Curug Cibogo, Salah Satu Lokasi Favorit Di Cibodas Cianjur

Curug Cibogo merupakan daya tarik wisata yang berada di kawasan wisata Kebun Raya Cibodas. Keberadaannya cukup favorit dikunjungi wisatawan karena letaknya tidak jauh dari pintu masuk. Lokasinya cukup teduh karena banyak ditanami pepohonan berdaun lebat dan cocok digunakan sebagai tempat bersantai bersama keluarga.

Curug Cibogo atau Air Terjun Cibogo terletak di kawasan Kebun Raya Cibodas dan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Curug Cibogo masuk wilayah administratif desa Cimacan, kecamatan Pacet, kabupaten Cianjur. memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan bentuk air terjun tunggal atau langsung jatuh ke bawah.

Pemandangan Curug Cibogo Cibodas

Lokasi Curug Cibogo berada di dalam kawasan Kebun Raya Cibodas tepatnya disebelah area Taman Sakura. Banyak orang tidak mengetahui keberadaan curug air terjun ini karena sedikit tersembunyi dari dua celah bukit dan rerimbunan pohon. Akses untuk menuju Curug Cibogo dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau dengan kendaraan pribadi beroda empat. Pengunjung yang berjalan kaki menuju air terjun ini disarankan untuk berhati-hati karena jalanan cukup licin dan curam.

Aliran Air Curug Cibogo Cibodas

Ketinggian Curug Cibogo cukup tinggi namun alirannya langsung jatuh ke dasar. Pada bagian puncak telah dibangun aliran agar jatuhan air lebih menarik. Sedangkan pada dasar air terjun dibuat kolam kecil untuk membendung aliran air dan memperindah pemandangan air terjun. Disekeliling air terjun ditanami beberapa jenis tanaman khas pegunungan dan ditata agar terlihat lebih rapi serta enak dipandang. Beberapa bunga terompet yang bermekaran menambah kecantikan pemandangan air terjun ini.

Baca Juga  Kedung Lanang Kulon Progo Yang Terabaikan

Annosmile Di Curug Cibogo Cibodas

Curug Cibogo telah mengalami penataan dan pembangunan karena berada di dalam kawasan Kebun Raya Cibodas. Walaupun tidak terlihat asli akibat penataan, kesan alami masih terjaga dengan penanaman bermacam-macam tumbuhan lebat dan tertata rapi. Lokasi Curug Cibogo ini lebih banyak dicari oleh wisatawan untuk dikunjungi daripada curug atau air terjun lain seperti Curug Ciismun yang jaraknya lebih jauh sekitar satu kilometer. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat