Candi Mendut Magelang, Salah Satu Situs Bersejarah Di Sekitar Borobudur

Candi Mendut Magelang, Salah Satu Situs Bersejarah Di Sekitar Borobudur
3 (60%) 1 vote

Candi Mendut merupakan satu satu situs candi yang letaknya berdekatan dengan Candi Borobudur. Letaknya cukup strategis karena berada di tepi jalan utama penghubung Candi Borobudur dengan Jalan Raya Magelang-Yogyakarta. Keberadaannya memiliki kaitan dengan Candi Borobudur karena memiliki relief yang hampir sama.

Candi Mendut terletak di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi Mendut berjarak kurang lebih 3 km dari Candi Borobudur atau 1 km dari Candi Pawon.

Bangunan Utama Candi Mendut Magelang

Saat berkeliling kawasan Candi Borobudur untuk mencari pemandangan alam yang menarik, kami menyepatkan diri mampir di Candi Mendut setelah sekian lama hanya melihatnya dari tepi jalan. Kendaraan kami parkir dibawah pohon rindah luar area candi kemudian berjalan memasuki area candi lewat pintu sebelah utara.

Belum diketahui kapan Candi Mendut dibangun namun J.G. de Casparis menduga bahwa Candi Mendut dibangun oleh raja pertama dari wangsa Syailendra pada tahun 824 M. Dugaan tersebut didasarkan pada isi Prasasti Karangtengah (824 M), yang menyebutkan bahwa Raja Indra telah membuat bangunan suci bernama Wenuwana. Casparis mengartikan Wenuwana (hutan bambu) sebagai Candi Mendut. Perkiraan ini belum tentu benar karena belum ada bukti yang menguatkan pernyataan tersebut.

Relief di Dinding Candi Mendut

Kami dipersilakan membayar retribusi masuk candi terlebih dahulu sebelum memasuki area Candi Mendut. Tarif retribusi cukup murah dan jauh lebih murah ketimbang tarif retribusi masuk Candi Borobudur yang dikelola oleh perusahaan. Memasuki area Candi Mendut, kami diharapkan pada bangunan Candi Mendut yang berjumlah satu buah dan tidak ada bangunan candi lain disekitarnya.

Dinding dasar terdapat beberapa panel berisi relief yang menggambarkan cerita ataupun sekedar hiasan. Tangga naik menuju ke ruangan dalam bangunan Candi Mendut menghadap ke barat laut. Hal ini terlihat menarik karena biasanya bangunan candi menghadap lurus ke arah barat, selatan, atau utara saja.

Candi Mendut memiliki denah dasar berbentuk segi empat. Tinggi bangunan seluruhnya 26,40 m. Tubuh candi ini berdiri di atas batur setinggi sekitar 2 m.

Patung Buddha Dalam Candi Mendut Magelang

Jaladwara dibangun untuk membuang air agar tidak menggenangi teras bagian atas candi. Tampak dibeberapa sudut bangunan terdapat lubang-lubang air. Sepertinya orang jaman dahulu telah memikirkan teknik bangunan agar bangunan candi tersebut awet dan tahan untuk waktu yang lama.

Pada bagian dalam Candi Mendut terdapat tiga patung Budda yang saling berhadapan. Altar yang terdapat di depannya berfungsi untuk meletakkan sesaji dan persembahan. Relief berisikan cerita terpasang pada dinding masuk ke dalam bangunan candi tetapi belum diketahui apa makna yang dapat diambil dari cerita tersebut.

Dinding pipi tangga dihiasi dengan beberapa panil berpahat yang menggambarkan berbagai cerita. Pangkal pipi tangga dihiasi dengan sepasang kepala naga yang mulutnya sedang menganga lebar, sementara di dalam mulutnya terdapat seekor binatang yang mirip singa. Di bawah kepala naga terdapat panil begambar makhluk kerdil mirip Gana.

Potongan Batu Candi Di Area Candi Mendut Magelang

Di sekitar area candi Mendut terdapat beberapa potongan candi yang tidak dalam terpasang dan sebagian belum terindentifikasi. Diperkirakan pada zaman dahulu terdapat candi pendamping selain candi utama yang tersisa saat ini. Bukti-bukti tersebut mulai terkuak ketika ditemukan reruntuhan batu bata kuno yang terpendam di area taman sebelah Candi Mendut.

Secara keseluruhan Candi Mendut cukup menarik dikunjungi dan sebagai alternatif wisata selain candi Borobudur. Beberapa paket wisata telah menawarkan kunjungan ke Candi Mendut sebelum menuju ke Candi Borobudur. Pada peringatan Hari Raya Waisak, area Candi Mendut digunakan sebagai lokasi prosesi detik-detik Waisak sebelum acara puncak berupa pelepasan 1000 lampion di Kompleks Candi Borobudur. Suasana Candi Mendut berubah total karena dihiasi dengan tenda mewah dan pernak-pernik untuk ritual peribadatan. (text/foto: annosmile)

Rute Candi Mendut

Dari Yogyakarta – Jalan Magelang – Muntilan – Pertigaan Borobudur (Pabelan) belok kiri – Lurus hingga tiba di Candi Mendut

INFORMASI
Candi Mendut
Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Retribusi
Tiket Masuk: Rp 4.000,-
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Zippy:

    Sampai sekarang belum pernah ke candi Mendut.
    Jangankan mendut, Borobudur aja yang segede itu saya belum sempat kesana, hahaha…
    Baru Prambanan doang ni mas :D
    Jadi penasaran gimana indahnya Candi mendut :D

Kirim pendapat