Central Parking Kuta, Terminal Pemberhentian Bus Pariwisata

Siapa yang tidak mengenal Terminal Central Parking di Kuta? Sebuah area parkir dan terminal minibus ini berada tidak jauh dari Pantai Kuta. Tempat ini menjadi pemberhentian dan area parkir bus-bus pariwisata yang berukuran besar karena jalanan menuju Pantai Kuta cukup sempit dan menyulitkan. Selanjutnya para wisatawan diangkut dengan komotra, sejenis shuttle bus untuk menuju ke Joger dan Pantai Kuta.

Terminal Central (Sentral) Parking Kuta merupakan Terminal tipe C yang berada di kawasan Kuta Galeria, tepatnya di jalan Patih Jelantik. Di sini tempat parkir untuk bus-bus yang tidak masuk ke kawasan jalan Pantai Kuta. Untuk menuju ke pantai Kuta, tersedia jasa shuttle bus bernama Komotra dari Terminal Central Parking dan juga sebaliknya.

Suasana Area Terminal Central Parking Kuta Bali

Kondisi Terminal Central Parking sudah berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, saat ini terlihat lebih sepi dari biasanya. Di tempat ini sudah tidak lagi terlihat dipenuhi oleh bus-bus pariwisata yang memarkir kendaraan dan saat itu hanya terlihat sekitar duapuluhan bus. Aneh memang, padahal jumlah arus wisatawan domestik ke pulau Bali selalu ramai dan kawasan pantai Kuta menjadi salah satu tempat yang wajib disinggahi.

Berberapa informasi yang didapat menunjukkan bahwa beberapa bus pariwisata sudah enggan lagi berhenti di Terminal Central Parking Kuta. Mereka lebih memilih berhenti di area yang dekat dengan kawasan Pantai Kuta karena permintaan penyewa bus. Mereka yang enggan berhenti di area Central Parking beralasan bahwa jarak antara Terminal Central Parking Kuta dengan kawasan Pantai Kuta cukup jauh, jarangnya komotra (angkutan umum) yang beroperasi, dan minimnya fasilitas penunjang di area terminal Central Parking Kuta.

Baca Juga  Daftar Lokasi Taman Parkir Di Yogyakarta

Antri Komotra Di Central Parking Kuta Bali

Padahal akibat dari mendekatnya bus pariwisata ke area Pantai Kuta malah menambah kemacetan ruas jalan Pantai Kuta. dan tujuan dari Terminal Central Parking kuta adalah mengurangi kemacetan di area Pantai Kuta dengan mengurangi kendaraan yang berukuran besar seperti bus pariwisata. Sepinya kawasan Terminal Central Parking Kuta menyebabkan komotra yang menjadi shuttle bus sedikit yang beroperasi.

Kondisi ini diperparah dengan alih fungsi area Terminal Central Parking Kuta yang digunakan untuk menyelenggarakan acara tertentu seperti konser dan sebagainya. Bahkan kadang area terminal ini ditutup untuk parkir bus wisata karena digunakan untuk acara yang berkapasitas besar. Sehingga juga mau tak mau bus pariwisata akhirnya bersusah payah melaju menembus kemacetan untuk berhenti di kawasan Pantai Kuta.

Berbagai masalah pelik timbul membuat kawasan Terminal Central Parking Kuta semakin terpuruk. Cukup disayangkan mengingat rencana kedepan Terminal Central Parking ini cukup baik karena mengurangi kemacetan di pulau Bali khususnya kawasan Pantai Kuta. Semoga pemerintah cepat tanggap terhadap situasi ini dan segera menyelesaikan agar  tidak ada pihak yang dirugikan (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat