Candi Semar Dieng

Rate this post

Candi Semar merupakan salah satu bangunan candi yang terdapat dalam Kompleks Candi Arjuna di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Nama Semar berasal dari cerita pewayangan dimana merupakan tokoh punakawan/pamong para satria Pandawa. Letak candi ini berada di depan bangunan Candi Arjuna. Mungkin menjadi salah satu alasan penamaan candi ini karena posisinya tidak berdampingan dengan Candi Arjuna dan candi-candi yang ada dalam satu Kompleks Candi Arjuna tersebut.

Candi Semar berbentuk persegi panjang atau limasan dengan dasar polos candi dengan tinggi sekitar 50cm.  Tangga untuk memasuki bangunan candi ditempatkan di sisi timur atau menghadap ke Candi Arjuna. Bangunan pintu tidak terdapat susunan atap. Bagian dasar pintu berupa lantai dengan potongan batu bermotif datar dan kepala naga di ujung bawah. Di bagian atas pintu terdapat Kalamakara tanpa rahang.

Sebuah jendela kecil dibangun pada masing-masing sisi kiri dan kanan pintu. Ada dua lubang yang berfungsi sebagai jendela pada masing-masing dinding candi sebelah selatan dan utara, dan tiga lubang di dinding (belakang) barat. Interior di dalam bangunan candi kosong. Atap puncak sudah hancur, yang tidak mungkin untuk mengembalikan ke bentuk aslinya. Menurut informasi, fungsi Candi Semar sebagai gudang untuk menyimpan senjata dan benda-benda ritual. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat

error: Content is protected !!