Candi Plaosan

Candi Plaosan
2.5 (50%) 2 votes

Disekitar Taman Wisata Candi Prambanan terdapat banyak peninggalan situs Candi yang lepas dari perhatian kita. Salah satu situs candi yang cocok digunakan sebagai wisata alternatif yaitu Candi Plaosan yang terletak disebelah timur Taman Wisata Candi Prambanan.

Kompleks Candi Plaosan terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Candi Plaosan merupakan candi Buddha dengan atap candi berbentuk stupa dan beberapa arca Buddha. Kompleks ini dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan pada zaman Kerajaan Medang, atau juga dikenal dengan nama Kerajaan Mataram Kuno.

Memasuki gerbang masuk kompleks Candi Plaosan, pengunjung candi ini hanya diminta retribusi seikhlasnya. Tidak seperti retribusi masuk Candi Prambanan yang telah dipatok harga yang cukup mahal. Pengunjung bebas membayar retribusi berapapun nilainya dan mengisi buku tamu.

Kompleks Candi Plaosan dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu Candi Plaosan Lor (Utara) dan Candi Plaosan Kidul (Selatan). Kedua candi itu memiliki teras berbentuk segi empat yang dikelilingi oleh dinding, tempat semedi berbentuk gardu di bagian barat serta stupa di sisi lainnya. Karena kesamaan itu, maka kenampakan Candi Plaosan Lor dan Kidul hampir serupa jika dilihat dari jauh sehingga sampai sekarang Candi Plaosan juga sering disebut candi kembar. Seluruh kompleks Candi Plaosan memiliki 116 stupa perwara dan 50 candi perwara.

Beberapa bagian candi telah selesai direnovasi akibat Gempa Jogja 4 tahun yang lalu. Gempa yang melanda kota Jogjakarta dan sekitarnya ini menghancurkan sebagian pilsr candi yang mengharuskan untuk dilakukan rekonstruksi ulang khususnya dua bangunan candi induk

Candi Plaosan sebenarnya merupakan kompleks candi yang luas. Hal itu dapat dilihat dari adanya pagar keliling sepanjang 460 m dari utara ke selatan serta 290 m dari barat ke timur, juga interior pagar yang terdiri atas parit sepanjang 440 m dari utara ke selatan dan 270 m dari barat ke timur. Parit yang menyusun bagian interior pagar itu bisa dilihat dengan berjalan ke arah timur melewati sisi tengah bangunan bersejarah ini.

Beberapa bagian candi masih mengalami renovasi, semoga pengerjaannya segera selesai. Kami merasa Situs Candi Plaosan ini layak dikembangkan sebagai obyek wisata yang besar setara dengan Candi Prambanan karena diperkirakan masih banyak bagian kompleks Candi Plaosan yang masih tertimbun di dalam tanah dan candi-candi kecil yang baru ditemukan disekitarnya.

=== Tiket Masuk

Sumbangan seikhlasnya

Ada 30 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Frenavit Putra:

    Ke prambanan aja belum pernah kang.. apa lagi yang ini.. tapi Nice Info lah.. kapan-kapan kalo sowan ke prambanan pasti mampir lah.. ^^

  2. PRofijo:

    Malah lagi krungu aku jue…..

  3. endar:

    kalau yang ini saya sudah pernah berkunjung..

  4. julianusginting:

    wah…ternyata candi2 di indonesia bagus-bagus yah.. :-)

  5. mawi wijna:

    telat dirimu No, di Plaosan ini banyak spot motret yg bagus-bagus, apalagi klo bawa model :D

  6. prof. helga:

    candi plaosan pernah sempet lewat doang
    tapi blom pernah mampir

  7. aimuz:

    berangkat!
    liburan bulan depan kesana ah
    sebelum terperangkap di batam

  8. Jidat:

    candine apik ya?? :)

  9. Ceritaeka:

    Ini kameranya tipe apa ya?

    Bagus banget gambarnya…

  10. Yolis:

    pengen jalan2 ke sono, ke prambanan juga pengeenn… >.<

  11. munir ardi wp:

    jadi inget legenda roro Jongrang dan Bandung Bondowoso

  12. bang FIKO:

    Berhubung dana dan waktu terbatas, sepertinya akhir pekan nanti cuma bisa ke Solo dan Jogja… Pengen juga sih mampir ke Prambanan dan Borobudur…
    Ngatur jadwal lagi< Kang… Btw, nice info..

  13. rizal:

    rodo plosok ya mas???

  14. ikhsan:

    taunya malah prambanan thok :)

  15. alief:

    ya…, candi ini serig luput dari jamahan wisatawan

  16. ardian eko:

    Aku malah rung tau neng plaosan mas. Paling mung neng prambanan atau borobudur.. :(
    Kui candine bukan pinggir jalan y mas. kayanya dulu pernah mau kesana. Harus masuk kira2 1km dari jalan utama

  17. ciwir:

    ealah…. kayake aku wis tau posting ttg candi iki dech

  18. ciwir:

    saya senang candi ini sebagai akulturasi dan penyatuan dua budaya dan agama.
    sekaligus sebagai mas kawinnya Rakai Pikatan atas Pramodawardhani

  19. Jidat:

    Aku urung kesana mas. . . kapan2 blog walking kesana ya mas ann

  20. sibaho way:

    malah baru denger ada candi plaosan :(( thanks kang info-nya

  21. antokoe:

    pernah denger, tahu kalo candi plaosan ada, tapi belum pernah kesana,
    kalo candi borobudur sering, soalnya rumah saya disamping candi, he…he…

  22. munir ardi wp:

    kapan ya aku bisa kesana menikmati semua peninggalan indah itu

  23. indra1082:

    Ke Prambanan pernah, tapi gak ngeh kalau ada plaosan ya?? :mrgreen:

  24. Fonega:

    kok aku ga liat ya canti yang kaya gambar itu?

  25. antown:

    kalau saya ikut sampean saya bisa dapat hasil puluhan sket dalam satu objek. mantap kan hehe….

    besok mau kemana lagi? kalau di tangerang mbok direview juga. saya tunggu kabarnya ya

  26. gadgetboi:

    kalau di cina mah rumah buluk 2000 tahun aja bisa jadi kawasan wisata subur wisatawan asing loh .. kok indonesia membenahi (renovasi) warisan leluhur aja lelet yah … enggak ada dana? lha itu DPR dapet 15 milliar seorang …. :(

  27. fauzi:

    boz kalo dari prambanan ke arah mana tuh candi? qu mo ksana nih minggu2 ini, mumpung liburan

    • admin:

      dari TWC Prambanan ke utara kemudian ambil jalan ke kanan (timur) sejauh kurang lebih 2 kilometer
      Selamat berwisata

  28. mirwansyah:

    candi ini pernah jadi setting film TUTUR TINULAR 1 dan 2.bentuknya bagus n next time sy pasti bisa dekat disampingnya.hehehe

Kirim pendapat