Candi Ngawen, Situs Candi Di Barat Muntilan Magelang

Candi Ngawen, Situs Candi Di Barat Muntilan Magelang
4.3 (86.67%) 3 votes

Candi Ngawen merupakan situs candi Budhha yang ditemukan tidak jauh dari kota kecamatan Muntilan Magelang. Keberadaannya jarang dikenal karena belum dikembangkan sebagai kawasan wisata dan masih sekedar sebagai bangunan cagar budaya. Padahal candi ini memiliki keterkaitan dengan situs-situs candi lain yang ditemukan di sekitar Magelang.

Candi Ngawen terletak di dusun Ngawen, desa Gunungpring, kecamatan Muntilan, kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56415.

Lokasi Candi Ngawen berada di sebelah barat dari kota kecamatan Muntilan. Rute termudah dari arah Yogyakarta menuju ke Muntilan melewati Jalan Magelang. Memasuki kota Muntilan yang merupakan jalan satu arah, ambil jalan ke arah kiri pada persimpangan lampu merah pertama. Ikuti jalan tersebut lurus menuju ke arah Gunungpring dan arah Makam Kyai Raden Santri. Dari area parkir Makam Kyai Raden Santri ikuti jalan terus sejauh 500 meter dan akhirnya tiba di Situs Candi Ngawen. Akses menuju candi ini paling mudah ditempuh dengan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil. Pengunjung yang ingin menggunakan kendaraan umum bisa turun dari bus di kota Muntilan kemudian naik ojek menuju situs candi ini.

Candi Ngawen merupakan situ candi berlatar agama Budhha dimana arsitektur bangunan merupakan gabungan seni bangunan Hindu Jawa kuno dan Buddha. Hal ini diperkuat dengan keberadaan Arca Dhyani Buddha Ratnasambhawa di bangunan candi II dan arca Dhyani Buddha amithaba di bangunan Candi IV. Bila dilihat dari arsitekturnya diperkirakan candi ini dibangun pada abad 9-10 Masehi.

Candi Ngawen dimulai penggaliannya pada tahun 1920 oleh peneliti asal Belanda yang bernama Van Erp. Candi ini ditemukan tertimbun di dalam area persawahan dan diduga dahulu tertimbun oleh lahar dari Gunung Merapi. Selanjutnya candi tersebut dipugar pada tahun 1927 oleh arkeolog Belanda dan menghasilkan sebuah bangunan candi utuh pada bangunan Candi II. Sebagian dinding candi direkatkan dengan campuran semen agar dinding candi berdiri kokoh. Untuk bangunan candi lain hanya tersisa pondasi candi, arca di dalam, dan bentuknya tidak utuh lagi. Bila dilihat sekilas memang kurang menarik namun banyak cerita sejarah yang tersimpan didalamnya.

Hal yang unik dari Candi Ngawen adalah keberadaan arca singa yang menopang empat sisi bangunan candi. Arca singa tersebut berhasil direkonstruksi dan berfungsi mengaliri air hujan yang keluar lewat mulut arca. Menurut sebagian pendapat, gaya ukiran arca singa ini menyerupai lambang singa pada negara Singapura. Selain Candi Ngawen, disekitar tempat ini ada beberapa situs candi kecil yang menarik disambangi seperti Candi Gunungsari dan Candi Gunung Wukir. (text/foto; annosmile)

INFORMASI
Candi Ngawen
Dusun Ngawen, Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56415

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 07.00 s/d 17.00 WIB

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. putri:

    aku belum perna masuk ke dalam Candi Ngawen, emang di dalam candinya ada apa aja sob? kemarin waktu kesana mau masuk tapi katanya tidak boleh asal masuk.

  2. Turi CCTV:

    candi keren peninggalan budaya bangsa leluhur yang sudah maju….

Kirim pendapat