Cave Tubing Goa Kalisuci, Asyiknya Menjelajah Sungai Bawah Tanah Di Gunungkidul

Cave Tubing Goa Kalisuci, Asyiknya Menjelajah Sungai Bawah Tanah Di Gunungkidul
3.2 (64%) 5 vote[s]

Cave Tubing Goa Kalisuci merupakan wisata jelajah aliran sungai dalam goa dengan menggunakan ban pelampung di Goa Kalisuci Gunungkidul. Wisata jelajah alam ini cukup memacu adrenalin karena terdapat jeram-jeram kecil di dalam goa. Goa ini dikembangkan menjadi obyek wisata sejak tahun 2009 oleh masyarakat setempat. Pembatasan wisatawan untuk menjaga kelestarian alam di dalam goa.

Cave Tubing Goa Kalisuci beralamat di dusun Jetis, desa Pacarejo, kecamatan Semanu, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Kawasan Kalisuci sendiri merupakan satu dari tiga kawasan caving tubing pertama di dunia dimana dua negara lain adalah Meksiko dan New Zealand.

TeamTouring Di Cave Tubing Kalisuci Gunungkidul

Lokasi Cave Tubing Goa Kalisuci berada di daerah Semanu Gunungkidul. Rute menuju goa ini dari kota Wonosari ke arah timur menuju ibukota kecamatan Semanu. Setelah melewati gardu induk PLN ada papan petunjuk arah menuju goa ke arah kanan. Ikuti papan petunjuk arah tersebut hingga tiba di lokasi. Kondisi jalan yang dilewati sudah beraspal cukup baik meskipun jalan mendekati lokasi belum diperlebar. Sedikit informasi yang diketahui jalur menuju Goa Kalisuci hampir sama dengan jalur menuju Goa Jomblang.

Kantor pengelola wisata Cave Tubing Goa Kalisuci sudah dibangun cukup baik dengan area parkir yang luas. Pengunjung yang ingin mengikuti wisata jelajah goa dipersilakan mendaftar terlebih dahulu dan membayar retribusi yang sudah ditetapkan. Selanjutnya pengunjung dipersilakan menunggu sampai waktu atau jadwal penelusuran tiba. Peserta dipersilakan untuk bersiap-siap mengenakan helm pengaman, rompi apung, dan pelindung tangga serta kaki. Alat-alat pengaman tersebut disediakan pengelola untuk peserta. Barang-barang yang dibawa peserta dipersilakan untuk dititipkan di penitipan barang yang ada di kantor tersebut.

Goa Kalisuci pernah digunakan untuk penelitian oleh International Union Of Speleology pada tahun 1993. Hasil penelitian yang ada mengusulkan bahwa Goa Kalisuci masuk dalam Global Geopark Network atau warisan alam dunia. Selain itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga mencanangkan wilayah ini merupakan kawasann eko karst (eco karst) pada tanggal 6 Desember 2004.

Pintu Masuk Goa Kalisuci Gunungkidul

Rombongan peserta Cave Tubing Goa Kalisuci yang berjumlah 10-20 orang diarahkan pemandu menuju ke mulut goa. Letak mulut goa berada di dasar tebing samping kantor pengelola wisata. Untuk menuju mulut goa harus berjalan menyusuri jalan setapak dan menuruni anak tangga di belakang kantor pengelola wisata. Kondisi jalan setapak dan anak tangga sudah dibangun dengan baik sehingga peserta cave tubing tidak kesulitan untuk melewatinya.

Baca Juga  Daftar Warung Mie Ayam Yang Sudah Tutup Selamanya Di Sekitar Yogyakarta

Peserta cave tubing yang tiba di mulut Goa Kalisuci dipersilakan berkumpul telebih dahulu untuk diberi pengarahan oleh pemandu wisata. Pengecekan alat yang digunakan peserta dilakukan oleh pemandu untuk menjamin keselamatan. Selain tiu barang berharga dan elektronik disarankan untuk dititipkan kepada pemandu supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sebelum cave tubing dimulai pasar peserta dan pemandu berdoa bersama terlebih dahulu agar selama perjalanan menyusuri goa berlangsung lancar dan selamat.

Zona Gelap Dalam Goa Kalisuci Gunungkidul

Wisata Cave Tubing Goa Kalisuci dibagi menjadi dua zona goa yaitu Goa Suci dan Goa Gelatikan. Goa-goa ini merupakan bagian dari sistem pergoan Kalisuci yang terdiri dari Goa Suci, Goa Glatikan, Goa Gelung, Goa Jomblang, Goa Grubug, dan goa-goa lain yang belum memiliki nama. Aliran sungai bawah tanah yang melewati goa-goa ini saling terhubung dan bermuara ke laut selatan tepatnya di kawasan Pantai Baron.

Peserta cave tubing dipersilakan menaiki ban pelampung sebelum memulai perjalanan menyusuri lorong goa. Kondisi aliran sungai yang melewati dalam goa perlahan-lahan menyempit. Sambil menyusuri lorong goa yang gelap pengunjung mendapat penjelasan mengenai asal-usul dan karakteristik dari goa ini.

Lubang Vertikal Di Goa Kalisuci Gunungkidul

Kondisi Goa Suci terlihat masih alami dengan keberadaan kelelawar liar yang hidup di langit -langit goa. Pada tengah-tengah perjalanan, peserta akan menemui lubang diatas goa yang dikenal dengan nama goa vertikal. Keluar dari ara goa pertama, peserta dipersilakan beristirahat sejenak sambil berfoto-foto di pintu keluar goa. Peserta dipersilakan keluar dari ban karet dan berenang disekitar pintu keluar goa pertama tersebut. Setelah dirasa cukup perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri aliran sungai diantara celah tebing menuju ke goa kedua.

Baca Juga  Daftar Nama dan Alamat Pura Di Kulon Progo

Setengah Perjalanan Dalam Cave Tubing Goa Kalisuci Gunungkidul

Goa Gelatikan merupakan goa kedua yang akan dilalui dalam Cave Tubing Kalisuci. Panjang goa ini lebih pendek dibadingkan dengan goa yang pertama. Namun banyaknya jeram membuat adrenalin peserta meningkat dan merasakan sensasi yang cukup meneggangkan.

Akhir Perjalanan Cave Tubing Kalisuci Gunungkidul

Perjalanan Cave Tubing Goa Kalisuci berakhir ketika mendekati mulut Goa Gelung sebagai lanjutan aliran sungai bawah. Goa ketiga ini dilarang untuk dimasuki oleh umum karena untuk menjaga kelestarian ekosistem dan alam yang ada di dalamnya. Peserta dipersilakan keluar dari aliran air dan berjalan menaiki anak tangga untuk menuju ke aras tebing. Saat tiba diatas tebing, peserta diangkut dengan mobil bak terbuka untuk kembali menuju kator pengelola wisata.

Peserta yang telah tiba di kantor pengelola wisata Cave Tubing Goa Kalisuci dipersilakan berbilas atau mandi di kamar mandi umum yang telah disediakan. Tidak ada penarikan biaya untuk penggunaan fasilitas umum yang ada di kawasan wisata ini. Selain itu, peserta cave tubing juga mendapatkan teh manis dan makanan bakso atau mie ayam secara gratis. Hal ini cukup untuk mengobati rasa dingin dan lapar setelah mengikuti tur dalam goa tersebut. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Cave Tubing Goa Kalisuci
Dusun Jetis, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Retribusi
Paket Wisata: Rp 60.000,-
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-

Ada 7 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. winny:

    airnya jernih mirip goa pindul juga ya

    • admin:

      Hi Winny,
      Betul mirip dengan Goa Pindul, sama-sama aliran sungai bawah tanah :-)

  2. Wonb ayu:

    Ada nomor telpon kantor pengelolanya?
    Teims

  3. Wong ayu:

    Ada nomor telpon kantor pengelolanya?trims

  4. Zen:

    Kereeeen gaan…. salam kenal

  5. Nasirullah Sitam:

    Aku kenal Kalisuci tahun 2009 akhir. Karena ada tetangga kos orang sana. Dulu masih 30ribu hehehehhe

  6. Yudi:

    Ini tempatnya menantang banget ya kak.. ajak aku ke tempat ini donk

Kirim pendapat