Sensasi Kuliner Manuk Londo Di Cupuwatu Resto

Sensasi Kuliner Manuk Londo Di Cupuwatu Resto
3.3 (66.67%) 3 votes

Cupuwatu Resto merupakan salah satu restoran yang menyajikan kuliner malon atau manuk londo di Yogyakarta. Keberadaannya cukup dikenal para pecinta kuliner manuk londo yang masih cukup jarang ditemukan di sekitar Yogyakarta. Restoran ini menyediakan beberapa variasi olahan manuk londo yang disesuaikan dengan selera masing-masing penikmatinya.

Cupuwatu Resto terletak di Komplek Grand Cupuwatu, Jalan Jogja-Solo KM 11,8, dusun Cupuwatu, desa Purwomartani, kecamatan Kalasan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Cupuwatu Resto Sleman Dari Depan

Lokasi Cupuwatu Resto berada di tepi jalan raya penghubung antara kota Yogyakarta dengan kota Klaten. Posisi restoran ini berada di tepi jalan dan cukup mudah ditemui tanpa harus bersusah payah memasuki gang jalan atau berbelok ke jalan kecil. Rute dari pusat kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan Raya Jogja-Solo. Dari pertigaan Bandara Internasional Adi Sucipto masih terus ke timur melewati kantor percetakan surat kabar harian Kedaulatan Rakyat (KR). Beberapa ratus meter berselang akhirnya tiba di lokasi restoran yang terletak di sebelah kiri. Bangunan restoran Cupuwatu Resto berada dalam satu kompleks dengan perumahan elit Grand Cupuwatu. Area parkir yang disediakan cukup luas dan dapat menampung lebih dari belasan kendaraan beroda empat.

Ruangan Cupuwatu Resto Sleman

Cupuwatu Resto menyajikan menu utama berupa malon atau manuk londo disamping juga menyedikan beberapa menu makanan khas nusantara, oriental, dan western. Manuk Londo merupakan unggas sejenis puyuh dari Prancis (French Quail) yang berhasil dibudidayakan di Indonesia sebagai puyuh pedaging. Manuk Londo disajikan dalam beberapa jenis masakan seperti Manuk Londo Ala Peking, Manuk Londo Bakar Bacem, Manuk Londo Bakar Klaten, Manuk Londo Barbeque (BBQ), Manuk Londo Bumbu Kicik, Manuk Londo Bumbu Kuning, Manuk Londo Cabe Kemangi, Manuk Londo Gudeg, Manuk Londo Halilintar, dan Manuk Londo Saus Telur Asin. Jenis-jenis masakan atau olahan manuk londo diatas sama seperti olahan daging ayam dan daging bebek. Sebenarnya saya mengharapkan olahan asli manuk londo dari negeri asalnya atau olahan manuk londo khas Cupuwatu Resto yang unik dan berbeda dengan olahan daging ayam. Namun dalam menu makanan yang ditawarkan belum ada atau belum tersedia.

Pilihan nasi yang ditawarkan untuk menyantap manuk londo ada dua macam yaitu nasi merah dan nasi putih. Menu makanan lain yang disediakan Cupuwatu Resto selain manuk londo antara lain Gurameh Bakar Kecap, Gurameh Siram Rujak, Cumi Goreng Tepung Mayonaise, Udang Goreng Tepung Mayonaise, Patin Balado, Bistik Sapi, Kerang Goreng, Kerang Hijau Lada Hitam, Ayam Goreng, Sup Iga, Brongkos Setan, Bayur Bayam, ca Kangkung, ca Brokoli, dan sebagainya. Menu minuman juga tidak laha lengkap mulai dari Es Teller Cupuwatu, Es Campur Tape Ijo, Teh Poci, Aneka Jus, Teh Tarik, Kopi, dan sebagainya. Keseluruhan menu yang ditawarkan Cupuwatu Resto dijamin kehalalannya dan telah mendapat sertifikasi. Akhirnya Kami memesan menu manuk Londo Bakar Bacem khas Cupuwatu Resto dengan pilihan nasi putih, ca kangkung, dan minuman teh tarik panas.

Menu Makanan Di Cupuwatu Resto Sleman

Manuk Londo Bakar Bacem Cupuwatu Resto disajikan secara utuh tanpa menggunakan jerohan dan tanpa dipotong-potong. Ukuran manuk londo ini lebih besar dibandingkan dengan burung puyuh biasa dan memiliki kisaran berat sekitar 100-150 gram. Hidangan malon ini disajikan dengan piring besar berbentuk persegi dan berwarna putih. Antara malon dengan nasi putih digabung menjadi dalam satu piring sedangkan dua macam sambal sebagai pendamping masakan bakar bacem dipisahkan dalam cawan kecil. Penyajian makanan olahan manuk londo terkesan menarik namun standar untuk ukuran sebuah restoran.

Sajian Malon Bakar Bacem Di Cupuwatu Resto Sleman

Cita rasa yang ditawarkan Manuk Londo Bakar Bacem di Cupuwatu Resto adalah rasa manis, gurih, dan sedikit aroma bakar. Ukuran rasa manis yang ditawarkan cukup pas, tidak berlebihan, dan cocok bagi penikmat makanan yang kurang menyukai rasa terlalu manis. Bumbu yang dicampurkan dalam manuk londo cukup meresap hingga bagian tulang. Dua macam sambal yang terdiri dari sambal terasi dan sambal bawang terasa segar dan cukup pedas dengan kadar yang cukup. Daging manuk londo terasa empuk, gurih, lebih kesat dan memiliki kualitas daging yang lebih baik dibandingkan dengan daging ayam dan daging bebek. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Laboratorium Pangan Hasil Ternak Fakultas Peternakan UGM, daging manuk londo memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan daging bebek namun memiliki kandungan kolesterol lebih rendah.

Harga yang ditawarkan Cupuwatu Resto Sleman tergolong harga standar untuk ukuran sebuah restoran di sekitar Yogyakarta. Olahan manuk londo memiliki harga yang sama dengan kisaran Rp 37.500,- per porsi dan belum termasuk pajak. Jadi masing-masing orang menghabiskan biaya sekitar Rp 50.000,- hingga Rp 100.000,- tergantung jenis minuman dan makanan lain yang dipesan. Secara keseluruhan Cupuwatu Resto cukup rekomendasikan sebagai tempat menikmati kuliner malon atau manuk londo di sekitar Yogyakarta dan Jawa Tengah. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Cupuwatu Resto
  • 8/10
    Manuk Londo Bakar Bacem - 8/10
  • 7/10
    Ca Kangkung - 7/10
  • 6.5/10
    Teh Tarik - 6.5/10
7.2/10
INFORMASI
Cupuwatu Resto
Komplek Grand Cupuwatu, Jalan Jogja-Solo KM 11,8, dusun Cupuwatu, desa Purwomartani, kecamatan Kalasan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta
Email : info@cupuwaturesto.com, sales@cupuwaturesto.com
Telp : (0274) 4469261, 081331073709
Fax : (0274) 4469262
Website : www.cupuwaturesto.com

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Gallant:

    Wah aku pengen ke sini. Mas Anno ki mbok aku ditraktir ngono ke sini ah.

    • admin:

      Hi Gallant,
      Hehe saya juga cuma ditraktir jeh :-)

Kirim pendapat