Penggalian Situs Candi Bedingin Cebongan

Siapa sangka bila dekat daerah Cebongan yang notabene bukan daerah persebaran candi ditemukan tumpukan batu yang diduga candi. Hal ini diketahui ketika dilakukan penggalian pembuatan septic tank di sebuah kawasan perumahan di daerah Cebongan dan dilaporkan pada pihak Balai Pelestarian Cagar Budaya Bogem di Sleman. Kemudian pembuatan septic tank tersebut dihentikan dan diganti dengan penggalian situs candi tersebut untuk diteliti.

Situs Candi Bedingin ditemukan di Dusun Bedingin, Kelurahan Sendangadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman.

Perumahan Tempat Ditemukan Situs Bedingin

Penemuan situs yang diduga candi ini pun membuat geger warga sekitar dan banyak orang yang mendatangi kawasan ini untuk sekedar ingin tahu dan bertanya-tanya mengenai candi tersebut. Situs candi ini sebelumnya belum memiliki nama dan sepakat diberi nama Situs Candi Bedingin sesuai dusun tempat ditemukan timbunan candi tersebut. Informasi penemuan candi inipun kami peroleh ketika diajak oleh salah seorang kawan yang juga suka menjelajah candi dan peninggalan purbakala.

Sepakat pada suatu hari kami berangkat mengunjungi Situs Candi Bedingan yang berada di kompleks perumahan. Lokasi perumahan tersebut tidak jauh dari area Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cebongan yang pernah heboh dengan aksi penyerangan beberapa waktu yang lalu. Kami sempat tersesat saat menuju Situs Candi Bedingin karena tidak adanya papan petunjuk dan lokasi perumahan yang jauh dari jalan utama.

Petak Galian Situs Bedingin

Saat tiba di lokasi Situs Candi Bedingin, tampak keramaian para arkeolog dibantu para pekerja dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Bogem Sleman yang sedang melakukan penggalian. Beberapa petak tanah diberi garis dengan menggunakan tali untuk memperkirakan luasan bangunan yang diduga candi. Kami pun berjalan mendekat untuk mengetahui kondisinya lebih jelas dan berbincang-bincang dengan salah satu arkeolog yang ternyata teman salah satu dari kami.

Baca Juga  Candi Kethek Karanganyar, Situs Misterius Di Pinggir Hutan Gunung Lawu

Dijelaskan bahwa penggalian sudah dilakukan beberapa hari awal pertengahan November 2013. Beberapa bagian candi yang penting dan telah ditemukan telah dititipkan di Situs Penampungan Mlati untuk dirawat dan dijaga dari tidak pencurian. Disebutkan bahwa saat penggalian situs cukup rawan terjadi pencurian karena kuranganya pengawasan dan sterilisasi kawasan disekitarnya. Saat itu belum ditemukan arca yang sering ditemukan bersamaan dengan penemuan candi. Benda-benda yang baru ditemukan antara lain berupa antefiq (batuan candi yang berbentuk segitiga dibagian sudutnya), makara (batuan candi yang berada di dekat pintu), dan batuan yang merupakan bagian dari salah satu sudut atap candi.

Penggalian Batu Situs Bedingin

Uniknya, saat penggalian Situs Candi Bedingin ditemukan lempengan emas dalam periuk kecil dan telah diamankan oleh pihak Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Bogem Sleman. Selain itu penyusun candi tersebut juga unik karena campuran dari batu dan batu bata. Diperkirakan Situs Candi Bedingin tertimbun saat terjadi letusan hebat Gunung Merapi pada ratusan tahun yang lalu.

Penggalian dan penelitian mengenai Situs Candi Bedingin masih terus dilakukan untuk mengetahui luasan area candi dan peninggalan yang masih bisa diselamatkan. Meskipun belum diketahui kapan dibangunnya, situs candi ini diperkirakan dibangun pada zaman klasik berdasarkan bentuk relief yang ditemukan. Tidak diketahui apakah setelah penggalian ini berakhir Situs Candi Bedingin akan diambil alih oleh BPCB Bogem Sleman atau dikembalikan kepada pihak pengelola perumahan untuk diteruskan pengerjaan pembuatan septic tanknya. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat