yang berada di atas perbukitan Prambanan. Posisi curug atau air terjun ini ada di dekat puncak tanjakan jalan yang cukup tajam dan saat ini telah ditandai oleh spanduk. Kendaraan pengunjung dapat diparkir di area parkir yang disediakan pengelola wisata. Selanjutnya pengunjung dipersilakan berjalan kaki melewati rerimbunan semak menuju lokasi air terjun.

Baca Juga  Air Terjun Irenggolo Kediri, Salah Satu Wisata Alam Di Lereng Gunung Wilis

Curug Kembar Jurang Gandul merupakan air terjun musiman yang hanya mengalir pada musim penghujan saja sama halnya seperti Air Terjun Tritis yang masih satu kecamatan yang sama. Jatuhan air yang tampak terbelah menjadi dua dianggap seperti dua air terjun (curug) padahal sebenarnya hanya satu air terjun. Pada awal dan akhir musim penghujan debit airnya cukup rendah dan terlihat seperti gemericik air. Apalagi ketika musim kemarau aliran airnya terlihat mengering atau tidak mengalir lagi. Menurut informasi yang didapat, aliran sungai yang mengalir melalui air terjun ini masih satu aliran dengan Air Terjun Njurug Gedhe dan Sungai Kedung Nganten yang berada di bagian hulunya. Bebatuan yang ada di sekelilingnya terlihat unik karena tersusun oleh bebatuan lava purba yang konon masih berkaitan dengan Gunung Api Purba Nglanggeran karena letak keduanya tidak terlalu jauh. Pengunjung yang ingin menikmati keindahan Curug Kembar Jurang Gandul disarankan mencari waktu yang tepat yaitu pertengahan musim penghujan dan terjadi hujan deras pada malam hari sebelum datang ke tempat ini. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Curug Kembar Jurang Gandul
Dusun Candisari, desa Wukirharjo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta

Ada 9 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Sash:

    Dirimu ki kok yo nemu-nemune tempat ngene mas? Jan “blusuker” teman koe, aha.

    • admin:

      Hi Sash,
      Hehe kebetulan wae sering mubeng2 desa..wisata murah meriah mbak :-)

  2. attayaya:

    haaaa masih suka jalan2 rupanya

    • admin:

      Hi Attayaya,
      masih dong bang hehehe :-)

  3. winny:

    air terjunnya cakep

    • admin:

      Hi Winny,
      Lumayan lah untuk obyek wisata musiman :-)

  4. jarwadi:

    curug nya terjadi sepanjang waktu ngga mas? apa ngga kering pada kemarau

    • admin:

      Hi Jarwadi,
      Air terjunnya kering kalau jarang hujan dan musim kemarau :-)

  5. eko magelag:

    halo mas pripun kabare

Kirim pendapat