Candi Mantup, Candi Kecil di Pinggiran Kota Yogyakarta

Candi Mantup, Candi Kecil di Pinggiran Kota Yogyakarta
Rate this post

Keberadaan Candi Mantup jarang diketahui oleh orang meskipun lokasinya tidak jauh dari kota Yogyakarta. Candi Mantup merupakan salah satu candi kecil yang kondisinya cukup mengkhawatirkan karena kurang mendapat perhatian serius dari pemerintah. Selain itu diperparah dengan lokasi candi yang dikelilingi area persawahan dan berada di belakang perumahan yang cukup tersembunyi.

Candi Mantup sesuai namanya berada di Dusun Mantup, Desa Baturetno, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul.

Kami mencoba menelusuri keberadaan Candi Mantup dan berulang kali tersesat sebelum tiba di lokasi. Setelah melewati jalan kampung berupa jalan tanah hingga ujung dan berjalan kaki menyusuri pematang sawah, akhirnya kami tiba di area Candi Mantup. Suasana Candi Mantup cukup sepi dan tidak terlihat jejak-jejak orang yang berkunjung ke tempat ini. Selain itu tidak ditemukan papan nama ataupun penjagaan lokasi candi yang cukup berbahaya bila terjadi kasus pencurian.

Lokasi Candi Mantup dikelilingi sawah dan posisinya lebih rendah daripada tanah disekitarnya. kondisi ini rawan terjadi genangan air karena tidak terdapat saluran pembuangan air dan dapat melapukkan batuan candi. Candi Mantup sendiri hanya terdapat tiga buah pondasi candi saja tanpa ditemukan potongan batuan candi yang lain. Ukuran ketiga candi hampir sama sekitar dua meter di setiap sisi. Selain itu, salah satu batu penyusun pondasi candi berupa batu bata yang terbilang unik karena rata-rata candi yang dibangun di sekitar Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta tersusun dari batu berjenis batu andesit. sedang dua buah candi lainnya terbuat dari batu putih.

Menurut informasi di internet, di Candi Mantup pernah ditemukan arca shiwa parwati yang saat ini tersimpan di kantor BP3 Kalasan. Meskipun tidak diketahui kapan candi ini dibangun, diperkirakan candi ini dibangun pada masa kerajaan Hindu di Indonesia dengan bukti arca yang ditemukan dan rata-rata batuan penyusun candi yang digunakan pada zaman tersebut. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat