Reruntuhan Candi Sidomukti Semarang Yang Terbengkalai

Reruntuhan Candi Sidomukti Semarang Yang Terbengkalai
Rate this post

Candi Sidomukti merupakan situs purbakala yang berada di lereng Gunung Ungaran selain Kompleks Candi Gedongsongo. Keberadaannya hanya tersisa puing-puing dan beberapa buah arca saja. Kondisinya saat ini terbengkalai karena sebagian hanya disusun secara asal dan sebagian lagi digunakan sebagai penyusun talud dan tembok.

Situs atau Candi Sidomukti terletak di kawasan Umbul Sidomukti, dusun Tegalsari, desa Sidomukti, kecamatan Bandungan, kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Potongan Batuan Candi Sidomukti Bandungan Semarang

Lokasi potongan Candi Sidomukti tersebar di kawasan wisata Umbul Sidomukti Bandungan Semarang. Bagian candi yang cukup mencolok adalah susunan batu pondasi candi yang berada di dekat Pondok Kopi Umbul Sidomukti. Letak susunan batu tersebut berada di sebelah atas dari kedai kopi tersebut. Tidak banyak yang tahu bahwa susunan batu tersebut merupakan batuan candi karena hanya dibiarkan tersusun di sebuah sudut kawasan.

Sisa-sisa batuan Candi Sidomukti yang masih ada berupa arca yang diletakkan disamping cafe yang berada di kawasan Umbul Sidomukti. Potongan candi yang lain sebagian telah digunakan sebagai bangunan pondasi bangunan, tembok talud, dan sebagainya. Ukiran candi masih tampak terlihat meskipun sudah terpasang dan dicampurkan dengan batuan yang lain. Belum ada informasi mengenai sejarah dan asal-usul Candi Sidomukti karena ketiadaan sumber informasi yang ada disekitar lokasi. Keberadaan Goa Tirta Mulya yang berada di kawasan Umbul Sidomukti diduga memiliki kaitan dengan situs candi tersebut. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai situs candi ini karena diperkirakan terdiri dari beberapa bangunan candi. (text/foto: annosmile)

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Avant Garde:

    salam kenal, saya aja yang orang Ambarawa malah tidak tahu kalau ada situs ini di dekat umbul :) makasih infonya

  2. bersapedahan:

    wah sayang sekali .. dibiarkan terlantar begitu
    kalau dikemas menarik bisa jadi tempat wisata yang bagus

    • admin:

      Hi bersapedahan, betul mas harusnya segera dieskavasi dan direkontruksi menjadi situs candi :-)

Kirim pendapat