Candi Abang, Keindahan Senja Di Bukit Teletubbiesnya Jogja

Candi Abang, Keindahan Senja Di Bukit Teletubbiesnya Jogja
4 (80%) 1 vote

Candi Abang merupakan satu dari sekian banyak candi yang tersebar di wilayah kabupaten  Sleman. Keberadaan candi Abang terbilang unik karena bentuk dan batuan penyusunnya berbeda jauh dari candi-candi yang ditemukan di Indonesia. Lokasi candi Abang sebetulnya mudah karena terletak di atas bukit yang terlihat jelas dari sisi utara dan barat, namun karena minimnya papan informasi banyak orang tidak mengetahui keberadaan Candi Abang.

Candi Abang terletak di dusun Candiabang, kelurahan Jogotirto, kecamatan Berbah, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Candi Abang berbentuk piramida yang tersusun dari susunan batubata.

Pemandangan Matahari Terbenam Di Candi Abang Sleman

Rute menuju ke Candi Abang Sleman dari pusat kota Yogyakarta dapat melewati Jalan Solo KM 14 kemudian belok ke arah kanan menuju Jalan Raya Prambanan-Piyungan. Beberapa kilometer berselang carilah papan petunjuk arah menuju Berbah dan kawasan Candi Abang. Alternatif lain yang lebih singkat melewati jalan tembus dibelakang Bandara Udara Adi Sucipto yang langsung menuju ke Berbah dan segera tiba di Candi Abang.

Menikmati Matahari Terbenam Dari Sebelah Candi Abang

Suasana Candi Abang Sleman pada sore hari tampak sepi tidak seramai obyek wisata candi yang tekenal lainnya seperti Kraton Ratu Boko dan Candi Prambanan. Beberapa pengunjung yang hadir menikmati suasana sore sambil duduk-duduk diatas bukit yang sebenarnya merupakan bangunan candi. Dari atas Candi Abang atau yang dikenal dengan bukit teletubbies ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan dari atas ketinggian walaupun tidak setinggi kawasan Bukit Bintang atau bukit lain yang ada di dekatnya.

Menikmati Matahari Terbenam Di Atas Candi Abang

Bentuk Candi Abang yang mirip dengan bukit Teletabies juga dibenarkan oleh beberapa orang lain yang pernah berkunjung ke candi ini, meskipun orang sekitar tidak mengetahui bila ditanya lokasi bukit Teletubies. Pemandangan senja di Candi Abang cukup indah saat kami melihat matahari perlahan-lahan tenggelam di ujung barat Selain dapat melihat bentuk Candi Abang yang dihiasi langit sore yang indah, dari kawasan Candi Abang sendiri bisa melihat pemandangan daerah sekitar dari ketinggian. Sungguh tempat yang menarik dan menjadi salah satu rujukan bila ingin menikmati matahari terbenan di sekitar Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Candi Abang
Dusun Candiabang, Kelurahan Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta

Ada 5 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. nahdhi:

    Lha, mana candinya?

  2. amri:

    ehm

  3. anazkia:

    No, mbok kalau jalan2 itu aku diajakkkkkk

  4. Fajar:

    lah..ora mampir..mung gari ngidul..nang sendangtirto..we…doooh….

Kirim pendapat