Candi Risan, Situ Candi Terbesar Di Gunungkidul

Candi Risan, Situ Candi Terbesar Di Gunungkidul
2.3 (46.67%) 6 votes

Candi Risan merupakan situs candi terbesar yang pernah ditemukan di wilayah kabupaten Gunungkidul. Keberadaan situs candi ini jarang terdengar karena letaknya terpencil dan jauhnya akses menuju ke tempat ini dari pusat kota Yogyakarta. Kondisi candi ini sudah tidak utuh lagi dan menyisakan puing-puing batu yang telah disusun rapi.

Candi Risan terletak di dusun Risan, desa Candirejo, kecamatan Semin, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Candi ini diperkirakan bercorak candi buddha karena terdapat batu yang berbentuk seperti stupa.

Arca Candi Risan Gunungkidul

Lokasi Candi Risan berada di dekat perbatasan antara kabupaten Gunungkidul dengan kabupaten Sukoharjo tepatnya di dekat pasar Candirejo. Ada 2 (dua) cara menuju situs candi ini dari pusat kota Yogyakarta. Cara pertama melewati rute jalur Yogyakarta – Jalan Solo – Prambanan – Klaten – Cawas – Semin. Cara kedua melewati rute jalur Yogyakarta – Jalan Wonosari – Patuk – Wonosari – Karangmojo – Semin. Pengunjung yang akan berkunjungi ke situs candi ini dapat menggunakan kendaraan pribadi semacam sepeda motor atau mobil. Transportasi umum sebenarnya ada namun harus berulangkali ganti bus kecil dan waktunya tidak pasti.

Bangunan Utama Candi Risan Gunungkidul

Kompleks Candi Risan sepertinya belum mengalami pemugaran namun telah dibangun pagar pembatas yang mengelilingi area candi. Pengamanan candi terkesan kurang ketat karena tidak ada penjagaan yang dilakukan petugas Bp3 Yogyakarta. Hingga saat ini penjagaan kawasan candi dilakukan oleh warga setempat saja. Padahal kawasan candi ini pernah mengalami pencurian arca Awalukitiswara pada bulan Juli 1984. Sembilan bulan berikutnya arca ini ditemukan di Singapura dan saat ini disimpan oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Yogyakarta.

Kompleks Candi Risan yang tersisa hanya sebuah bangunan candi yang telah runtuh dan sebuah pondasi candi di sisi selatannya. pintu masuk candi diperkirakan berasal dari arah barat yang saat ini tertutup oleh bangunan rumah warga. Reruntuhan bangunan candi yang ada mengarah kepada bentuk punden berundak yang menjadi ciri zaman klasik. Beberapa komponen candi seperti ratna, makara, artefak, dan ukiran batu kondisinya sudah lapuk dan kondisinya sulit dikenali.

Pondasi Selatan Candi Risan Gunungkidul

Pengunjung Candi Risan masih sedikit dan sebagian besar merupakan pelajar dan mahasiswa yang membutuhkan data candi untuk tugas sekolah atau kampusnya. Situs candi ini sepertinya kurang dipromosikan sebagai tempat wisata karena letaknya jauh dari pusat kota dan kurang menarik karena hanya tersisa puing-puing. Selain itu beragam cerita mistis atau misteri tentang candi ini membuat seseorang enggan berkunjung.

Penelitian mengenai Candi Risan masih cukup minim dibandingkan candi-candi lain yang ditemukan di dekat kota Yogyakarta. beberapa informasi menyebutkan bahwa candi ini menjadi tempat pelarian prajurit Majapahit. Hal ini membuktikan candi ini dibangun sebelum zaman Kerajaan Majapahit. Belum diketahui kapan pastinya candi ini dibangun karena tidak ditemukan prasasti di tempat ini ataupun angka tahun pembuatan candi ini. Beberapa pendapat mengarah pada hubungan situs candi ini terhadap Kebudayaan Sungai Oyo yang letaknya tidak jauh dari situs candi ini. Namun hal ini perlu dibuktikan dengan penelitian lebih lanjut mengenai situs candi ini dan situs-situs purbakala yang ada disekitarnya. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Candi Risan
Dusun Risan, Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk: *gratis*
Parkir Motor: *gratis*

Kirim pendapat