Candi Klodangan Sleman, Hanya Tersisa Pondasi Bangunan Saja

Candi Klodangan Sleman, Hanya Tersisa Pondasi Bangunan Saja
2 (40%) 2 votes

Candi Klodangan merupakan salah satu situs peninggalan sejarah yang ditemukan di daerah Berbah Sleman. Hanya segelintir orang yang mengetahui keberadaan situs candi ini karena sebenarnya bukan merupakan kawasan wisata. Saat ini situs candi tersebut telah dipugar dan dibuatkan taman dan pagar keliling disekitarnya.

Candi Klodangan terletak di dusun Klodangan, desa Sendangtirto, kecamatan Berbah, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Lokasi Candi Klodangan berada di sebelah selatan dari Bandar Udara Internasional Adi Sucipto Yogyakarta. Rute menuju ke tempat ini paling mudah melalui Blok O ke arah timur hingga Jalan Raya Berbah. Ikuti Jalan Raya Berbah hingga tiba di area gerbang Paskhas TNI-AU Yogyakarta. Dari gerbang Paskhas TNI-AU Yogyakarta masih ke timur sejauh 200 meter dan akan menemui papan petunjuk menuju ke Candi Klodangan. Arahkan kendaraan ke kanan masuk ke gang atau jalan kecil yang melewati area pemukiman penduduk. Posisi candi berada di tengah-tengah area persawahan yang perlahan-lahan berubah menjadi area perumahan.

Candi Klodangan hanya tersisa pondasi saja dan sebagian kondisinya masih tertimbun tanah. Candi ini ditemukan pada tanggal 3 Juni 1998 pada kedalaman 1-2 meter sama seperti Candi Gampingan dan Situs Mantup yang letaknya berdekatan. Bahan penyusun candi ini terbuat dari batu putih dengan luas pondasi sekitar 7,5 x 7,5 m. Menurut informasi candi ini diperkirakan dibangun pada kisaran abad ke 9-10 Masehi. Belum diketahui corak candi ini apakah bercorak Hindu atau Buddha. Kondisi situs candi ini terlihat sepi dan tidak terlihat adanya pengunjung lain saat kami berkunjungi ke tempat ini. Penjaga candi pun tidak terlihat berada di kawasan ini dan gerbang masuk candi dikunci sehingga pengunjung hanya dapat mengamati dari luar. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Candi Klodangan
Dusun Klodangan, desa Sendangtirto, kecamatan Berbah, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk : *gratis*

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Jordi:

    padahal bagus loh sayang banget

Kirim pendapat