Curug Gomblang, Keelokan Air Terjun Di Kaki Gunung Slamet

Curug Gomblang, Keelokan Air Terjun Di Kaki Gunung Slamet
4 (80%) 2 votes

Curug Gomblang merupakan daya tarik wisata air terjun di kaki gunung Slamet yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah. Keberadaannya masih jarang dikenal karena belum lama dibuka menjadi obyek wisata dan kurangnya promosi obyek wisata ini. Menurut informasi, obyek wisata ini baru resmi dibuka pada bulan September tahun 2015.

Curug Gomblang terletak di desa Kalisalak, kecamatan Kedungbanteng, kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Lokasi Curug Gomblang berada di kaki Gunung Slamet sebelah selatan yang masuk dalam wilayah kabupaten Banyumas. Rute dari pusat kota Purwokerto ke arah utara melewati Jalan Raya Baturaden kemudian belok ke arah barat menuju kecamatan Kedungbanteng. Dari pusat kecamatan Kedungbanteng ikuti petunjuk jalan menuju ke Curug Gomblang. Akses jalan menuju pintu masuk obyek wisata Curug Gomblang sudah cukup baik dan sudah beraspal lebar. Hanya saja akses jalan dari pintu masuk obyek wisata menuju area parkir air terjun sejauh 1 km masih berupa jalan berbatu yang diperkeras.

Perjalanan menuju Curug Gomblang dilanjutkan dengan menyusuri jalan setapak di samping area parkir. Kondisi jalan setapak sudah cukup baik hingga tepi aliran sungai dan air terjun. Pada tengah-tengah perjalanan terdapat beberapa bangunan gasebo dan tempat duduk bambu sebagai tempat beristirahat pengunjung. Disamping itu saat ini telah dibangun beberapa gardu pandang sebagai spot foto selfie berlatar pemandangan alam lereng perbukitan. Dari kejauhan mulai tampak pemandangan air terjun atau curug yang diapit oleh dua tebing perbukitan yang cukup tinggi.

Kawasan Curug Gomblang berada di dalam wilayah Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan Banyumas Timur. Obyek wisata ini  dikelola bersama dengan LMDH desa Kalisalak, kecamatan Kedungbanteng, kabupaten Banyumas. Curug ini berada pada ketinggian 700 meter diatas permukaan dari laut. Curug ini bertipe air terjun yang langsung jatuh ke dasar tebing tanpa terhenti pada suatu tingkatan. Curug atau air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan pada bagian dasarnya membentuk aliran sungai. Debit air terjun ini tergolong tetap dan tidak dipengaruhi oleh musim.

Daya tarik lain dari Curug Gombang yang masih satu lokasi antara lain Curug Lima yang berjarak perjalanan 1 km dari area parkir, camping ground di antara hutan pinus, dan river tubbing di aliran sungai curug tersebut. Fasilitas pendukung wisata terhitung cukup lengkap meskipun masih harus berbenah agar pengunjung nyaman untuk berwisata. Secara keseluruhan Curug Gomblang dapat menjadi wisata alternatif selain Wisata Alam Baturaden di daerah Banyumas Jawa Tengah. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Curug Gomblang
Desa Kalisalak, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Retribusi
Tiket Masuk : Rp 5.000,-
Parkir Motor : Rp 2.000,-
Parkir Mobil : Rp 5.000,-
Jembatan Selfie : Rp 5.000,-

Kirim pendapat