Berwisata ke Candi Borobudur

Berwisata ke Candi Borobudur
Rate this post

Siapa yang tidak mengenal Candi Borobudur? Sebuah obyek wisata peninggalan sejarah di abad ke  8 Masehi ini menjadi salah satu primadona wisata di Indonesia bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Walaupun sudah beberapa kali berkunjung ke Candi Borobudur, obyek wisata ini tetap menarik kami untuk kembali berkunjung lagi kesini.

Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur terletak di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Dari kota Yogyakarta, papan petunjuk arah menuju ke Candi Borobudur sudah sangat jelas. Hampir setiap perempatan jalan raya ke arah Magelang terdapat papan petunjuk arah. Sebelum memasuki Taman Wisata Candi Borobudur, kita melewati dua buah candi yaitu Candi Mendhut dan Candi Pawon yang lokasinya berada di tepi jalan.

Memasuki kawasan Taman Wisata Candi Borobudur, suasana tampak ramai. Banyak wisatawan domestik dan mancanegara berjalan melewati area taman menuju ke kawasan Candi Borobudur. Area taman ini cukup luas, membutuhkan beberapa waktu untuk berjalan kaki untuk menuju ke kawasan candi. Di area taman ini dilengkapi fasilitas hiburan seperti naik gajah keliling taman, kereta mini yang mengantar wisatawan sampai jalan naik ke area candi dan ruang informasi. Kita bisa melepas lelah berjalan kaki di taman-taman yang rindang dalam perjalanan menuju ke Candi Borobudur.

Tiba di area Candi Borobudur, kami mulai menaiki teras demi teras yang dindingnya terdapat relief candi. Kami sempat mengelilingi salah satu teras candi dan melihat ukiran-ukiran relief serta patung yang terdapat di tepi teras.

Candi Borobudur ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha.

Tiba di teras paling atas, terdapat beberapa stupa yang ditata secara melingkar yang di dalamnya terdapat patung Buddha. Saya sempat berkeliling melihat stupa yang ada kemudian berjalan menuju ke posisi paling atas yang terdapat stupa induk.

Di area stupa induk, pengunjung tidak boleh berlama-lama berada disana dan dibatasi maksimal oleh petugas jaga supaya area tidak penuh pengunjung dan sesuai dengan batas beban yang dianjurkan. Akhirnya kami meninggalkan area stupa induk dan turun ke bawah untuk berfoto berlatar Candi Borobudur di sebelah barat candi. Setelah itu kami mengunjungi museum Kapal Samudraraksa dan museum Karmawibangga yang berada di area Taman Wisata Candi Borobudur.

== Tips

Sebaiknya ketika mengunjungi Taman Wisata Candi Borobudur dengan menghindari hari libur atau akhir pekan karena di hari libur jumlah pengunjung berkali-kali lipat dari hari-hari biasa.

== Tiket Masuk Candi Borobudur

Dewasa = Rp25.000,-

Kamera = Rp5.000,-

Kirim pendapat