Senja Tak Sempurna di Candi Barong Sleman

Senja Tak Sempurna di Candi Barong Sleman
Rate this post

Candi Barong yang terletak di perbukitan Sambirejo mulai diminati pengunjung sebagai lokasi menikmati matahari terbenam atau sunset. Letaknya yang cukup tersembunyi dan belum terlalu ramai membuat sebagian orang memilih tempat ini. Pada awalnya Candi Barong lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara, seiring berjalannya waktu wisatawan domestik mulai melirik candi ini.

Candi Barong merupakan candi peninggalan hindu-buddha yang terletak di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Siluet Kompleks Candi Barong

Lokasi Candi Barong sebenarnya hanya berada di sebelah atas bukit dari Candi Banyunibo atau dibelakang Komplek Kraton Ratu Boko. Rute menuju situs candi ini dari pusat kota Yogyakarta ke timur menuju arah Candi Prambanan melewati jalan Jogja-Solo. Pada gapura perbatasan antara Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Jawa Tengah ada jalan kecil ke kanan dan belok ke jalan tersebut. Namun pengunjung tidak dapat langsung berbelok karena harus memutar balik pada persimpangan dekat pintu masuk Taman Wisata Candi Prambanan. Ikuti jalan kecil tersebut yang mengarah ke Abhayagiri Sumberwatu Heritage Resort dan Candi Barong yang berada di atas perbukitan. Selama perjalanan akan melewati area pemukiman penduduk dan perlahan-lahan kondisi jalan mulai menanjak. Sesampai di area Abhayagiri Sumberwatu Heritage Resort ikuti jalan terus menuju Candi Barong hingga tiba di lokasi candi.

Gapura Candi Barong Saat Senja

Kondisi Candi Barong hampir sama dengan Candi Ijo dimana mulai ramai saat menjelang sore hari. Pengunjung Candi Ijo didominasi oleh para anak muda yang ingin menikmati matahari terbenam dari kawasan candi ini. Sebagian mereka milih kawasan Candi Barong untuk menikmati matahari terbenam karena sudah pernah menikmati matahari terbenam di Candi Ijo atau jenuh dengan keramaian Candi Ijo saat senja. Selain itu karena memasuki Candi Barong tidak dikenakan biaya atau gratis sama seperti Candi Ijo.

Langit Senja Dari Gapura Candi Barong

Pengunjung Candi Barong biasanya menikmati senja dan matahari terbenam dari candi yang berada di atas altar teras ketiga Candi Barong. Bangunan candi tersebut terdiri dari dua buah, yang pertama candi untuk memuja Dewa Wisnu dan yang kedua untuk memuja Dewi Sri. Untuk lokasi menikmati senja di sekitar Candi Barong hanyalah pada pinggir altar pertama, altar kedua, dan gapura di altar ketiga.

Bias Cahaya Senja Di Candi Barong

Pemandangan matahari terbenam di candi Barong tidak seindah saat berada di Candi Ijo. Pada sisi sebelah barat Candi Barong banyak terdapat pepohonan lebat yang mengganggu pandangan ke arah garis cakrawala di sebelah barat. Sehingga proses matahari terbenam tidak terlihat dari kawasan candi ini. Namun pemandangan bias setelah matahari terbenam tidak kalah menarik dibandingkan saat berada di Candi Ijo. Pemandangan langit dari Candi Barong tidak terhalang oleh apapun karena terdapat di atas bukit dengan area altar terbuka yang luas. Selain itu bila beruntung, pengunjung akan melihat gagahnya Gunung Merapi secara utuh dari kejauhan. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Candi Barong
Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY

Retribusi
Tiket Masuk : gratis
Parkir Motor : Rp 2.000,-

Kirim pendapat