Cara Membuat Paspor di Yogyakarta

Cara Membuat Paspor di Yogyakarta
5 (100%) 1 vote

Cara Membuat Paspor cukup mudah bila mengetahui dan memperhatikan langkah-langkahnya. Berikut langkah-langkah pembuatan paspor baru/lama di Yogyakarta/Jogja antara lain :

PENDAFTARAN ONLINE

Langkah pertama seseorang untuk membuat paspor dengan melakukan pendaftaran secara online di website imigrasi.go.id atau lebih disarankan menggunakan aplikasi Android bernama “Antrian Paspor”. Buka aplikasi Antrian Paspor dan daftar akun baru. Selanjutnya pilih Kantor Imigrasi dimana di Yogyakarta ada dua pilihan yaitu Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta dan Unit Layanan Paspor I Bantul. Pilih jadwal pembuatan paspor yang masih tersedia dalam hal ini pemohon dipersilakan memilih tanggal dan jam. Selesai dan pemohon sukses melakukan pendaftaran online dan mempersiapkan persyaratan pembuatan paspor.

SYARAT PEMBUATAN PASPOR

Langkah selanjutnya setelah sukses melakukan pendaftaran secara online dan mendapatkan jadwal pendaftaran paspor adalah mempersiapkan berkas-berkas yang harus dikumpulkan. Persyaratan pembuatan paspor yang saat ini berlaku antara lain

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang masih berlaku (asli dan fotokopi)
  • Kartu Keluarga (asli dan fotokopi)
  • Akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis (asli dan fotokopi, pilih salah satu)
  • Surat Rekomendasi (warga negara yang bekerja di pemerintahan, pegawai swasta wajib menyertakan surat rekomendasi yang diberi tandatangan oleh kepala/pemimpin kantor dan diberi stempel kantor. Sedangkan pelajar, wiraswasta, freelance tidak diwajibkan menyertakan surat ini)
  • Paspor Lama (bagi yang memperpanjang/memperbaharui)

DATANG KE KANTOR IMIGRASI

Pada jadwal yang telah ditentukan, pemohon paspor dipersilakan datang ke Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta yang telah dipilih ketika melakukan registrasi online. Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta beralamat di Jalan Solo km 10, desa Maguwoharjo, kecamatan Depok, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55281 atau sebelah barat pintu masuk Bandar Udara Internasional Adi Sucipto Yogyakarta. Langkah-langkah yang dilakukan ketika tiba di Kantor Imigrasi antara lain:

  • Mengambil nomor antrian dan formulir pendaftaran paspor (map kuning) di bagian informasi Kantor Imigrasi.
  • Mengisi formulir pendaftaran dan menunggu nomor antrian dipanggil untuk wawancara.
  • Memasuki ruang wawancara ketika dipanggil nomor antrian. Selanjutnya penyerahan berkas berikut tes wawancara pembuatan paspor
  • Bila lolos tes wawancara, dilanjutkan dengan scan sidik jari dan foto identitas paspor
  • Pendaftaran paspor selesai dan pemohon paspor diberi lembar tagihan untuk membayar biaya pembuatan paspor

Proses pendaftaran paspor selesai dan pemohon dipersilakan meninggalkan ruangan wawancara. Tidak lama berselang pemohon akan menerima pesan SMS dari Kantor Imigrasi berisi kode bayar, informasi pembayaran pembuatan paspor, dan informasi pegambilan buku paspor.

PEMBAYARAN PASPOR

Pembayaran Biaya Pembuatan Paspor tidak dapat dilakukan di Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta. Pemohon dipersilakan membayar biaya pembuatan paspor ke bank-bank umum atau Kantor Pos (PT POS Indonesia) terdekat. Beberapa bank yang menjadi favorit tempat pembayaran pembuatan paspor antara lain Bank Mandiri, BNI46, BRI, dan BCA.

Pemohon Paspor tinggal datang ke salah satu bank atau Kantor Pos kemudian mengambil nomor antrian, datang ke loket, menunjukkan lembar tagihan, ktp asli, dan menyerahkan uang pembayaran. Biaya Pembuatan Paspor biasa 48 halaman adalah Rp. 300.000,-. Biaya pembuatan paspor dapat berubah sewaktu-waktu silakan lihat biaya pembuatan paspor terbaru di website resmi imigrasi.go.id. Biasanya pemohon paspor akan mendapat 2 (dua) lembar Kwitansi Pembayaran Paspor dimana 1 (satu) untuk disimpan sendiri dan 1 (satu) diserahkan saat pengambilan buku paspor.

PENGAMBILAN PASPOR

Pengambilan paspor dilakukan di Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta pada loket Pengambilan Paspor. Waktu pengambilan minimal 5 (lima) hari kerja aktif setelah hari pembayaran Biaya Pembuatan Paspor atau lebih amannya datang seminggu setelah melakukan pembayaran biaya paspor. Pemohon paspor langsung datang ke Kantor Imigrasi tempat melakukan pendaftaran tanpa harus mengambil antrian kembali. Syarat pengambilan buku paspor antara lain :

  • Lembar Tagihan Paspor (1 lembar asli)
  • Lembar Kwitansi Pembayaran Paspor dari Bank/Kantor Pos tempat pembayaran paspor (1 lembar asli)

Pemohon langsung menyerahkan lembaran tersebut di Loket Pengambilan Paspor dan menunggu dipanggil oleh petugas. Petugas akan mencarikan buku paspor milik pemohon kemudian pemohon dipanggil kembali. Pemohon dipersilakan untuk mengecek kembali data-data yang tercantum dalam buku paspor apakah sudah benar dan mengisi Buku Pengambilan Paspor. Selesai, pemohon telah mendapatkan paspor. (text/foto: annosmile)

TANYA JAWAB SEPUTAR PEMBUATAN MATERAI

Tanya : Apakah pendaftaran paspor membutuhkan materai?

Jawab : Tidak diperlukan materai, namun untuk berjaga-jaga silakan membawa 1 (satu) materai Rp 6.000,-


 

Kirim pendapat